PROMO Terbatas! Nerbitin Berita untuk Branding di Media Nasional Indonesia Hanya 700 Ribu, Cek Disini

10 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Orang Setiap Hari

Jasa Press Release Media Nasional

๐Ÿš€๐Ÿš€๐Ÿš€

Garansi terbit 100%, harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Mau tahu usaha yang sedikit pesaingnya? Carilah usaha yang jarang tapi dibutuhkan orang.

Anda mungkin perlu sedikit riset untuk menemukan peluang tersebut. Pasalnya, ide bisnis seperti itu tidak selalu sama di tiap-tiap tempat.

Banyak faktor penentu apakah suatu usaha sedikit persaingannya dan dibutuhkan.

Pada artikel kali ini kami akan memberi beberapa contoh, meliputi:

  • Usaha yang jarang rugi.
  • Jualan makanan yang sedikit pesaingnya.
  • Jasa yang banyak dicari dan pasti laku.
  • Tempat paling cocok untuk membuka usaha tersebut.

Langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Contoh Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Mulai jualan barang hingga jasa, berikut beberapa contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan banyak orang:

1. Pet Hotel

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Kami pernah membahas hotel tanaman sebagai Ide Usaha Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia. Jasa tersebut memang masih jarang di Indonesia seperti halnya pet hotel.

🐾 Pet hotel adalah tempat menitipkan hewan peliharaan ketika pemiliknya hendak pergi selama beberapa hari.

Banyak pet shop menyadari peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini, kemudian mereka juga menawarkan jasa penitipan hewan peliharaan.

Akan tetapi, ternyata pet shop dan pet hotel sebaiknya dipisahkan. Menurut dokter hewan Zulfikar Basrul Gandong, ini salah satu upaya menjaga kesehatan hewan yang dititipkan.[1]

Di kota besar, pet hotel sudah mulai banyak ditemukan, tetapi keberadaannya masih jarang di daerah-daerah. Jika Anda tertarik, ini adalah peluang yang bagus.

Tarif menginap untuk para hewan peliharaan di pet hotel berkisar Rp65.000 โ€“ Rp100.000 per hari, tergantung fasilitasnya.

2. Layanan Pembersihan Laptop

💻 Tahukah Anda? 70% kerusakan komponen laptop disebabkan oleh debu yang menumpuk sehingga menghambat sistem pendinginan.[2]

Sayangnya, banyak pengguna yang tidak menyadari permasalahan tersebut. Bahkan mungkin laptopnya sama sekali belum pernah dibersihkan sejak dibeli.

Ini bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan karena layanan pembersihan laptop sangat dibutuhkan. Layanan ini bisa disandingkan dengan jasa servis dan tune up laptop.

Untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, Anda juga bisa membuka jasa pembersihan laptop panggilan.

3. Coworking Space

Coworking space atau ruang kerja bersama adalah usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Salah satunya dikarenakan jumlah pekerja lepas di Indonesia yang semakin bertambah.

Majalah Tempo memperkirakan jumlahnya saat ini mencapai 5,89 juta orang.[3] Sebagian memilih kerja dari rumah, tetapi tidak sedikit yang melakukan pekerjaannya di coworking space.

Bukan hanya para pekerja lepas, tetapi startup dan UKM juga sering memanfaatkan coworking space sebagai kantor. Alasannya jelas, yaitu fleksibilitas dan efisiensi biaya.

Dengan jumlah calon pelanggan potensial yang cukup tinggi, peluangnya usaha ini sangat terbuka terutama di kota besar. Konsep serupa mungkin juga bisa dicoba di daerah dengan beberapa penyesuaian.

Secara umum biaya sewa coworking space Rp75.000 per hari atau sekitar 1 jutaan per bulan dengan segala fasilitasnya.

4. Food Truck

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Usaha makanan memang tidak ada matinya. Berbagai macam ide baru terus bermunculan. Salah satunya menjual makanan kekinian dengan food truck.

Food truck sendiri sudah cukup lama dikenal di Indonesia, tetapi masih jarang. Konsep ini diadaptasi dari gaya jualan yang lazim di negara Barat seperti AS.

Salah satu alasan food truck diminati karena mobilitasnya tinggi. Bagi Anda yang ingin memiliki restoran dengan modal kecil, ini bisa jadi alternatif.

Bukan hanya makanan kekinian, es krim, atau kedai kopi, Usaha Angkringan Sederhana pun sekarang banyak yang menggunakan food truck karena praktis.

Anda hanya perlu menemukan tempat strategis dan legal untuk mulai jualan. Sebagai contoh di dekat area perkantoran, kampus atau di event tertentu.

Oleh karenanya, peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini lebih cocok di perkotaan.

5. Jasa Cuci Sepatu dan Tas

Cara perawatan sepatu dan tas berbeda dengan pakaian. Beberapa merek bahkan membutuhkan penanganan khusus dari ahlinya supaya tidak rusak.

Jika ingin mengetahui rincian modal yang dibutuhkan untuk jasa cuci sepatu, silakan baca artikel Usaha Modal 500 Ribu. Untuk jasa perawatan tas, modalnya kurang lebih sama. 

Anda wajib tahu bagaimana cara membersihkan berbagai jenis bahan sepatu maupun tas. Misalnya membersihkan sepatu harus menggunakan sikat yang lembut dan tidak boleh pakai deterjen. 

Prospek usaha ini cukup bagus terutama di perkotaan dengan target para siswa, pekerja kantoran, penghobi olahraga, dan siapapun yang sering memakai sepatu.

Mengapa jasa cuci sepatu termasuk usaha yang jarang tapi dibutuhkan? Layanan ini sangat menghemat waktu, membersihkan secara tuntas dan ditangani oleh ahlinya.

6. Travel Guides & Tourist Maps

Kadang-kadang para turis ingin pergi sendiri tanpa pemandu wisata. Mereka hanya perlu panduan yang memudahkan pergi ke tempat-tempat yang direkomendasikan.

Apabila Anda tinggal di daerah wisata, ini bisa menjadi peluang cuan. Caranya dengan menjual panduan untuk turis. Kontennya bisa berupa buku, buklet, peta, atau dalam bentuk digital.

Intinya, turis harus mendapat rekomendasi tempat yang patut dikunjungi, budaya setempat, pantangan, dan lain-lain. Pastinya ini akan sangat berguna bagi mereka.

Anda bisa membuat panduan khusus untuk destinasi wisata tertentu atau secara umum di suatu wilayah. 

Sebagai contoh perusahaan MAD Maps menyediakan peta wisata bagi para penghobi. Salah satunya peta berisi rute terbaik untuk pengendara sepeda motor yang ingin mengunjungi suatu wilayah di Amerika Serikat.

7. Jasa Foto Kegiatan Olahraga

Semakin spesifik niche, semakin besar pula peluang laku di pasaran. Contohnya usaha jasa foto dengan spesialisasi kegiatan olahraga.

Memotret aktivitas olahraga tidaklah mudah. Butuh lensa khusus dan skill untuk menangkap gambar dengan baik.

โ€œUntuk menguasai split second moment itu perlu latihan, sama seperti kita berolahraga,โ€ ujar fotografer olahraga, Peksi Cahyo, dikutip CNN.

Jadi, bisa dibilang bahwa jasa foto kegiatan olahraga termasuk usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Katakanlah sekelompok penghobi sepeda ingin gowes dari titik A ke B. Di satu sisi mereka ingin eksis di media sosial dengan foto-foto yang estetik.

Solusinya? Menyewa jasa foto bersepeda. 

Ini juga berlaku untuk olahraga lain seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, tenis, basket, dll.

Untuk memasarkan jasa Anda, manfaatkan media sosial. Dari sini Anda juga berkesempatan mendapat eksposur ketika klien memposting foto ke halamannya.

Cuan dari usaha fotografer olahraga ini cukup menggiurkan, mulai Rp500.000 โ€“ Rp1.000.000 per sesi.

8. WiFi Koin

Mencari usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan bisa dikerjakan dari rumah tanpa terikat waktu? Coba usaha WiFi koin yang sedang ngetren belakangan ini.

Bagi Anda yang belum familier, cara kerja WiFi Koin berbeda dengan voucher WiFi corner konvensional. 

Pengguna harus memasukkan koin ke dalam sebuah kotak untuk mendapat WiFi dalam kurun waktu tertentu. Cara kerjanya mirip seperti telepon umum terdahulu. 

Kotak yang diisi koin sudah terintegrasi dengan sistem sehingga dapat mendeteksi berapa nominal koin yang masuk. Tarifnya Rp1.000 per jam.

Usaha ini sedang ramai di lingkungan perumahan dengan target anak-anak yang butuh koneksi internet stabil untuk bermain game atau sekolah. 

Bahkan Anda tidak perlu selalu berada di rumah, jadi sebenarnya cocok juga sebagai Usaha Sampingan Karyawan Pabrik.

Modal awal yang perlu dikeluarkan adalah 3 jutaan untuk satu paket usaha WiFi koin siap pakai, tidak termasuk paket internet. 

Katakanlah dalam sehari ada 20 anak menggunakan WiFi selama 2 jam. Artinya, pendapatan harian Anda 20 x 2 x 1.000 = Rp40.000. Dalam sebulan bisa terkumpul Rp1.200.000.

9. Salon Muslimah

Sesuai namanya, salon muslimah dibuka khusus untuk perempuan muslim berhijab. Dengan begitu mereka bisa menjalani perawatan dengan lebih nyaman di tempat tertutup dan terpisah.

Penggunaan produk halal juga bisa ditonjolkan di salon syariah. Jadi, walaupun pelayanannya sama dengan salon pada umumnya, Anda punya faktor pembeda yang menarik perhatian.

Di Indonesia, konsep salon muslimah sebenarnya sudah ada sejak awal 2000-an, tetapi jumlahnya belum banyak.

Kebetulan, beberapa tahun belakangan permintaan terhadap salon muslimah ini sedang mengalami peningkatan. Inilah peluang Anda menjajaki usaha yang tak kenal musim dan pasti dibutuhkan.

Mengenai modal tidak jauh berbeda dengan salon konvensional, tetapi Anda harus menciptakan area dan pelayanan khusus yang syariah.

10. Berlangganan Makanan

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Layanan berlangganan sudah sangat lazim di seluruh lapisan masyarakat, mulai media hiburan hingga operator seluler. Akan tetapi bagaimana jika Anda menggali niche baru dengan model berlangganan?

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan yaitu langganan makanan. Biasanya berupa langganan makanan sehat atau makanan diet. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjual menu makanan lainnya.

Konsep bisnis ini mirip dengan subscription box ala Ide Bisnis Anak Muda Jepang. Isinya makanan yang dikirim setiap hari selama kurun waktu tertentu.

Namun, Anda harus merencanakan usaha ini secara matang. Pasalnya, pelanggan yang berlangganan membayar di awal. Artinya Anda harus mengelola uang tersebut dengan baik untuk mengalokasikan kebutuhan pelanggan selama masa berlangganannya.

Anda bisa menawarkan usaha langganan makanan ini ke kantor-kantor atau sekolah.

FAQ Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Usaha apa yang tidak pernah mati?

Usaha yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari tidak akan pernah mati, hanya saja model bisnisnya terus berkembang. Misalnya usaha jualan makanan, jasa cuci dan pembersihan, jasa foto, dan perawatan diri.

Apa saja usaha yang dibutuhkan orang setiap hari?

Ide usaha paling sederhana yaitu jualan sembako. Buktinya warung sembako tetap laris di tengah gempuran tren belanja online.ย 
Produk yang juga laku setiap hari antara lain kebutuhan kecantikan, bahan bakar, sayuran, dan pakaian.

Barang apa yang dijual cepat laku?

Selain barang-barang harian seperti sembako, sebaiknya Anda juga mencari tahu jenis produk apa yang sedang laris di marketplace saat ini.

Apakah ada usaha yang jarang tapi dibutuhkan?

Tiap-tiap daerah punya peluang usaha yang cuma sedikit pesaingnya, tetapi Anda harus memastikan apakah itu dibutuhkan atau tidak. Beberapa contohnya pet hotel, jasa cuci sepatu dan tas, food truck, WiFi koin, dan salon muslimah.

Penutup

Sekarang waktunya mencari tahu apa jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan di daerah Anda masing-masing. Sebelum itu pastikan melakukan riset pasar dan persaingan, baik secara online maupun offline supaya. Jika mampu melihatnya dengan jeli, Anda pasti bisa menemukan peluang usaha tersebut.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

4 × 4 =