Laptop Bisnis Terbaik Paling Fleksibel, ExpertBook B3 Flip

laptop bisnis terbaik

Mencari laptop bisnis terbaik memang tidak mudah. Anda harus memperhatikan fungsi dan spesifikasinya supaya mendapatkan yang sesuai kebutuhan.

“Bagaimana jika saya awam dan tidak paham soal laptop?”

Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kami akan bantu merekomendasikan laptop yang dapat memenuhi segala keperluan bisnis Anda.

Kebetulan, ASUS kembali menghadirkan laptop bisnis fungsional kelas high-end bernama ASUS ExpertBook B3 Flip.

Mau tahu lebih jauh? Kali ini kami akan membahas:

  • Spesifikasi laptop ExpertBook B3 Flip.
  • Review ExpertBook B3 Flip dari segala sisi.
  • Dan masih banyak lagi.

Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu ASUS ExpertBook B3 Flip?

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Pandemi selama lebih dari dua tahun terakhir membuat orang-orang terbiasa dengan kenormalan baru. Salah satunya bekerja dan berbisnis dari rumah.

Meeting dengan klien, membuat dokumen, mengurus pesanan, semuanya serba online.

Aktivitas hybrid seperti itu tentu membutuhkan perangkat yang mendukung. Performa harus oke, bisa multitasking, kamera jernih, dan juga fleksibel.

Kabar baiknya, semua kebutuhan itu tersedia di ExpertBook B3 Flip. Beberapa fitur andalannya meliputi engsel 360°, dual camera, hingga slot kartu SIM.

ASUS mengklaim bahwa ExpertBook B3 Flip adalah solusi atas kenormalan baru tersebut. Anda pun jadi bisa bekerja dan berbisnis dengan nyaman dari manapun.

Achieve more, anytime, anywhere,” begitulah slogan yang diusung ASUS untuk laptop satu ini.

Spesifikasi Laptop Bisnis ExpertBook B3 Flip

Untuk kategori laptop bisnis terbaik, ASUS ExpertBook B3 Flip hampir mendekati sempurna. Bahkan lebih dari cukup sebagai laptop harian.

Simak spesifikasinya berikut ini:

Sistem OperasiWindows 11 Pro
CPU+ Intel Core i7-1165G7
+ Intel Core i5-1135G7
GPUIntel Iris Xe Graphic
RAM16GB DDR4, upgradable sampai 48GB
PenyimpananM.2 Nvme SSD 512GB/1TB
Layar14 inch FHD, IPS
Baterai50Wh, 3-cell, Li-ion
Dimensi32,9 x 22,39 x 1,93 cm
Bobot1,61 kg
Kamera720P, 13.0MP
Port+ USB 2.0
+ USB 3.2 Gen 1
+ USB Type C
+ HDMI
+ LAN
+ Audio jack 3.5
+ kartu SIM & MicroSD
KonektivitasWiFi 6, Bluetooth 5.2
Fitur-fitur+ Fingerprint
+ Backlit keyboard
+ 4G LTE
+ TPM 2.0
+ engsel 360°
+ AI noise-canceling
+ antibakteri

Bagaimana? Cukup mentereng, bukan? Jelas, ini bukan laptop bisnis kaleng-kaleng. Berbagai macam aplikasi kantor pasti bisa dilibas.

Bagi Anda yang tertarik membeli, jangan buru-buru dulu. Baca panduan kami mengenai setiap bagian dari ExpertBook B3 Flip.

Review ASUS ExpertBook B3 Flip Laptop Bisnis Terbaik

Kami akan mengulas setiap bagian penting yang perlu Anda ketahui secara singkat. Setidaknya ini dapat memberi Anda gambaran yang lebih jelas secara keseluruhan. Mari mulai dengan melihat seperti apa desainnya bodinya.

Desain yang Kokoh

Keunggulan pertama ExpertBook B3 Flip terletak pada ketahanan fisiknya. ASUS bahkan telah mengantongi sertifikat MIL-STD 810H. Apa itu?

Singkatnya, ‎ini adalah standar pengujian umum militer AS untuk memastikan sebuah produk dapat bertahan di kondisi lingkungan tidak wajar.

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Selanjutnya, Anda akan mendapati dua material berbeda, yaitu metal di sebelah atas dan plastik di sisi lainnya.

Meski kelihatannya berat, tetapi laptop ini ternyata cuma berbobot 1,61 kg dan setebal 1,95 cm. Ringkas dan praktis, cocok bagi Anda yang punya mobilitas tinggi.

Apakah desainnya cukup elegan?

Jika menyukai laptop yang tidak neko-neko, inilah pilihan terbaik. Apalagi Anda bisa mengubahnya ke mode tablet menggunakan engsel 360°.

Lihat bagaimana perubahan tampilan ASUS Expert B3 Flip dari posisi ditutup, dibuka dan ke mode tablet.

laptop bisnis terbaik

Keamanan dan Proteksi Pengguna

  • Sensor sidik jari
  • TPM 2.0
  • Penutup webcam

Keberadaan sensor sidik jari di laptop semakin lazim untuk keamanan. Keuntungannya, Anda tidak perlu khawatir lupa password untuk masuk ke Windows.

Di ExpertBook B3 Flip sendiri, ASUS meletakkan sensor sidik jarinya di tombol power. Menurut kami ini menjadi salah satu fitur kunci yang amat fungsional.

Sumber: asus.com

Fitur keamanan selanjutnya yakni TPM 2.0. Chip ini berfungsi mengenkripsi data-data sensitif. Dengan begitu data Anda lebih aman dari risiko peretasan.

Terakhir, sebenarnya ini fitur keamanan yang simple, tetapi Anda akan menyukainya. ExpertBook B3 Flip memiliki penutup webcam.

Geser ke kanan untuk menutup, geser ke kiri untuk membuka. Tidak ada lagi area pribadi yang akan terekspos publik tanpa Anda inginkan.

Sumber: asus.com

Laptop bisnis wajib memiliki keamanan yang kuat. Siapa tahu Anda punya dokumen rahasia atau data konsumen yang tidak boleh tersebar. Ketiga fitur di atas akan bermanfaat.

Baterai Tahan Seharian

Pada tabel spesifikasi di atas, tertulis baterai ASUS ExpertBook B3 Flip berkapasitas 50Wh.

Artinya, dalam satu jam laptop tersebut menghabiskan daya sebesar 50 Watt. 

Menurut pengujian, baterainya bisa bertahan selama lebih dari 10 jam dari 100% ke 20% untuk penggunaan normal.

Cukup oke, bukan? Anda jadi tidak perlu sering-sering mengisi daya ketika sedang bekerja, terlebih saat berada di luar ruangan.

Kalaupun harus nge-charge, tidak butuh waktu lama juga, kok! Dengan charger 65 Watt, Anda bisa mengisi penuh daya baterai cuma dalam waktu 90 menit.

Port Dilengkapi Slot Kartu SIM

Selanjutnya, kami sama sekali tidak menemukan kekurangan pada kelengkapan port. ASUS benar-benar memberikan semua yang Anda butuhkan.

Sumber: asus.com

Pertama, di sisi sebelah kiri terdapat 5 port, mulai HDMI, 1x USB 3.2 hingga 2x USB Type-C. Yang unik di sini adalah tempat penyimpanan stylus.

Inilah alasan ExpertBook B3 adalah laptop bisnis terbaik. Selain mendapat bonus stylus, Anda pun bisa menyimpannya di laptop sehingga tidak mudah hilang.

Ditambah, tempat penyimpanan stylus ini juga berfungsi sebagai charger-nya. 

Cuma butuh waktu charge 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit. Ngebut!

Sumber: asus.com

Kemudian di sebelah kanan Anda bisa menemukan 1x port USB 2.0. Port ini bisa digunakan untuk device eksternal misalnya gamepad, mouse, keyboard, dll.

Selain itu ada pula port LAN, audio jack 3.5 serta tombol volume. Kenapa harus ada tombol volume?

Ketika Anda menggunakan ExpertBook B3 Flip dalam mode tablet, maka tombol volume pasti sangat berguna.

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Akan tetapi, keunikannya bukan cuma itu. Di sisi ini juga terdapat combo slot untuk microSD dan kartu SIM yang support 4G LTE. Persis seperti di HP.

Inilah fitur yang ditonjolkan oleh ASUS. Dengan kartu SIM, Anda bisa terhubung ke internet melalui data seluler. Sangat fleksibel dan akhirnya tidak harus bergantung pada jaringan WiFi.

Mau kerja atau mengurus bisnis di manapun tidak masalah!

Layar Sentuh Multifungsi

Meski judulnya laptop, tetapi ASUS menyertakan fungsi layar sentuh karena ExpertBook B3 Flip ini convertible ke mode tablet.

Layar sebesar 14 inch ini dapat menampilkan video dengan resolusi tinggi 1920 x 1080 piksel (16:9).

Apalagi ASUS sudah mendapat sertifikat TÜV Rheinland untuk perlindungan cahaya biru. Karenanya, mata akan tetap aman meski harus di depan laptop selama berjam-jam.

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Bagaimana dengan viewing angles-nya? Di sudut 45 derajat, Anda masih bisa melihat gambar di layar dengan jelas. Tidak buruk, bukan?

Kekurangannya cuma satu, yakni layarnya cuma 250 nits, di mana itu kurang bagus untuk penggunaan luar ruangan karena kecerahannya minim. 

Akan tetapi, secara keseluruhan masih sangat baik.

Keyboard dan Touchpad

Terlepas dari backlit yang memudahkan Anda melihat keyboard di kegelapan, keyboard di ExpertBook B3 Flip ternyata punya fitur menarik.

Untuk keamanan, keyboard-nya kedap air. Lapisan ini bisa menahan air hingga 330 ml atau sekitar satu tumbler ukuran sedang.

Buat Anda yang sering teledor saat menaruh minuman di dekat laptop, fitur ini pasti sangat menolong.

Meskipun tidak punya numpad, tetapi Anda bisa mengubah touchpad menjadi numpad dengan menekan tombol di kanan atasnya.

Sumber: asus.com

Dan inilah yang membuat laptop ExpertBook B3 Flip berbeda. ASUS menambahkan beberapa shortcut bermanfaat di deretan tombol fungsi (Fn).

Misalnya untuk menyalakan kamera, mengambil screenshot, mematikan mikrofon, dan lain-lain.

Permukaan keyboard dan touchpad ExpertBook B3 Flip juga sudah terlindungi oleh antibacterial yang membatasi pertumbuhan bakteri berbahaya.

User & World Facing Camera

Akhirnya sampai ke ulasan kamera, di mana kami yakin ini bukti bahwa ExtpertBook B3 FLip adalah laptop bisnis terbaik.

Pertama, webcam utamanya punya resolusi sampai 720p. Jadi, untuk kebutuhan Zoom meeting atau merekam video konten hasilnya sudah cukup bagus.

Menariknya, ASUS membekali satu kamera lagi yang awalnya terasa cukup aneh karena terletak tepat di sebelah atas keyboard

Usut punya usut, kamera ini ternyata berfungsi layaknya kamera belakang ketika Anda melipat laptopnya ke mode tablet. ASUS menyebutnya world-facing camera.

Kamera yang satu ini bahkan punya resolusi 13 MP dengan kualitas rekaman video bisa sampai 2K. Mantap!

Sumber: asus.com

Audio dan Mikrofon

Di awal kami memberitahu kalau laptop ini punya fitur noise-canceling pada mikrofonnya. Cocok sekali untuk penggunaan di tempat-tempat ramai.

Misalnya, Anda terpaksa harus meeting virtual saat sedang berada di kafe. Fitur noise-canceling ini akan meredam suara berisik dari lingkungan sekitar.

Sementara suara output alias speaker-nya juga berkualitas baik.

Performa Laptop Bisnis Terbaik

Konfigurasi CPU, RAM dan GPU di ExpertBook B3 Flip rasa-rasanya sudah pas. 

Ditopang Intel Core i7-1165G7 dan grafis terintegrasi Iris Xe, performa laptop ini sangat menjanjikan. Lancar, mulus dan tanpa lag untuk kebutuhan kerja maupun bisnis.

Dan lagi, penyimpanannya menggunakan SSD generasi baru. Dijamin, membuka aplikasi apapun pasti lebih sat-set-sat-set!

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Untuk kemampuan multitasking tak perlu diragukan. RAM 16GB DDR4 membuat Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan leluasa. Apalagi RAM-nya upgradable hingga 48GB.

Bagaimana dengan gaming?

Sebenarnya tidak ada masalah selama masih sesuai dengan persyaratan sistem game terkait. Beberapa game kompetitif dapat berjalan dengan FPS yang cukup lumayan. Anda bisa cek sendiri nanti.

Siapa yang Membutuhkan Laptop Bisnis Ini?

Jika Anda berpikir bahwa laptop ini cocok untuk gaming, itu keliru. Pasalnya, ASUS lebih memfokuskan fungsinya sebagai laptop kerja dan bisnis.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Asus Lainnya

Jadi, orang-orang yang membutuhkannya antara lain para pebisnis, pekerja kantoran, programmer, guru, atau siswa.

Laptop ini cocok untuk semua kebutuhan profesional di dunia kerja. 

Kesimpulannya, bisa dibilang ASUS ExpertBook B3 Flip merupakan pilihan laptop bisnis terbaik untuk Anda saat ini.

laptop bisnis terbaik
Sumber: asus.com

Harga ExpertBook B3 Flip

Dilansir situs web resminya, harga ASUS ExpertBook B3 Flip mulai dari Rp15.509.000

Harganya berbeda-beda tergantung varian yang Anda pilih karena beberapa fitur bersifat opsional.

Menurut kami, ini harga yang sangat sepadan dengan kualitasnya. Apalagi untuk kategori laptop bisnis.

Penutup

ASUS membuat laptop bisnis terbaik Indonesia dengan segala yang Anda butuhkan ada di sana. Nyaris sempurna untuk kebutuhan perkantoran bahkan pendidikan. Mungkin ada beberapa hal kecil yang menjadi kekurangan tetapi itu tidak terlalu menjadi masalah. 

Jadi, setelah membaca sampai akhir, apakah Anda semakin tertarik memiliki ExpertBook B3 Flip atau justru sebaliknya? Terlepas dari apapun itu, yang jelas ini adalah laptop bisnis terbaik yang benar-benar sefleksibel itu.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar