3 Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional, Pasti Terbit!

Cara mengirim press release ke media tidak sesulit yang dibayangkan. Media justru sangat terbuka menerima kiriman berita Anda di portal mereka.

Kendati demikian, seleksinya sangat ketat demi menjaga kualitas konten yang terbit. Apalagi press release seringkali bersifat promosi sehingga harus ada peninjauan lebih lanjut.

Setidaknya Anda punya tiga cara mengirim press release ke media. Ada yang kemungkinan terbitnya 50:50, ada pula yang 100% pasti terbit. Mau pakai cara yang mana tergantung pilihan Anda.

Cara Mengirim Press Release ke Media Nasional

Media nasional biasanya menjadi pilihan favorit karena jangkauannya luas. Tetapi press release Anda juga bisa dikirim ke media regional untuk penargetan spesifik.

Simak beberapa cara mengirim press release ke media massa berikut ini.

1. Mengirim Press Release ke Media Lewat Email Redaksi

cara mengirim press release

Setiap portal berita pasti menyertakan email redaksi di halaman kontak. Salah satu fungsinya supaya masyarakat umum bisa mengirim berita dan press release secara mandiri.

Ini adalah contoh halaman kontak dari media. Di sana biasanya ada email redaksi yang bisa Anda hubungi.

image

Press release yang Anda kirim ke redaksi media mungkin saja tidak terbaca. Coba ikuti trik di bawah ini supaya email Anda di-notice oleh tim redaksi.

  • Buat subjek email yang unik, singkat dan clickable karena Anda bersaing dengan ratusan email setiap harinya.
  • Buat email yang kesannya lebih personal, misalnya dengan kalimat sapaan, “Salam, mas Danu, semoga sehat selalu ya di masa pandemi seperti ini. Jadi begini…”
  • Sertakan konten press release di badan email dengan susunan yang baik dan benar.

Kelebihan cara ini adalah tidak perlu bayar. Jika tak kunjung berhasil cobalah kirim press release berita lewat jalur orang dalam. 

Maksudnya… minta bantuan wartawan dari media terkait.

2. Minta Bantuan Wartawan untuk Meliput dan Menerbitkan

cara mengirim press release1

Cara termudah adalah dengan melobi wartawannya secara langsung. Barangkali Anda punya saudara atau teman wartawan, coba hubungi mereka.

Jika tidak ada, artinya Anda harus punya koneksi dengan para wartawan terlebih dahulu.

Bergabunglah di grup-grup jurnalis atau wartawan di media sosial dan kehidupan nyata. Kumpulkan kontak mereka, jalin pertamanan dan komunikasi yang baik.

Wartawan setiap hari juga dituntut untuk mendapat berita dan menerbitkannya. Jadi setidaknya Anda juga bisa membantu mereka dengan menyediakan sumber berita.

Kemungkinan terbitnya lebih besar, tetapi dipikir-pikir capek juga ya kalau mau menerbitkan press release di banyak media sekaligus? Apakah ada solusi lain?

3. Jasa Publikasi Media Online

cara mengirim press release2

Jawaban atas kekhawatiran Anda adalah jasa press release untuk publikasi di media online.

Bukan cuma itu, publikasimedia.com & siaranpers.co.id bakal membantu artikel Anda terbit di media nasional. Satu tempat atau banyak, Anda bebas menentukan sendiri.

Apakah bayar? Berhubung Anda mendapat privilege luar biasa, tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan. Harganya mulai dari Rp1.000.000 untuk satu media.

Anda tidak perlu lagi menghubungi redaksi media satu persatu, sebab Agensi press release memiliki akses ke seluruh media nasional.

Keuntungan lain yang Anda dapatkan di antaranya:

  • dibantu membuat konten berkualitas,
  • artikel pasti terbit di media yang Anda inginkan,
  • laporan untuk memantau ekspos.

Cara Menerbitkan Press Release Paling Mudah

Ketiga cara barusan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaannya adalah soal efisiensi waktu dan kepastiannya.

Namun karena press release biasanya punya tenggat waktu, sebaiknya pilih cara mengirim press release ke media yang pasti-pasti saja. Menggunakan jasa publikasi media online adalah pilihan bijak.

Butuh bantuan penerbitan, hubungi marketing kami melalui WA di 👉 082278141497

Tinggalkan komentar