Cara Mengirim Berita ke Media Online, Ada yang Gratis dan Berbayar

Cara mengirim berita ke media online aturannya sudah ditetapkan oleh masing-masing redaksi. Jadi, pada dasarnya tidak sembarang berita bisa terbit.

Kendati demikian, bukan berarti media online bersifat eksklusif. Beberapa portal berita nasional buktinya membuka kanal tersendiri untuk jurnalisme warga.

Tujuannya tidak lain supaya berita yang dimuat cakupannya lebih luas hingga ke pelosok.

Yang sering jadi pertanyaan apakah menerbitkan berita di media online itu gratis atau harus bayar?

Jurnalisme Warga, Opini, Press Release dan Advertorial

cara mengirim berita ke media online1

Ada beberapa macam tulisan yang bisa Anda terbitkan ke media online. Tidak semuanya gratis karena masing-masing artikel punya tujuan yang berbeda.

  • Jurnalisme Warga – ini adalah partisipasi masyarakat untuk menyampaikan berita dari lingkungan mereka.
  • Artikel Opini – semacam esai dari pengalaman pribadi tentang isu-isu umum.
  • Press Release – pengumuman resmi suatu organisasi ke media massa.
  • Advertorial – konten editorial yang bertujuan untuk mempromosikan suatu hal.

Mana yang gratis dan jenis tulisan apa yang perlu bayar?

Untuk mengirim jurnalisme warga dan opini Anda tidak perlu membayar. Bahkan biasanya media terkait akan memberi komisi sesuai kebijakan.

Sementara untuk konten yang sifatnya komersial tentu Anda harus mengeluarkan biaya. Keuntungannya artikel Anda pasti akan terbit.

Cara Mengirim Berita ke Media Online Supaya Diterbitkan

Sebenarnya cara mengirim berita ke media online itu tidaklah sulit. Sayangnya, artikel Anda belum tentu bisa terbit di sana kecuali dengan sedikit ‘trik’.

Mau tahu caranya supaya media online pasti mau menerbitkan berita yang Anda kirim? Simak ulasan berikut ini.

1. Kirim Langsung ke Redaksi Media Online

cara mengirim berita ke media online

Sebagai contoh Liputan6 memiliki kanal Citizen6. Ini adalah wadah bagi masyarakat untuk memberikan informasi yang mereka abadikan kepada publik.

Karya jurnalisme Anda akan diseleksi dulu oleh redaksi. Keuntungannya jika berhasil terbit adalah berita Anda akan dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

Info lengkapnya bisa Anda baca di artikel tentang Citizen6.

Ingin menerbitkan berita di tempat selain Liputan6? 

Biasanya setiap portal media online pasti mencantumkan email redaksi di halaman kontak. Anda hanya perlu menghubungi mereka secara personal.

Ini adalah cara upload berita gratis meskipun artikel Anda belum tentu terbit. Sebagai alternatif, coba cara mengirim berita ke media online yang kedua.

2. ‘Titip’ Menerbitkan Berita Lewat Wartawan

cara mengirim berita ke media online2

Dengan kekuatan orang dalam Anda bisa melewati proses panjang seleksi penerbitan berita. 

Coba manfaatkan jaringan pertemanan Anda terutama yang bekerja sebagai wartawan media online

Setiap harinya mereka pasti harus selalu mendapatkan berita. Jadi, barangkali berita yang mau Anda terbitkan itu membantu pekerjaan si wartawan.

Bagaimana kalau tidak punya koneksi wartawan?

Coba gunakan media sosial seperti LinkedIn, tulis kata kunci “wartawan” dan temukan orang-orang yang mungkin bisa membantu Anda di sana. 

Tetapi jika artikel berita Anda memang tidak sesuai kriteria, jangan merasa kecewa. Masih ada jalan keluar lain yaitu dengan cara berbayar.

3. Rilis Berita Lewat Jasa Publikasi Media Online

cara mengirim berita ke media online3

Kebutuhan rilis berita biasanya jadi mendesak jika itu adalah press release. Pasalnya, Anda harus menerbitkannya di banyak media online sekaligus.

Pasti capek menghubungi satu persatu redaksi media dan wartawan. Kalau mau, langsung saja gunakan jasa publikasi media online.

Di publikasimedia.com berita Anda bisa dirilis di banyak portal sekaligus. Dengan jaringan media nasional, tak perlu khawatir lagi berita tidak terbit.

Konsekuensinya, ini bukanlah layanan gratis. Benefit ini bisa Anda dapatkan dengan biaya yang relatif terjangkau.

Banyak keuntungannya buat Anda terutama untuk sebuah bisnis. Dapatkan ekspos yang luas dan bangun brand Anda menjadi lebih besar.

Jadi, Pilih yang Gratis atau Bayar?

Semua kembali lagi pada tujuan awal Anda. Kalau berita yang mau diterbitkan hanya bersifat informatif, cari tahu cara mengirim berita ke Liputan 6 lewat Citizen6. Bisa juga lewat kolom jurnalisme warga dari media online lain.

Tetapi kalau mau cara mengirim berita ke media online yang pasti terbit apapun bentuknya, hubungi saja publikasimedia.com

2 pemikiran pada “Cara Mengirim Berita ke Media Online, Ada yang Gratis dan Berbayar”

Tinggalkan komentar