Kisah Maya Safira yang Sukses Dirikan Brand Fashion Lokal yang Trendy Ivory White

(Maya Safira, founder brand fashion lokal Ivory White)
(Maya Safira, founder brand fashion lokal Ivory White)

Pada tahun 2023, industri fashion dalam negeri mengalami pertumbuhan yang menjanjikan di pasar dalam negeri. Apalagi tren fashion di Indonesia tahun 2023 didukung oleh generasi muda yang kreatif dan inovatif semakin mendorong industri fashion.

Melihat potensi tersebut, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MenkopUKM), yakin tahun 2023 merupakan momen perkembangan signifikan bagi seluruh industri fashion di Indonesia. Alhasil, banyak pelaku industri fashion kreatif yang terus mengembangkan tren fashion Indonesia dengan memperkenalkan model-model terbarunya.

Salah satu contohnya adalah Maya Safira, pendiri merek fesyen lokal Ivory White. Maya dikenal konsisten berinovasi dan menghadirkan koleksi busana wanita yang inklusif dan beragam dengan mengedepankan unsur kesopanan.

Maya Safira diketahui mulai membangun brand fashionnya yang berbasis di Bekasi pada awal tahun 2021, dengan membentuk tim internal dan menginisiasi proses produksi pakaian. Produk merek tersebut resmi diluncurkan melalui situsnya pada November 2021.

Peluncuran brand milik Maya Safira ini berawal dari tantangan yang dihadapinya dalam memilih properti pakaian untuk konten brand Banananina.

Proses melakukan penawaran kerjasama peminjaman produk dari merek lain terbukti memakan waktu dan menuntut, sehingga memunculkan ide untuk membangun brand pakaian sendiri dan berkomitmen mengembangkannya agar dapat menyasar target market yang lebih luas.

Dalam menjalankan usahanya, Maya konsisten mengedepankan kualitas. Proses produksinya sendiri melibatkan teknologi modern, meliputi desain, pengambilan sampel, produksi, finishing, dan kontrol kualitas yang ketat untuk memastikan barang yang diproduksi tetap terjaga kualitasnya.

Maya juga memilih bahan yang premium dengan harapan produk Ivory White dapat dipakai dalam jangka waktu lama.

“Ivory White mempunyai misi ‘Kami menjual pakaian, dengan suatu tujuan.' Artinya Ivory White menyediakan beragam pilihan busana bagi perempuan dengan mempertimbangkan target pasarnya secara inklusif, dimana seluruh perempuan bisa memakai produk Ivory White tanpa terkecuali,” ungkap Maya Safira.

Ivory White juga mempertimbangkan harga produk. Maya Safira menekankan, “Menentukan harga produk sama pentingnya dengan mendesain produk itu sendiri. Oleh karena itu, seluruh wanita dapat memiliki produk Ivory White dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.”

Saat ini, Ivory White menawarkan berbagai model pakaian, mulai dari kemeja, blus, tunik, gaun, gaun (gamis), set, rok, celana, pakaian luar, hingga hijab dan mukena, semuanya menampilkan desain modern.