BINUS University & BINUS ASO Gelar Acara Engineering Day untuk Jawab Kebutuhan Industri

(Dosen menjelaskan tentang program Automotive & Robotics Engineering)
(Dosen menjelaskan tentang program Automotive & Robotics Engineering)

Ada banyak kategori yang masuk dalam kategori engineering, tetapi jika dibahas secara garis besar terdapat demand atau kebutuhan yang begitu tinggi akan bidang pekerjaan yang satu ini.

Indonesian Engineers Association (PII) mengatakan Dalam gelaran ASEAN Economic Community (AEC) 2015 lalu, bahwa tanah air sedang menghadapi “engineer shortage” atau kekurangan insinyur.

Pemicu hal ini diketahui adalah  jumlah lulusan yang bekerja di bidang serupa. Terpantau, Indonesia memiliki 750.000 lulusan dan hanya 40 persennya saja yang masih menggeluti industri terkait.

Ketua PII Hermanto Dardak, menuturkan bahwa Indonesia dalam lima tahun mendatang minimal harus mempunyai 65.000 insinyur setiap tahunnya untuk mencukupi kebutuhan 120.000 insinyur.

Meskipun pernyataan tersebut telah dilontarkan sejak beberapa tahun lalu, nyatanya Indonesia hingga saat ini masih memiliki kekurangan yang sama.

Dimana jumlah populasi insinyur di Indonesia bahkan 41,11 persen lebih rendah apabila dibandingkan dengan Vietnam. Sehingga hanya ada 5.300 engineers per 1 juta penduduk, sedangkan Vietnam bisa mencapai 9.000 orang dengan perbandingan yang sama.

Mendasar dari fakta tersebut, BINUS University bersama BINUS ASO (School of Engineering) diketahui mengadakan Engineering Day yang diselenggarakan pada Sabtu 21, Oktober 2023  di kampus BINUS Kemanggisan atau yang biasa disebut Anggrek Campus.

Beberapa materi-materi yang ditampilkan dalam expo bernuansa teknik pada kali ini diantaranya adalah sebagai berikut : 

Tren Sumber Daya Manusia di Industri Engineering

Sekarang ini, kebutuhan akan engineer menjadi teramat penting mengingat engineer memiliki dampak terhadap pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. 

Misalnya seperti pembangunan infrastruktur yang merata tentunya memerlukan lulusan-lulusan dari bidang ini yang mau menggeluti bidang serupa.

Pertumbuhan ekonomi tanah air juga akan semakin meningkat jika infrastruktur yang ada menjadi lebih baik.

“Menjadi seorang engineer membutuhkan kemampuan untuk berpikir logis, disiplin, kreatif, serta menguasai pengetahuan akan ilmu pasti (Matematika). Pelajaran-pelajaran tersebut perlu dipupuk sejak dini agar siapa pun berani mewujudkan mimpinya menjadi engineer.” Ungkap Sekretaris Indonesian Engineer Association, Bambang Goeritno dalam sebuah forum diskusi.

BINUS University & BINUS ASO Membuat Acara Engineering Day untuk Menjawab Kebutuhan Industri

(Dosen dari Jepang sedang ilustrasi membuat bentuk dengan menggunakan styrofoam)
(Dosen dari Jepang sedang ilustrasi membuat bentuk dengan menggunakan styrofoam)

Acara Engineering Day yang diselenggarakan BINUS University bersama BINUS ASO ini diketahui berdasar dari tingginya  kebutuhan akan insinyur atau lulusan dari bidang teknik.

Berbagai bidang teknik turut terlibat dalam acara ini, di antaranya adalah Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Komputer, Teknik Pangan, Bioteknologi, Otomotif dan Robotik, Teknik Produk dan Desain, serta Business Engineering.

Tidak hanya menghadirkan berbagai pilihan program expo saja, BINUS juga mengadakan kegiatan tur kampus. Sehingga, audiens yang bergabung bisa tahu seluk-beluk kampus BINUS yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru.

Selain itu audiens yang sudah mendaftarkan dirinya mengikuti Engineering Day 2023 juga memperoleh  pemaparan program beasiswa serta makan siang gratis.

Engineering Day: Acara Tahunan dari BINUS University

(antusias peserta pameran engineering day di karya BINUS ASO)
(antusias peserta pameran engineering day di karya BINUS ASO)

Sebelumnya, acara ini memang telah diadakan secara rutin setiap tahunnya. Pada tahun 2022 lalu kampus BINUS juga sudah melaksanakan kegiatan ini, bahkan diikuti dengan agenda pemberian short course untuk anak-anak SMA yang mendaftar.