PROMO Terbatas! Nerbitin Berita untuk Branding di Media Nasional Indonesia Hanya 700 Ribu, Cek Disini

Cara Daftar Shopee Mall, Berikut Kriteria & Persyaratannya

Jasa Press Release Media Nasional

🚀🚀🚀

Garansi terbit 100%, harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Menjadi bagian dari Shopee Mall tentu akan memberikan keuntungan tersendiri.  Jika Anda tertarik memperoleh berbagai keuntungan menjadi bagian dari Shopee Mall, artikel ini akan membahas cara daftar Shopee Mall.

Namun, tidak sembarang toko bisa masuk menjadi bagian Shopee Mall. Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar Shopee Mall, pahami terlebih dahulu kriteria yang harus dipenuhi. Kriterianya meliputi: kriteria toko, persyaratan dokumen, maupun operasional.

Kriteria Menjadi Penjual Shopee Mall

Shopee Mall menjadi toko terpilih dengan pengalaman belanja online yang berbeda. Prinsip yang digunakan berdasarkan kualitas produk/merek dan kualitas toko dalam memberikan layanan operasional.

Adapun kriteria menjadi penjual Shopee Mall meliputi beberapa aspek sebagai berikut: 

Jenis Badan Usaha

Untuk menjadi bagian dari Shopee Mall, pastikan bisnis Anda masuk dalam badan usaha. Misalnya koperasi, distributor, PT, CV, persero, usaha dagang, firma, persekutuan umum, bisnis individual, maupun persekutuan perdata.

Merek Dagang

Saat berjualan di Shopee, pastinya produk Anda memiliki merek atau brand bukan? Produk-produk yang memenuhi kriteria brand sebagai berikut akan bisa mendaftar menjadi penjual Shopee Mall.

Syarat Shopee Mall
Syarat Shopee Mall

Persyaratan Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Bisnis online dari badan usaha selain individual maupun individual memiliki persyaratan dokumen yang berbeda. Perbedaan dokumen dari kedua tipe badan usaha tersebut terdapat pada tabel berikut.

Jenis DokumenBadan Usaha Selain IndividuBadan Usaha Individu
KTP
NPWP
SIUP dan NIB
Sertifikat Postel, BPOM, Depkes
Hak merek dagang (HKI)
Surat resmi distributor (untuk distributor)

Persyaratan Operasional Menjadi Shopee Mall

Untuk menjadi seller Shopee Mall, toko Anda harus memenuhi persyaratan operasional sebagai berikut.

  • Memiliki lebih dari 1 pesanan
  • Toko memiliki lebih dari 25 produk
  • Memiliki persentase chat yang dibalas lebih dari 75%
  • Tingkat keterlambatan pengiriman tidak lebih dari 5%
  • Jumlah produk pre order untuk semua produk tidak lebih dari 20%
  • Tingkat pesanan yang tidak terselesaikan tidak mencapai 5%
  • Tidak pernah terkena poin penalti
  • Mengikuti standar produk dari Shopee Mall

Cara Daftar Shopee Mall

Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat, Anda bisa melanjutkan ke proses pendaftaran Shopee Mall berikutnya. Cara daftar Shopee Mall adalah sebagai berikut.

  1. Mengisi formulir registrasi yang meliputi data diri, nama brand, alamat surel, dan informasi seputar toko
  2. Menunggu pihak Shopee melakukan pengecekan dokumen. Jika lolos, maka Anda akan memperoleh pemberitahuan via telepon dalam kurun waktu maksimal 7 hari setelah pengisian formulir selesai.
  3. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti pelatihan onboarding yang diadakan oleh Shopee.

Biaya Menjadi Seller Shopee Mall

Menjadi seller Shopee Mall tidaklah gratis. Ada sejumlah biaya yang harus Anda bayar, yang meliputi biaya administrasi dan biaya pembayaran.

Biaya Administrasi

Untuk menjadi seller Shopee Mall, penjual perlu membayar sejumlah biaya administrasi. Biaya ini dihitung berdasarkan total pesanan yang selesai. 

Per 19 Agustus 2019, biaya administrasi seller Shopee Mall untuk setiap produk yang terjual yaitu antara 5%, 3%, atau bisa jadi hanya 1%. 

Perbedaan persentase biaya disebabkan karena ada perbedaan sub kategori untuk masing-masing produk. Anda dapat melihat secara detail besarnya biaya admin untuk setiap kategori di sini.

Sebagai informasi, biaya administrasi ini tidak berlaku untuk ongkir, voucher diskon atau diskon produk dari seller. Biayanya akan secara otomatis terpotong melalui sistem Shopee saat penjual menerima dana pembayaran.

Biaya Pembayaran

Biaya pembayaran untuk seller Shopee Mall perlu Anda bayarkan setelah jumlah pesanan selesai. Per 1 April 2021, besarnya biaya pembayaran untuk semua produk yang terjual adalah 1,5%. Persentase biayanya ini sama untuk semua kategori.

Untuk ilustrasi perhitungan biaya pembayaran dapat Anda lihat pada gambar berikut.

Sama dengan biaya administrasi, biaya pembayaran tidak berlaku untuk ongkir, voucher diskon, atau diskon produk yang Anda berikan. Biayanya secara otomatis akan terpotong melalui sistem Shopee saat penjual menerima dana pembayaran.

Sudah Siapkah Anda Menjadi bagian dari Shopee Mall?

Itulah tadi penjelasan mengenai cara daftar Shopee Mall lengkap dengan kriteria yang harus Anda penuhi. Tentu saja menjadi bagian dari Shopee Mall tidak bisa sembarangan. Salah satu syaratnya adalah merek dagang Anda harus terkenal dan populer.

Jika Anda ingin membuat merek produk Anda semakin terkenal dan populer, Anda bisa menggunakan press release. Namun, pembuatan press release juga tidak bisa sembarangan. Sebab jika tidak sesuai, justru tujuan pembuatannya tidak akan tercapai.

Anda bisa menggunakan jasa dari Publikasi Media untuk membuat press release yang berkualitas. Kami siap membantu Anda untuk verifikasi Shopee mall dengan lebih cepat.

Biarkan Publikasi Media yang mengatur press release produk Anda dan Anda bisa fokus pada penjualan dan juga pemasarannya. Sudah puluhan klien yang berhasil verifikasi Shopee Mall dengan bantuan Publikasi Media.Bagaimana? Apakah Anda siap menjadi bagian dari Shopee Mall? Ikuti langkah-langkah cara daftar Shopee Mall jika Anda sudah siap mendapat banyak keuntungan dari sana.

Kontak Publikasimedia.com > 0822-7814-1497 atau klik link ini > Whatsapp

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

8 − 8 =