Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko Dihadiri Puluhan Ribu Warga dan 150 UMKM

(Suasana di acara Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko yang dihadiri oleh puluhan ribu warga pada Minggu, 8 Oktober 2023)
(Suasana di acara Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko yang dihadiri oleh puluhan ribu warga pada Minggu, 8 Oktober 2023)

Pada Minggu, 8 Oktober 2023 kemarin, Konco Kulo Moeldoko diketahui menggelar pesta rakyat di Kediri, Jawa Timur sebagai hiburan dan silaturahmi yang disambut sangat antusias oleh masyarakat.

Terbukti dengan hadirnya puluhan ribu warga Jawa Timur yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa dan para pedagang UMKM yang menghadiri pesta rakyat ini.

Pembina Moeldoko Center, Minadi Pujaya, pada Senin, 9 Oktober 2023 mengungkapkan, “Acara ini berlangsung dalam suasana rukun, guyub. Acara itu juga berhasil menghadirkan pesta rakyat dengan sebanyak 150 UMKM ikut berpartisipasi.”

Salah satu alasan banyaknya pedagang UMKM yang antusias menggelar dagangannya di acara ini karena mereka bisa melapak tanpa biaya sepeserpun.

Mereka bangga bisa memperkenalkan salah satu tokoh relawan bangsa yakni Konco Kulo Moeldoko yang berasal dari Kediri.

Sementara itu, rangkaian acara dibuka dengan senam sehat, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan jaranan (tarian khas Jawa Timur), bazaar rakyat, hiburan akustik dan campursari pada malam harinya.

(Rangkaian acara hiburan pada Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko ketika malam hari)
(Rangkaian acara hiburan pada Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko ketika malam hari)

“Acara dari pagi sampai malam diisi senam sehat, kesenian tradisional, modern tanpa ada keributan atau onar meskipun yang hadir ribuan,” ujar Minadi.

Di sisi lain, Ketua Umum Moeldoko Center, Trisya Suherman mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya acara Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko digelar di Kediri.

“Acara ini diminati oleh masyarakat dan pedagang UKM, dan akan selalu di nanti,” ungkap Trisya.

“Semoga semakin banyak generasi penerus yang terinspirasi dan mempunyai jiwa nasionalis yang tinggi. Dan kegiatan ini sering dilaksanakan dengan rasa kebersamaan dan kerukunan yang tinggi.” Sambungnya.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, juga menuturkan secara daring bahwa dirinya menerima laporan terkait acara ini.

“Saya mendapat laporan bahwa arek-arek Jawa Timur, Konco Kulo Moeldoko kumpul-kumpul di Kediri, Jawa Timur. Saya berharap pada kesempatan ini teman-teman bisa berkumpul untuk bersilaturahmi. Dan yang paling penting bisa menikmati acara ini sambil berdangdut bersama,” ujarnya.

“Yang penting sambil guyub, rukun, kita tetap jaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang semakin maju ke depan, dan juga mengusahakan agar UMKM kita laris.” Lanjutnya.