Sosialisasi dan Bimtek Suplay, Produksi dan Pemasaran G’chips Desa Cijunjung Cibungbulang Bogor

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Sahid Bogor kelompok 1 Catha Team telah mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis produksi produk inovasi G’Chips (Keripik Ganda) yang berbahan baku daun ganda, dan bimbingan teknis proses editing packiging hingga pemasaran. Sosialisasi dan bimbingan teknis dilakukan di Posko KKN Kampung Cijujung RT 02 RW 01 Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Selasa (18/7/2023).

Dalam kesempatan itu hadir RT 02 Kampung Cijujung Bapak Udin yang dalam hal ini menjadi koordinator mitra suplay bahan baku (daun ganda), Ketua Majlis Taklim NurusSyarief Ibu Ida yang dalam hal ini menjadi koordinator mitra bidang produksi, serta hadir juga perwakilan pemuda/i Desa Cijujung oleh Lia Safitri selaku kordinator mitra bagian pemasaran.

Keberlangsungan kegiatan itu dibagi dalam 2 kelas bimbingan, kelas 1 bagian produksi produk G’Chips dipimpin oleh sekretaris Kelompok 1 KKN Desa Cijujung Deoh Sundari dan teknisi produksi Della Rizki Ananda. Sementara itu kelas 2 bagian suplay dan pemasaran produk G’Chips dipimpin langsung oleh Ketua KKN Desa Cijujung Wahid Kholiq Hamzah dan Muhammad Jamaludin selaku Humas kelompok 1 KKN Desa Cijujung.

Ketua KKN Desa Cjujung Cibungbulag Kelompok 1 Catha Team Wahid Kholiq Hamzah menyampaikan, bahwa produk inovasi ini dibuat dari bahan baku daun ganda yang merupakan salah satu potensi lokal Desa Cijujung, daun ganda ini belum pernah diolah menjadi sebuah produk yang dapat menambah income masyarakat Cijujung.

Ia menekankan bahwa inovasi produk berbahan baku daun ganda ini dapat menjadi cikal bakal kemandirian ekonomi masyarakat Cijujung, sehingga diharapkan kedepannya dapat dilanjutkan oleh masyarakat setempat. “Potensi lokal yang dimiliki Desa Cijujung harus diakui terlebih dahulu oleh masyarakatnya barulah masyarakat bisa mandiri”. pucak Wahid Kholiq Hamzah.