Pentingnya Media Relation Bagi Bisnis dan Lembaga

pentingnya media relation

Apakah sebegitu pentingnya media relation bagi bisnis dan lembaga sehingga belum cukup hanya memiliki divisi public relation (PR)? Kenyataannya di tengah pertumbuhan media digital, keberadaan humas media memang sangat krusial. 

Hal ini sekarang menjadi lebih penting dalam strategi komunikasi organisasi. Pasalnya, interaksi yang terencana dan sistematis antara perusahaan dengan media massa dapat memberi banyak keuntungan.

Penjelasan di bawah ini akan menunjukkan seberapa pentingnya media relation bagi bisnis dan lembaga. 

Pentingnya Media Relation di Organisasi

Bisnis dan lembaga membutuhkan pers untuk publisitas. Inilah yang mendasari hubungan media menjadi fokus yang semakin tak terelakkan. Apa alasan yang membuat hal ini penting?

Meningkatkan Kesadaran Merek

Selain berfungsi memberikan informasi, media juga memiliki kemampuan untuk menciptakan awareness.

Pada saat berita Anda terbit di media nasional lalu audiens menyukainya, pasti akan berdampak sangat positif. 

Mereka yang sebelumnya tidak pernah terlibat secara langsung, selanjutnya dapat berinteraksi dan memberikan umpan balik.

Brand awareness memang tidak tercipta dalam semalam, namun pemberitaan di media terbukti efektif membuat orang-orang lebih aware terhadap organisasi Anda.

Menciptakan Kredibilitas Merek

Bermodalkan kepercayaan, bisnis Anda memiliki potensi yang lebih besar.

Dilansir Forbes, audiens memang lebih mudah dipengaruhi oleh pihak yang mereka percaya.

Contohnya liputan bisnis atau lembaga Anda terbit di laman Kompas.com. Orang-orang akan jadi lebih percaya karena media yang memberitakannya punya otoritas tinggi.

Selain lewat portal berita, media relation juga bisa menghubungkan organisasi dengan influencer, KOL dan lain-lain.

Mengetahui Preferensi Audiens

Kelebihan humas media adalah bisa memilih platform mana yang cocok dengan target organisasinya. Dari sini Anda akan mengetahui preferensi dan pilihan audiens.

Cara kerjanya seperti kolom komentar di media sosial. Cari tahu bagaimana penilaian dan pandangan mereka guna meningkatkan strategi komunikasi ke depannya.

Misalnya produk Anda dipromosikan seorang influencer di media sosialnya. Simak reaksi warganet di kolom komentarnya, barangkali Anda mendapat bahan evaluasi yang berharga dari sana.

Menekan Biaya Promosi

Menurut Zoryana Cherwick (2018), adanya hubungan media di organisasi memungkinkan jangkauan audiens yang besar dengan biaya lebih rendah.

Itulah pentingnya media relation bagi bisnis dan lembaga. Jika punya hubungan yang baik dengan pers, kemungkinan besar mereka juga akan selalu suportif dengan menerbitkan berita-berita positif. 

Di sini terdapat simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak. Media mendapat informasi berharga sementara Anda akan mendapat ekspos jika mereka menerbitkan berita tersebut.

Pada akhirnya, ini akan mengangkat brand awareness dan kredibilitas bisnis atau lembaga.

Siapkan Media Relation Anda

Sebuah organisasi harus menyiapkan diri dengan baik untuk publisitas. Salah satu caranya adalah menjaga hubungan baik dengan media massa, jurnalis, influencer, dan sebagainya.

Tidak ada alasan untuk mengabaikan pentingnya media relation bagi bisnis dan lembaga. Hal ini dapat membuat informasi penting Anda jadi lebih mudah disebarkan, akurat, tepat waktu, dan terpercaya.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

thirteen − 6 =