Kerjasama PT Grahacom dengan PT Smartfren, Tbk untuk Menyambut Internet of Things (IoT)

(Pemberian cendera mata oleh Bapak Yuli (PT Smartfren – kiri) kepada Bapak Haryono (Grahacom – kanan)
(Pemberian cendera mata oleh Bapak Yuli (PT Smartfren – kiri) kepada Bapak Haryono (Grahacom – kanan)

PT Grahacom bersama dengan PT Smartfren, Tbk diketahui telah mengadakan pertemuan dalam acara gathering yang bertemakan “Discover Unlimited Possibilities in Unlocking New Heights of Success” pada tanggal 12 April 2023.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas sinergi mengenai layanan baru Smartfren yaitu  layanan internet untuk segalanya (internet of things/IoT) yang terhubung dengan jaringan seluler dan WiFi untuk mendukung operasional perusahaan..

Layanan ini telah diandalkan oleh sejumlah perusahaan, sehingga perusahaan Grahacom menggunakan solusi IoT untuk mengembangkan teknologi dalam berbisnis, dan bekerja sama dengan salah satu perusahaan besar telekomunikasi yaitu PT Smartfren, Tbk.

Secara umum, pengertian Internet of Things adalah sebuah konsep di mana berbagai perangkat komunikasi dan objek fisik terhubung ke internet dan saling berkomunikasi.

Pengguna dapat menghubungkan dan mengendalikan perangkat ini untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti mengumpulkan, mengolah, dan mengirimkan informasi secara otomatis melalui Internet of Things (IoT).

PT Grahacom sendiri merupakan perusahaan nasional yang berfokus pada bidang telekomunikasi dan didirikan pada tahun 2010, dengan kepemimpinan Bapak Haryono Singgih.

Perusahaan ini berkomitmen untuk untuk memberikan layanan yang cepat, tepat dan efektif bagi pelanggan, dengan membangun 2 (dua) cabang yang terletak di Surabaya dan Jakarta untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Selain itu, PT Grahacom diketahui juga menyediakan sarana dan prasarana telekomunikasi secara free, tidak ada biaya pemasangan dan biaya maintenance kepada pelanggan. Hal ini bertujuan untuk mendukung program efisiensi bagi pelanggan.

Tidak hanya bekerjasama dengan PT Smartfren, Tbk, PT Grahacom mempunyai banyak pengalaman kerjasama dengan berbagai perusahaan nasional, perusahaan asing hingga perusahaan BUMN di Indonesia.

(Presentasi yang disampaikan oleh PT Smartfren, TBK perihal layanan teknologi IoT, etc)
(Presentasi yang disampaikan oleh PT Smartfren, TBK perihal layanan teknologi IoT, etc)

PT Grahacom juga melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia yang berkomitmen mengunggulkan kualitas dan memberikan tarif yang kompetitif serta dengan perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi internasional.

Melalui kerjasama tersebut, PT Grahacom menyediakan layanan ‘Corporate Solution’ seperti Telephony Cost Reduction, Call Center Inbound & Outbound, SIP Trunk, GSM Network dan IP PBX System Application.

Seluruh layanan ini diutamakan untuk  perusahaan yang menggunakan telekomunikasi sebagai sarana utama menjalankan bisnisnya agar dapat lebih efisien biaya, safe dan up to date untuk teknologi komunikasi.

Sementara itu, demi mengedepankan kepuasan pelanggan, PT Grahacom selalu mengusung teknologi telekomunikasi terbaru yang kualitasnya semakin baik dengan didukung oleh ahli yang profesional.

Pelanggan juga akan memperoleh garansi minimal 20% lebih hemat dibandingkan biaya telepon PSTN.

Kedepannya, PT Grahacom akan terus berupaya untuk bisa menyuguhkan layanan terbaik supaya bisa tumbuh dan berkembang serta menjalin kerjasama yang harmonis.