Apa Itu Press Conference dan Mengapa Perlu Melakukannya?

Press conference atau konferensi pers adalah salah satu alat komunikasi media yang digunakan oleh public relations. Tujuannya untuk mengumumkan kepada publik melalui media tentang suatu berita penting.

Dalam konferensi pers Anda bisa menyampaikan informasi langsung kepada para wartawan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, acara ini dapat dilaksanakan tanpa harus bertatap muka.

Lebih lengkapnya, berikut definisi press conference dan mengapa perusahaan atau individu perlu melakukannya.

Apa Itu Press Conference?

Jika Anda sudah tahu apa itu press release, maka konferensi pers adalah bentuk lainnya.

Konferensi pers adalah suatu acara yang diadakan untuk menyampaikan informasi serta menjawab pertanyaan dari media. Alih-alih cuma memberi pengumuman tertulis, narasumber juga terbuka terhadap keingintahuan publik.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan perusahaan/organisasi atau individu, penghubung pers dan wartawan. Di masa pandemi covid-19, konferensi pers juga dilakukan secara virtual.

Sebelumnya pihak perusahaan atau individu akan mengeluarkan press release terlebih dahulu. Setelah itu baru dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para wartawan. 

Press conference akan digelar untuk mengumumkan beberapa berita penting seperti:

  • peluncuran produk terbaru,
  • persiapan menjelang pergelaran suatu acara,
  • klarifikasi berita miring,
  • pengumuman berita penting,
  • menyampaikan kinerja perusahaan/organisasi, dll.

Mengapa Press Conference Perlu Dilakukan?

Anda mungkin tidak punya waktu untuk menjawab semua pertanyaan media secara individu. 

Contohnya public figure dicegat di suatu tempat oleh media untuk dimintai klarifikasi. Sering terjadi juga setelah mengeluarkan press release, perusahaan harus menjawab berbagai pertanyaan media lewat telepon.

Itulah mengapa konferensi pers perlu dilakukan. Fungsinya untuk menjelaskan semua hal yang belum jelas. 

Alasan lain mengapa konferensi pers dilakukan adalah karena cara ini dapat menarik perhatian publik. Seringkali televisi atau media streaming menyiarkan acara semacam ini secara eksklusif. 

Dengan begitu penonton umum juga bisa turut menyaksikan jalannya acara. Singkatnya, konferensi pers membantu perusahaan atau individu menjangkau publik lebih luas.

Siapa Saja yang Melakukan Press Conference?

Tentu tidak semua orang bisa mengundang wartawan untuk menghadiri press conference. Ketika topik acara tersebut dianggap tidak penting, maka undangan Anda akan menguap begitu saja.

Oleh karena itu konferensi pers biasanya cuma dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Contohnya lembaga pemerintahan, politikus, rumah produksi film, selebritis, klub olahraga, dan lain-lain.

Intinya, siapa saja yang punya kepentingan untuk mendapat atensi media membutuhkan konferensi pers. 

Di Mana Press Conference Digelar?

Banyak pilihan tempat, baik di gedung milik sendiri atau menyewa ruangan khusus.

Namun pada dasarnya, yang terpenting tempat tersebut harus memenuhi kriteria ruang konferensi. Harus ada mikrofon dan loudspeaker, kursi peserta, serta alat pendukung lainnya.

Perusahaan besar umumnya memiliki ruang khusus untuk menggelar konferensi pers. Selain itu hotel-hotel yang memiliki ruang konferensi juga sering menjadi opsi.

Belakangan konferensi pers bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Penyelenggara membuat ruang virtual, lalu pihak yang berkepentingan terhubung secara online melalui aplikasi teleconference.

Contoh Press Conference

Supaya dapat gambaran lebih jelas mengenai konferensi pers, bagaimana suasana dan tata cara pelaksanaannya, simak contoh-contoh berikut ini.

Konferensi Pers Pemerintah Terkait PPKM (Virtual)

Konferensi Pers Lionel Messi (Langsung)

Konferensi Pers Selebritis Syahrini (Langsung)

Pertimbangan Sebelum Menggelar Press Conference

Sebelum menggelar konferensi pers, pihak perusahaan/organisasi atau perwakilan individu harus mempertimbangkan beberapa poin berikut ini:

1. Press Release

Press release adalah bagian dari konferensi pers. Jadi, sebaiknya buat rilis sebaik mungkin. Singkat saja dan langsung pada intinya. Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan artikel release.

2. Lokasi Acara

Penting untuk memilih tempat yang tepat. Ruangan harus dapat mengakomodasi jumlah wartawan dan narasumber. Terkadang ini juga bisa digelar langsung di lapangan, misalnya saat peluncuran toko baru.

3. Para Undangan

Pertimbangkan siapa dan seberapa banyak yang perlu diundang. Biasanya perusahaan sudah punya daftar media yang sering menerima press release. Usahakan mengundang secara resmi atau gunakan jasa pihak ketiga.

Follow Up Setelah Press Conference

Konferensi pers adalah cara yang efektif untuk mendapat liputan media lebih luas. Jadi, setelah acara selesai pastikan semua media mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Bila perlu follow up para wartawan yang tidak hadir. Hubungi mereka dan kirim rekaman acara press conference. Dengan harapan berita Anda bisa terbit di lebih banyak media.

Tinggalkan komentar

Join Afiliasi Publikasimedia.com

Komisi Hingga Rp5.000.000

Program afiliasi iklan media nasional Indonesia dengan komisi hingga Rp5.000.000, daftar gratis sekarang!