Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Loading...

Bagaimana cara mendapatkan centang biru di Instagram? Untuk Anda yang penasaran, artikel ini menyajikan jawabannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, memiliki akun dengan centang biru memang punya keistimewaan sendiri. Akun ini terlihat lebih kredibel daripada dengan akun-akun biasa di Instagram. Oleh karena itu, banyak orang terutama yang berbisnis di dunia Instagram berusaha mendapatkan centang biru.

Lencana centang biru sebenarnya bisa didapatkan oleh siapa pun, baik perorangan maupun akun bisnis. Cara mendapatkan simbol centang biru di Instagram adalah sebagai berikut.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Proses pengajuan centang biru Instagram ada di menu Pengaturan Instagram. Selama akun Anda memenuhi syarat, pengajuan centang biru ini bisa Anda lakukan kapan saja. Berikut adalah tahapan yang harus Anda lakukan jika menginginkan lencana centang biru.

1. Ajukan Melalui Pengaturan Akun di Instagram

Pertama-tama, Anda bisa masuk ke menu pengaturan, lalu pilih akun. Caranya adalah klik simbol titik tiga, kemudian “Pengaturan”, lalu akun.

2. Pilih Menu Minta Verifikasi

Setelah itu, akan ada menu “Minta Verifikasi”. Masuklah ke menu tersebut untuk melakukan langkah awal proses verifikasi akun.

3. Isi Data Diri Lengkap

Anda harus mengisi data diri secara lengkap, seperti nama, kategori akun, dan lain sebagainya. Akun yang bisa mendapatkan verifikasi adalah akun publik, bukan akun dengan setelan privat.

4. Unggah Dokumen Pendukung

Selanjutnya, untuk memastikan bahwa pemilik atau pengelola akun adalah orang yang tepercaya, Anda pun perlu untuk upload kartu identitas (KTP).

Anda mungkin juga perlu mengunggah dokumen pendukung lainnya, seperti dokumen bisnis. Jika akun yang Anda ajukan adalah akun bisnis, Anda perlu menyiapkan dokumen seperti tagihan utilitas atau pengajuan pajak.

Oleh karena itu, siapkan kartu identitas atau dokumen pendukung bisnis pada saat mengajukan verifikasi akun.

5. Klik Kirim dan Tunggu Peninjauan

Setelah memastikan bahwa semuanya telah terisi dengan benar, silakan klik “Kirim”. Instagram akan melakukan peninjauan akun.

Waktu yang Instagram perlukan untuk meninjau akun Anda adalah sekitar satu minggu. Jika pengajuan tidak berhasil, Anda bisa mengajukan verifikasi akun lagi setelah 30 hari.

Video dari AVR Studio

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Adakah kemungkinan gagal ketika mengajukan verifikasi akun? Jawabannya adalah sangat mungkin. Jika akun Anda tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan centang biru, verifikasi pun akan gagal. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja syarat mendapatkan centang biru.

Sebenarnya, tidak banyak syarat mendapatkan centang biru. Berikut adalah 4 syarat utama yang perlu Anda penuhi.

1. Autentik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, autentik memiliki arti ‘asli, tulen; sah; dapat dipercaya’. Untuk kategori akun di Instagram, autentik berarti akun Anda harus benar-benar asli. Asli di sini berarti bukan merupakan akun penjiplak.

Akun asli ini bisa dilihat dari postingan-postingan Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa semua postingan, baik yang ada di feed, reels, atau IG TV adalah benar milik Anda, bukan karya orang lain yang diunggah ulang.

2. Unik

Syarat yang kedua adalah akun Anda harus unik. Unik yang dimaksud di sini adalah berbeda dengan akun Instagram lainnya. Sebagai pribadi, keunikan tersebut memang sudah pasti adanya karena karakteristik Anda tentu berbeda dengan orang-orang lainnya.

Namun sebagai akun merek, Anda juga perlu memastikan ada faktor pembeda, meskipun bergerak di bidang yang sama. Anda tetap harus memiliki ciri khas yang membedakan merek Anda dengan merek yang lain.

3. Tepercaya

Syarat selanjutnya adalah tepercaya. Verifikasi akun tidak akan berhasil jika akun Anda bukanlah akun tepercaya. Syarat ini bisa Anda penuhi ketika mengajukan centang biru. Pastikan Anda mengisi data yang diperlukan dengan benar dan apa adanya.

4. Terkenal

Syarat terakhir dan yang paling utama sebenarnya adalah yang berkaitan dengan popularitas. Akun dengan centang biru bukanlah akun-akun biasa dengan follower yang masih sedikit. Anda perlu membangun popularitas agar pengajuan centang biru disetujui.

Press Release Bisa Menaikkan Popularitas

Selain beberapa cara mendapatkan centang biru di instagram permanen di atas, pihak Instagram juga perlu meninjau akun Anda dari berbagai sumber berita.

Dalam hal ini, Instagram akan memastikan bahwa apakah akun Anda benar-benar terkenal di mata masyarakat atau tidak. Instagram juga mempunyai sistem sendiri untuk mengetahui apakah akun Anda banyak dicari atau tidak.

Penilaian terkait kepopuleran memang sifatnya subjektif. Instagram sendiri pun sebenarnya tidak membagikan kriteria khusus terkait kepopuleran, seperti minimal followers dan lainnya.

Sebagai kiat untuk menyukseskan pengajuan verifikasi centang biru, cobalah untuk meningkatkan followers dan engagement akun. Anda juga bisa memanfaatkan layanan press release untuk menambah kepopuleran akun.

Layanan press release akan membantu memenuhi syarat kepopuleran karena akun pribadi atau merek Anda dirilis di media massa. Tak perlu bingung mencari tempat untuk memuat press release. Anda bisa menggunakan jasa dari Publikasimedia.com.

Kontak Publikasimedia.com > 0822-7814-1497 atau klik link ini > Whatsapp

Untuk memenuhi proses pengajuan centang biru, Anda perlu melengkapi empat syarat di atas, ya, terutama yang berkaitan dengan kepopuleran. Jika salah satu tidak terpenuhi, proses verifikasi akun pun bisa terhambat.

Keuntungan Mendapatkan Centang Biru

Apa saja keuntungan centang biru di Instagram? Sebagai diri pribadi, akun dengan centang biru mengindikasikan bahwa orang tersebut adalah orang terkenal atau public figure. Anda bisa menggunakan akun pribadi tersebut untuk mem-branding diri atau meluaskan peluang usaha.

Jika akun Anda adalah akun bisnis atau perwakilan merek, centang biru juga menjadi penanda bahwa merek Anda adalah tepercaya. Adanya lencana centang biru akan menaikkan kredibilitas dan kepopuleran bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis, terutama di media digital, kredibilitas adalah hal yang utama. Oleh karena itu, wajar jika banyak pebisnis yang menginginkan centang biru untuk akun Instagram mereka. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan jasa centang biru Instagram.

Untuk Anda yang belum mengajukan centang biru, lakukanlah pengajuan centang biru dengan memperhatikan cara mendapatkan centang biru di Instagram ini, ya. Penuhi juga syaratnya agar proses pengajuan lebih mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Satu pemikiran pada “Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram”

Tinggalkan komentar