BINUS Gelar International Lecture Week 2023, Hadirkan Profesor dari Berbagai Negara

(Penjelasan oleh Pak Asnan selaku Deputy Dean BINUS Business School International Undergraduate Program di acara ILW 2023)
(Penjelasan oleh Pak Asnan selaku Deputy Dean BINUS Business School International Undergraduate Program di acara ILW 2023)

Untuk membantu bisnis dapat berkembang, di era digital sekarang ini transformasi digital memanfaatkan teknologi termutakhir dan pemikiran yang strategis.

Selain mengembangkan bisnis, transformasi digital ini juga harus mampu memberikan dampak positif bagi bumi, masyarakat serta kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

Dalam situasi tersebut, kebutuhan akan strategi bisnis yang sustainable (mengutamakan keberlanjutan) tentunya semakin meningkat.

Merangkul teknologi dan strategi digital dapat membantu suatu lembaga bisnis secara berlanjut, mengurangi jejak karbon, serta mengikuti ekspektasi masyarakat dan peraturan hukum mengenai praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Tidak hanya itu saja, mengutamakan prinsip keberlanjutan melalui teknologi digital juga dapat mendorong inovasi serta meningkatkan daya saing di era digital.

Mendasar dari hal tersebut, BINUS Business School menggelar International Lecture Week (ILW) pada tanggal 9-14 Oktober 2023, dan mengusung tema utama “Perjalanan Menuju Transformasi Digital & Keberlanjutan Bisnis”. 

Edisi terbaru ini diketahui merupakan edisi kelima gelaran ILW yang diselenggarakan oleh BINUS Business School International.

Dalam acara ini terdapat berbagai sesi untuk memfasilitasi diskusi dan membawa wawasan terbaru tentang ESG (Environmental, Social, and Corporate Governance) dan transformasi digital.

Hal ini dikarenakan kedua isu tersebut belakangan ini semakin populer di dunia, terlebih keduanya memiliki peran yang saling melengkapi.

 International Lecture Week pada tahun ini diketahui diadakan secara on-site di kampus BINUS University yang terletak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang.

Meski demikian, para mahasiswa juga bisa berpartisipasi secara online melalui live streaming.

Sementara opening ceremony acara ILW 2023 ini dilaksanakan di kampus BINUS Internasional di Senayan, Jakarta oleh Bapak Dr. Asnan Furinto, selaku Wakil Dekan BINUS Business School International Undergraduate Program.

Jalan Menuju Transformasi Digital dan Keberlanjutan Bisnis

Dalam gelaran International Lecture Week 2023 ini, memberikan penjabaran mengenai faktor, peluang, tantangan, serta masalah penting yang bisa dihadapi oleh pemilik usaha ketika berupaya menyeimbangkan transformasi digital dengan keberlanjutan bisnis.

Perencanaan dan investasi yang matang, komitmen untuk senantiasa meningkatkan diri serta beradaptasi di tengah lanskap bisnis yang cepat berubah tentunya akan sangat diperlukan dalam perjalanan menuju pencapaian ini.

“Saat ini, isu yang sangat penting untuk dibahas dalam lingkungan bisnis adalah transformasi digital dan keberlanjutan, sehingga akademisi juga perlu mendorong penerapannya.” Ungkap Direktur BINUS Business School, Dezie L. Warganegara, Ph.D.

Sesi Penuh Wawasan dari Profesor dan Praktisi di Industri

Dalam ajang ILW kali ini, BINUS Business School menghadirkan para profesor dari berbagai kampus di dunia, diantaranya Auckland University of Technology (AUT), Birmingham University, Bournemouth University, ISC Paris, RMIT, The University of Western Australia (UWA) Tokyo University of Science, Universiti Putra Malaysia, University of Newcastle, University of Portsmouth, University of Technology Sydney (UTS), University of Wisconsin, UNSW, dan Victoria University of Wellington (VUW).

Bukan hanya profesor saja, BINUS Business School juga menghadirkan banyak ahli industri dari berbagai bidang sebagai pembicara. Mereka membagikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman mereka pada sesi research roundtable dan seminar.

(Para peserta ILW 2023)
(Para peserta ILW 2023)

Mata acara research roundtable menjadi fasilitas diskusi bagi para perwakilan industri, para akademisi kami, dan para profesor yang diundang mengenai masalah transformasi digital serta keberlanjutan bisnis.

Diskusi tersebut memiliki tujuan agar  celah antara riset akademik dan masalah pada praktik bisnis dapat berkurang.

Disamping itu, sesi seminar dengan dosen tamu terbuka untuk mahasiswa S1, S2, S3 untuk menunjang pengalaman serta pengetahuan internasional mereka.

“Kami harap acara ini bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru, serta membukakan lebih banyak peluang kolaborasi yang strategik antara BINUS dan para pemangku kepentingannya.” Ungkap Dr. Ami Fitri Utami, SE., MSM selaku Ketua Pelaksana International Lecture Week 2023.

(Pembukaan ILW 2023 di BINUS JWC oleh Dr. Ami Fitri Utami, SE., MSM selaku Chairman of ILW 2023)
(Pembukaan ILW 2023 di BINUS JWC oleh Dr. Ami Fitri Utami, SE., MSM selaku Chairman of ILW 2023)

Gelaran ILW 2023 ini juga selaras dengan visi BINUS Business School untuk tahun 2035, yakni mendidik dan memberdayakan masyarakat, serta berbakti kepada negeri dengan memajukan pengetahuan, mengembangkan karakter teladan, serta mendorong inovasi.

BINUS memiliki kepercayaan bahwa menciptakan lingkungan yang mendukung semangat kewirausahaan dan memberdayakan pemangku kepentingan bisa mendukung transformasi digital serta keberlanjutan bisnis di kalangan mahasiswa, alumni maupun masyarakat umum.