Cara Diliput Media Online Paling Mudah, Murah dan Efektif

Cari tahu cara diliput media online supaya kampanye yang Anda buat mendapat perhatian besar dari publik.

Harus diakui, muncul di media online memang bisa menjadi jalan pintas menuju kepopuleran. Kendati demikian, media tidak melirik sembarang hal untuk diliput.

Pasalnya, selain aspek komersial mereka tetap harus memberikan nilai kepada pembacanya. Itulah kenapa diliput media online sama sekali tidak mudah.

Tetapi ada beberapa cara diliput media online yang sudah jadi rahasia umum. Bahkan tetap bisa dilakukan meski kampanye ini sama sekali tidak dikenal sebelumnya.

Cara Diliput Media Online dengan Press Release

Terkadang Anda hanya butuh relasi dengan wartawan supaya media bersedia meliput. Sementara beberapa orang mau membayar demi publikasi di media online. Cara mana yang lebih efektif?

1. Mengundang Wartawan

cara diliput media online1

Pada kenyataannya mengundang wartawan tidaklah semudah yang Anda kira. Apalagi jika Anda sama belum mengenal siapapun di luar sana. 

Namun ada dua cara yang dapat diupayakan, yaitu dengan membangun kontak dan meminta bantuan pihak ketiga.

  • Bangun kontak – kirim email sebanyak-banyaknya ke redaksi media dan para wartawan untuk menjalin relasi dengan mereka.
  • Konferensi pers – gunakan jasa konferensi pers untuk mendatangkan wartawan melalui pihak ketiga.

Menggunakan jasa pihak ketiga sudah pasti ada biayanya. Sementara mengundang wartawan sebenarnya tidak memiliki rate khusus. Supaya tahu lebih jelas, baca juga artikel tentang biaya mendatangkan wartawan.

2. Kirim Press Release ke Redaksi

cara diliput media online2

Beberapa media online besar memberikan wadah khusus untuk penulis tamu, contohnya Kompasiana, Citizen6 atau Indonesiana.

Kekurangannya, artikel Anda tidak terbit di portal utama. Lagi pula biasanya kontributor juga dilarang menulis konten yang bersifat promosi.

Mau pasang backlink? Sayangnya, sebagian besar media tidak memperbolehkan hal tersebut.

Cara mengirim press release ke media lainnya adalah dengan mengirimkan email ke redaksi. Tetapi kemungkinan terbitnya masih 50:50 kecuali berita tersebut benar-benar menarik.

3. Jasa Publikasi Media Online

cara diliput media online3

Cara diliput media online pertama dan kedua punya kekurangan terutama masalah efisiensi waktu. 

Anda harus menyiapkan banyak hal dan menunggu lama sampai beritanya terbit.

Menggunakan jasa press release adalah cara alternatif yang lebih cepat dan efektif. Agensi seperti publikasimedia.com dapat membantu menerbitkan kampanye Anda ke media nasional.

Tersedia jasa publikasi media online ke portal raksasa seperti detik, Kompas, Kumparan, dan lain-lain. Press release Anda dijamin terbit dengan biaya yang relatif terjangkau.

Lebih Baik Pakai Cara yang Mana?

Pada dasarnya press release Anda dibutuhkan media karena mereka harus menerbitkan banyak tulisan setiap harinya. Namun hanya sebagian kecil yang akan diangkut karena alasan kualitas dan urgensinya.

Maka dari itu jasa press release lebih disarankan ketimbang mengundang wartawan atau mengirim sendiri.

Soal biaya publikasi media online, Anda bisa pilih paketnya sesuai budget. Secara keseluruhan ini adalah cara diliput media online paling mudah, murah dan efektif.

Tinggalkan komentar