The Alana Malioboro Tanam 100 Phon Pandan Laut Mendukung Ekosistem Penyu di Pantai Goa Cemara

Yogyakarta, 31 Oktober 2022 – The Alana Malioboro kembali melakukan kegiatan CSR di Pantai Goa Cemara yang terletak di Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi rumah bagi ratusan penyu hijau atau Green Sea Turtle dan penyu lekang. Pantai ini sering dikunjungi para penyu untuk bertelur. Lebar pantai dan kemiringan yang landai serta tumbuhnya pohon cemara dan pohon pandan sebagai pelindung dari terpaan angin kencang, menjadikan Pantai Gua Cemara Yogyakarta sebagai tempat favorit para penyu bertelur.

Kegiatan CSR tersebut diikuti oleh beberapa staff dan manajemen dari The Alana Malioboro beserta pengurus pantai khususnya aktivis konservasi penyu. Sebenarnya kegiatan CSR ini bukan kali pertama, sudah sejak sekitar Tahun 2015, The Alana Malioboro turut mendukung konservasi penyu di pantai ini, namun sempat terhenti karena pandemi dan pada akhirnya The Alana Malioboro melanjutkan kegiatan CSR di Tahun 2022 ini.

Kali ini kegiatannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang melepas penyu ke laut, namun kali ini kegiatan tersebut adalah menanam 100 pohon pandan laut yang diperlukan penyu sebagai pelindung sarang, sebab pinggir tanaman ini yang berduri paling tidak dapat menghalangi hewan predator yang akan mengambil dan memakan telur-telur penyu di tempat penyu menyembunyikan telur-telurnya di bawah pasir.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan uang tunai untuk mendukung pembangunan fasilitas konservasi penyu serta pemasangan signage ajakan untuk turut menyelamatkan penyu dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar pantai dan larangan untuk mengganggu maupun menangkap penyu-penyu yang ada di pantai tersebut.

“The Alana Malioboro merupakan satu-satunya hotel yang telah mendukung konservasi penyu laut di Pantai Goa Cemara dan telah berjalan selama bertahun-tahun sejak 2015, kami harap apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi perkembangan ekosistem penyu dan masyarakat sekitar Pantai Goa Cemara” ungkap Joezar Rinaldi selaku General Manager The Alana Malioboro.