The Cold Crafters Raih Penghargaan di AVPA Gourmet Paris, Unggulkan Kualitas Kopi Indonesia ke Mancanegara

(Proses Pengeringan Biji Kopi)
(Proses Pengeringan Biji Kopi)

Minuman kopi menduduki tempat istimewa di selera orang Indonesia, dan konsumsi kopi di dalam negeri terus meningkat setiap tahunnya.  Pertumbuhan ini didorong oleh pergeseran preferensi generasi muda dari teh ke kopi, serta apresiasi terhadap produk kopi lokal.

Pada tahun 2022/2023, Indonesia memegang peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia, dengan produksi mencapai 11,85 juta kantong. Data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menunjukkan bahwa produksi kopi global mencapai 170 juta kantong per 60 kg pada periode tersebut, mengalami peningkatan sebesar 2,8% dibanding periode sebelumnya (year-on-year/yoy) yang mencapai 165,37 juta kantong pada 2021/2022.

Selain itu, metode khas Indonesia dalam pembuatan kopi, dengan pemanggangan biji kopi mentah menjadi biji panggang, menjadi sebuah warisan kopi yang diakui hingga ke mancanegara.

Perusahaan roastery ternama di Indonesia, The Cold Crafters, berhasil meraih tiga penghargaan di AVPA Gourmet di Paris, yang diselenggarakan oleh Badan Valorisasi Produk Pertanian.

Prestasi ini mengikuti sejumlah penghargaan sebelumnya yang diperoleh The Cold Crafters dari Australia International Coffee Awards di Australia pada tahun 2022.

Sejak pendiriannya pada tahun 2015, The Cold Crafters telah meneguhkan komitmennya terhadap kualitas dalam setiap tahap pengadaan, pengolahan, pemanggangan, dan pengembangan kopi di Indonesia. 

Perusahaan ini telah berhasil menghasilkan berbagai produk inovatif, termasuk Roast & Ground Coffee, Filter Drip Bags, Capsules, Cold Brew, dan Nitro on-tap options.

(Ruang sauna untuk melakukan proses pengeringan biji kopi dari The Cold Crafters)
(Ruang sauna untuk melakukan proses pengeringan biji kopi dari The Cold Crafters)

“Kami merasa terhormat menerima pengakuan di AVPA Gourmet dan  ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa membuktikan  keunggulan kopi Indonesia di kancah internasional. Kami berusaha keras memberikan kopi craft terbaik yang disesuaikan dengan preferensi para mitra kami dengan komitmen tinggi.” kata Lisa Almasih, Manajer Pemasaran The Cold Crafters.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, The Cold Crafters telah membentuk tim ahli kopi yang berpengalaman dalam berbagai aspek industri kopi, mulai dari pengadaan dan pemanggangan biji kopi hijau hingga keahlian sebagai Q Grader dan penjualan ritel.

Komitmen perusahaan terhadap kualitas dan inovasi tercermin dalam fasilitas produksinya yang canggih, di mana mesin dilengkapi dengan sensor utama untuk menjaga konsistensi sesuai dengan standar industri tertinggi.

(Biji kopi dalam masa resting. Proses quality control untuk memastikan bahwa setiap biji kopi memenuhi standar tertinggi sebelum diterima konsumen)
(Biji kopi dalam masa resting. Proses quality control untuk memastikan bahwa setiap biji kopi memenuhi standar tertinggi sebelum diterima konsumen)

“Kami percaya bahwa kopi terbaik adalah kopi yang segar, diseduh dengan sempurna, dan mampu meningkatkan pengalaman apapun. Semangat kami lebih dari sekadar memproduksi kopi dengan kualitas terbaik, kami berupaya menjadi yang terdepan dalam mengembangkan lini produk kopi inovatif dan mencari solusi penentu tren untuk pelanggan kami,” ungkap Wilson Hasan, CEO The Cold Crafters.