Jelang Pilgub, Ini 7 Tokoh yang Disebut-sebut akan jadi Bakal Calon Gubernur Banten 2024

(7 Tokoh yang Disebut-sebut jadi Bakal Calon Gubernur Banten 2024)
(7 Tokoh yang Disebut-sebut jadi Bakal Calon Gubernur Banten 2024)

Provinsi Banten diketahui tengah mempersiapkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Banten untuk tahun 2024. 

Menjelang Pilgub 2024 tersebut, muncul sejumlah tokoh yang menjadi perbincangan dan disebut-sebut sebagai calon yang mungkin diusung dalam Pilgub Banten 2024 mendatang.

Berikut adalah 7 tokoh yang disebut-sebut akan mencalonkan diri di Pilgub Banten 2024 : 

  1. Gembong R. Sumedi

Gembong Rudiansyah Sumedi, mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang, muncul sebagai sosok yang dipertimbangkan untuk menjadi Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Banten pada Pemilihan Gubernur 2024. 

Pria yang dikenal dengan panggilan akrab Gembong tersebut diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui rekomendasi Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Banten yang diselenggarakan pada 4-7 Agustus 2022.

Ia lahir di Jakarta pada 12 Maret 1968 dan merupakan alumnus Fakultas Teknik Gas dan Petrokimia Universitas Indonesia yang meraih kelulusannya pada tahun 1994.

Pada awal periode 2009, ketika menjabat sebagai wakil rakyat, Gembong dipercayakan oleh rekan-rekannya untuk memimpin sebagai Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten, dan menjabat hingga pertengahan tahun 2022.

Gembong mengaku siap menjadi bakal calon gubernur Banten 2024, “Karena ini merekomendasikan kepada saya sebagai bakal calon gubernur Banten, maka walaupun dengan rasa keterkejutan, tetapi Bismillah karena ini sudah menjadi amanah (saya siap).” Ungkapnya.

  1. Airin Rachmi Diany

Dr. Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., atau yang sering disapa Airin, merupakan Walikota Tangerang Selatan dari 20 April 2011 hingga 20 April 2021.

Wanita kelahiran 28 Agustus 1976 ini merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung.

Selain prestasi di dunia politik, Airin juga memiliki catatan gemilang di dunia kecantikan.

Pada tahun 1995, ia berhasil meraih gelar Mojang Parahyangan Bandung dan Mojang Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Airin juga turut berkompetisi dalam ajang Puteri Indonesia tahun 1996, di mana ia berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit dan Puteri Indonesia Pariwisata.

Airin yang diketahui juga menjabat sebagai Ketua Bidang Perempuan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) diusung oleh DPD Partai Golkar sebagai calon gubernur Banten tahun 2024.

  1. Arief Rachadiono Wismansyah

H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes., merupakan seorang pengusaha yang menjabat sebagai Wakil Walikota Tangerang pada periode 2008-2013, dirinya merupakan Wakil Walikota termuda di Indonesia pada masa itu.

Lahir pada 23 April 1977, Arief menempuh pendidikan di Amerika Serikat dan menjalani perjalanan bisnis kecil-kecilan di sana. Setelah kembali ke Indonesia, ia bergabung dengan bisnis orang tuanya.

Meski disebut-sebut sebagai bakal calon gubernur Banten, Arief, yang kini merupakan kader dari Partai Demokrat, menunjukkan sikap yang tegas terkait isu tersebut. Ia menyatakan bahwa fokus utamanya saat ini adalah menyelesaikan amanah dan tanggung jawabnya di Kota Tangerang.

  1. Ratu Ageng Rekawati

Hj. Ratu Ageng Rekawati, KD, SE, ME, merupakan putri dari seorang tokoh ulama di Banten, yaitu KH. Tb. Abah Sangadiah. Memperlihatkan komitmen sosialnya, Ratu Ageng Rekawati diketahui aktif dalam berbagai kegiatan sosial, seperti kegiatan sosial PJBN, bantuan korban bencana, program bedah rumah, penyelenggaraan santunan, dan kegiatan kajian ibu-ibu di majelis taklim.

Wanita yang lahir di Jakarta pada tanggal 24 November 1986 ini juga menjabat sebagai Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) dan merupakan pendiri Yayasan ODGJ Minhazud Darul Iman. 

Dengan latar belakang keluarga yang agamis, Ratu Ageng Rekawati menyelesaikan pendidikan S2 di salah satu institut Agama Islam di Bogor.

Sebagai salah satu figur bakal calon gubernur Banten, Ratu Ageng Rekawati mendapatkan dukungan antusias dari grassroots (akar rumput), ulama-ulama, tokoh-tokoh budayawan dan tokoh masyarakat di Banten. 

Dukungan ini membuatnya menjadi perhatian dalam bursa pemilihan Gubernur Banten, dan saat ini, ia juga mendapatkan perhatian dari tiga Partai Politik (Parpol).

  1. Rano Karno

H. Rano Karno, S.I.P., merupakan seorang aktor, penyanyi, politikus, dan sutradara yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pemilihan Banten III untuk masa jabatan 2019–2024. 

Kiprahnya di dunia legislatif sebagai anggota DPRD merupakan langkah pertamanya seusai menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Banten pada tahun 2017.

Rano Karno diketahui saat ini adalah kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebelum terjun ke dunia legislatif, Rano Karno telah mengemban berbagai jabatan, antara lain sebagai wakil bupati Tangerang, wakil gubernur Banten, dan pelaksana tugas gubernur Banten.

Selain berkarir di dunia politik, Rano Karno juga memiliki karir yang cemerlang di dunia hiburan. Ia pernah menjadi bintang dalam beberapa film dan sinetron terkenal, seperti “Si Doel Anak Betawi,” “Lewat Tengah Malam,” “Rio Anakku,” dan masih banyak lagi.

Rano Karno menyatakan kesiapannya dan ketaatannya jika PDIP menugaskannya sebagai calon gubernur Banten dalam Pilkada 2024.

  1. Wahidin  Halim

Dr. H. Wahidin Halim, M.Si., adalah seorang wirausahawan dan politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Banten dari tahun 2017 hingga 2022. Beliau juga pernah memegang jabatan sebagai Wali Kota Tangerang pada tahun 2003-2004.

Dr. Wahidin Halim merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, meraih gelar strata satu pada tahun 1982.

Pada Pemilihan Gubernur Banten 2024, Dr. Wahidin Halim menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon Gubernur Banten.

  1. Andika Hazrumy

Dr. H. Andika Hazrumy, S.Sos., M.A.P., adalah seorang politikus yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Banten pada periode 2017–2022.

Karir politiknya dimulai pada tahun 2009 sebagai Anggota DPD-RI. Saat itu, Andika bertugas di Komite IV DPD-RI yang membidangi keuangan sektor publik.

Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Panitia Akuntabilitas Publik DPD-RI di bidang hukum dan pelayanan publik.

Andika Hazrumy, yang diusung oleh Partai Golkar, dikenal sebagai tokoh politik yang berpengalaman, ia menjadi salah satu figur yang muncul dalam pembahasan calon gubernur Banten pada Pemilihan Gubernur 2024.

Demikianlah tadi 7 tokoh yang disebut-sebut sebagai bakal calon gubernur Banten pada Pilgub 2024.