✔ Keuntungan Threads untuk Bisnis & Cara Memanfaatkannya

Bagaimana peluang aplikasi Threads untuk bisnis kecil maupun perusahaan? Mari bahas lebih lanjut mengenai aplikasi baru dari Meta ini.

Sejak perilisannya pada 6 Juli 2023, Threads sudah bikin seluruh dunia geger. Hanya butuh waktu beberapa hari bagi mereka meraih 70 juta pengguna.[1]

Itulah alasan Threads mungkin bisa menambah nilai bisnis Anda. 👍

Di artikel kali ini, Publikasimedia tertarik mengulas Threads untuk bisnis.

Poin utamanya:

  • Threads adalah aplikasi baru yang membuka peluang baru bagi bisnis untuk berbagi konten pemasaran.
  • Threads membawa fitur utama mirip Twitter karena berbasis teks, tapi juga mendukung gambar, video, dan GIF.
  • Masa depan pengembangan Threads untuk bisnis masih penuh tanda tanya, namun patut dicoba.

Kami sempat membahas sekilas tentang Threads pada Kampanye Politik Menggunakan Media Sosial. Namun pembahasan ini akan lebih mendalam.

Sebagai permulaan, silakan berkenalan dulu dengan platformnya.

Apa Itu Threads?

Threads adalah media sosial baru dari Meta yang memungkinkan pengguna membagikan teks dan bergabung dalam percakapan publik.

Saat ini, Threads untuk iOS dan Android tersedia di 100 negara dan lebih dari 30 bahasa.

Media sosial minimalis ini terhubung langsung dengan Instagram. Untuk mendaftar, caranya tinggal login pakai akun Instagram Anda. Simpel.

threads mark zuckerberg

Di profil Instagram Anda nantinya akan muncul tombol menuju akun Threads.

Angka-angka pada tombol Threads di profil Instagram menandakan nomor urut pendaftaran Anda.

Ikon dan tampilan aplikasi Threads Instagram yang lama.

Tahukah Anda? Threads sebelumnya adalah aplikasi pesan pribadi, yang juga milik Instagram, tetapi tutup pada akhir 2021.[2] Kemudian Threads seolah dilahirkan kembali dengan konsep yang sama sekali berbeda.

Mirip dengan Twitter

Jika diperhatikan, Threads memang mirip Twitter, khususnya pada cara pengguna membagikan konten dan berinteraksi.

Tentunya bukan suatu kebetulan Meta merilisnya ketika Twitter sedang banyak masalah sejak akuisisi Elon Musk. 

Bos Twitter itu menanggapi kehadiran Threads dengan tweet ini:

Akan tetapi, tampaknya hal tersebut tidak mengurungkan minat pengguna untuk mengeksplorasi Threads untuk bisnis.

Buktinya, brand besar global maupun lokal langsung berbondong-bondong membuat akun Threads beberapa menit setelah peluncurannya.

Kalau begitu, jangan sampai bisnis Anda ketinggalan.

Cara Membuat Akun Threads

Sebelum menyiapkan akun Threads untuk bisnis, download dan daftarkan dulu diri Anda dengan mengikuti panduan berikut:

  1. Pertama-tama, download Threads di Play Store atau App Store.
  2. Pastikan Anda sudah login ke aplikasi Instagram.
  3. Jalankan aplikasi Threads, kemudian pilih “Login dengan Instagram”.
  4. Pada halaman isi Profil, cukup tekan tombol “Impor dari Instagram.” Buat perubahan seperlunya.
  5. Berikutnya, Threads untuk bisnis wajib berjenis profil publik alih-alih privat.
  6. Kemudian Anda punya opsi mengikuti semua akun yang sama dengan daftar following di Instagram. Saran kami, tekan saja “Ikuti Semua”.
  7. Terakhir, “Gabung Threads” untuk memulai eksplorasi di media sosial baru.

Semakin cepat bisnis Anda gabung ke Threads, semakin baik. Pasalnya, di media sosial baru persaingan biasanya belum terlalu ketat.

⚠️ Penting!

Begitu membuat akun Threads, Anda tidak bisa menghapusnya. Satu-satunya cara adalah menghapus akun Instagram yang terhubung atau sekadar deactive.

Apa Fitur Utama Threads?

Sejauh ini, hal yang bisa Anda lakukan di Threads yaitu:

  • menulis teks hingga 500 karakter,
  • upload gambar hingga 10 per utas (carousel),
  • upload video berdurasi 5 menit,
  • konten GIF.

Fitur yang Belum Tersedia di Threads?

Sayangnya, sampai dengan artikel ini ditulis Threads belum bisa diakses lewat PC seperti Instagram. Beberapa kekurangan lain yaitu:

  • belum ada DM,
  • feed berisi postingan random,
  • hashtag,
  • tidak bisa menyematkan postingan.

*Kami akan coret kekurangan fitur di atas jika sudah ada update.

Adam Mosseri, selaku kepala Instagram, mengklaim pihaknya sedang menyiapkan fitur seperti following feed, bertukar akun dan edit postingan.[3]

Jika fitur-fitur tersebut sudah rilis, harusnya Threads bisa menjadi tempat yang ideal untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis.

Keuntungan Threads untuk Bisnis

Pertanyaan ultimate dari pembahasan ini adalah: apa untungnya mendaftar Threads untuk bisnis? Mengutip Raconteur[4], keuntungannya antara lain:

1. Mempermudah Promosi

Kenapa promosi jualan di Threads jadi lebih mudah?

Singkatnya karena integrasi dengan Instagram.

Ini memudahkan followers di Instagram menemukan bisnis Anda di Threads. Jadi, Anda tidak benar-benar memulai dari nol.

Untuk promosi, tinggal lanjutkan strategi berdasar aktivitas di platform sebelumnya.

2. Memperkuat Branding

Ketika banyak bisnis kehilangan centang birunya akibat kebijakan baru soal Cara Verified Twitter Blue, Meta belum melakukannya.

Meta Verified memang sudah mulai diuji secara terbatas, tetapi itu belum berpengaruh pada akun-akun bisnis centang biru.

Justru Anda berkesempatan memperkuat branding dengan membuat akun Threads.

Tidak perlu mengajukan ulang permohonan centang biru. Badge eksklusif tersebut otomatis tersemat di Threads jika sebelumnya Anda sudah memilikinya.

3. Moderasi yang Lebih Baik

theads community guideline

Keuntungan Threads untuk bisnis yang ketiga adalah Meta memiliki aturan ketat terkait postingan di platform mereka.

Kalau ada yang tidak sesuai pedoman komunitas, maka postingan akan otomatis dihapus. Aturan tersebut sepertinya juga berlaku di Threads.

Elon Musk membebaskan tweet apapun di Twitter dengan alasan “kebebasan berbicara”. Dampaknya, banyak bisnis yang menerima pesan-pesan negatif di akun mereka.

Sementara itu, di Threads sudah banyak pengguna yang kena semprit Meta akibat postingan yang melanggar aturan.

Moderasi ketat ini dinilai dapat menekan konten-konten negatif di Threads.

4. Pertumbuhan yang Cepat

Seperti sudah kami katakan di awal, Threads tumbuh pesat hanya dalam hitungan jam.

Sebagai perbandingan, Threads meraih 1 juta pengguna kurang dari 1 jam.[5] Sementara rekor tercepat perusahaan lain:

jumlah pengguna threads

Jadi, bisa dibayangkan betapa cepatnya peningkatan pengguna Threads.

Di samping itu dari itu, pertumbuhan akunnya sendiri juga sangat cepat.

Keterkaitan dengan Instagram menjadi alasan utama.

Besarnya jumlah followers Anda di Instagram, berbanding lurus dengan kecepatan pertumbuhan followers Threads Anda.

Namun, apakah para pengguna yang pindah itu akan bertahan lama di Threads atau kembali ke platform lama favorit mereka? 

Masih tanda tanya besar, sebab tergantung pada pembaruan aplikasi ini.

5. Kemudahan Promosi Silang

Integrasi Threads dengan Instagram terbilang lengkap, termasuk soal crossposting.

Jika Anda membuat utas, lalu menekan tombol share, maka ada opsi untuk membagikan postingan Anda ke Instagram Story dan Feed.

Tidak berhenti di situ. Story tersebut bisa langsung mengarahkan audiens menuju ke utas Anda dengan menekan gambarnya.

threads untuk bisnis
Contoh promosi silang dari Threads ke Instagram Story.

Fitur ini membuka peluang kolaborasi dan promosi silang yang amat berguna untuk bisnis.

Anda bisa memperluas jangkauan, mendapatkan eksposur pemirsa baru sekaligus Memperkuat Brand Awareness Anda.

Tips Membangun Akun Threads untuk Bisnis

Threads memang baru seumur jagung. Di sisi lain, potensinya terlihat jelas. Anda hanya perlu mengupayakan beberapa hal sedari awal yang berpotensi mendatangkan cuan di masa depan, antara lain:

1. Konsisten Membuat Konten

Tips mengembangkan Threads untuk bisnis yang pertama adalah konsisten membuat konten. 

Jika sudah punya strategi konten di Instagram, coba buat hal yang sama karena audiens Anda pastinya tidak jauh berbeda.

Platform baru ini belum memiliki halaman kurasi, melainkan hanya beranda yang berisi postingan semua orang secara acak. 

Jadi, jika ingin tampil menonjol, Anda harus konsisten memposting konten yang menarik dan relevan.

💡 Tips: Berdasarkan pengalaman kami setelah mencoba, kekuatan utama Threads adalah membuat konten yang memancing percakapan otentik.

2. Temukan Bisnis dengan Niche Serupa

Threads tidak memiliki hashtag, trending atau fitur komunitas lain yang dimiliki Twitter. Lantas, bagaimana cara membangun hubungan antar pemainnya?

Temukan mereka, lalu terhubung dengan mereka.

Ya, langkah kedua adalah menemukan bisnis lain di niche Anda kemudian lakukan interaksi. Misalnya menyukai, memberi komentar atau memposting ulang.

Hal ini akan membuat followers mereka melihat Anda dan followers Anda juga melihat mereka. Pada akhirnya akan terjalin interaksi yang saling menguntungkan.

3. Bangun Keterlibatan dengan Followers

Tips membangun akun Threads untuk bisnis selanjutnya, terlibatlah dengan followers dan non-followers

Tanggapi komentar postingan mereka secara cepat dan berikan respons yang membuat orang ingin berkomentar lagi.

Saat ini semua bisnis masih sama-sama meraba konten apa yang laku di Threads. Selain itu, juga belum ada iklan. Jadi, memancing interaksi adalah yang cara terbaik untuk membangun keterlibatan.

Konten harus difokuskan pada memulai percakapan dan membuat koneksi.

Adam Mosseri, Kepala Instagram

4. Coba Jenis Konten Baru

Jangan takut untuk mencoba gaya konten baru. Meskipun mirip dengan Twitter, bisa jadi Threads akan tumbuh menjadi sesuatu yang unik.

Platform media sosial memang sering mengubah preferensi dan algoritma mereka. 

Cobalah semua jenis postingan, mulai teks, gambar, video, atau tautan. Cari tahu jenis konten mana yang paling sukses menarik perhatian audiens Anda.

5. Lanjutkan Konten yang Berhasil

Terakhir, berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda mungkin akan menemukan jenis konten yang sesuai untuk bisnis Anda di Threads.

Langkah setelahnya adalah membuat strategi Threads untuk bisnis dari uji coba yang berhasil tadi. 

✅ Ketika ada postingan yang mendapatkan respons positif, coba buat konten serupa lagi. 

Intinya, lakukan hal-hal yang telah terbukti efektif untuk membangun dan memperluas brand Anda di Threads.

Bagaimana Potensi Threads untuk Bisnis?

Aplikasi ini masih versi awal dan juga belum stabil. Jadi, mari tunggu saja seberapa cepat mereka update sehingga benar-benar mampu menyaingi Twitter.

Secara khusus, para pelaku bisnis tentu menantikan fitur-fitur yang bisa mendukung strategi pemasaran. Contohnya iklan

Potensi monetisasi Threads pasti sangat bagus. Apalagi, Meta telah memiliki sistem iklan yang terstruktur bernama Meta Business Suite. 

Jadi, platform ini kemungkinan akan jadi kolam yang legit untuk bisnis. 

Mark Zuckerberg mengatakan pihaknya baru akan memonetisasi Threads setelah memiliki 1 miliar pengguna.

threads untuk bisnis

Saat ini platform tersebut sedang terus bertumbuh. Namun, Anda juga tidak boleh gegabah. 

Angka di awal jelas fantastis. Di sisi lain, Twitter sedang berupaya mengambil tindakan hukum terhadap Threads yang diklaim mencuri ide.

Untuk strategi bisnis, permasalahan ini jelas bisa mengganggu fokus dalam membuat perencanaan.

Sebaiknya tunggu dulu selama beberapa minggu atau bulan ke depan sambil melihat apakah dampak awal Threads bertahan lama.

Jika iya, artinya kami pasti akan membahas lebih lanjut mengenai tips dan trik Threads untuk bisnis.

Threads Harus Berinovasi

Kesimpulannya, Threads untuk bisnis cukup potensial. Alasannya, platform ini menawarkan peluang interaksi dengan audiens yang lebih intens. Bagi para pemilik bisnis, lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali.

Threads memang berhasil meraih 70 juta pengguna dalam waktu kurang dari satu pekan. Namun, mereka harus terus berinovasi dan menawarkan nilai tambah bagi pengguna jika ingin mempertahankan pertumbuhan yang masif.