Key Opinion Leader adalah Kunci Mendapat Audiens Ideal

key opinion leader adalah

Menggunakan key opinion leader adalah strategi marketing jitu yang semakin ramai digunakan belakangan ini. Digitalisasi, secara tidak langsung menjadi alasan mengapa praktik ini kian populer.

Apakah Anda pernah membeli suatu produk setelah membaca artikel di blog? Atau pernahkah Anda mencoblos partai politik karena kampanye sosok tertentu?

Seperti itulah gambaran KOL. Fokusnya memang untuk memengaruhi preferensi audiens. 

Sepenting apa strategi ini dalam pemasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Key Opinion Leader

Key opinion leader adalah seseorang atau kelompok yang punya posisi sosial kuat sehingga orang mau mendengarkan pendapatnya. Mereka biasanya berasal dari kalangan selebritas, politikus atau sosok terkenal di suatu bidang.

Terkenal di sini bukan sekadar populer, namun KOL haruslah benar-benar seorang ahli. Faktor inilah yang membedakan KOL dengan influencer di media sosial.

Perbedaan KOL dan Influencer

Istilah influencer semakin familier dalam beberapa tahun terakhir. Sementara KOL sudah dikenal jauh lebih lama dari itu, bahkan sebelum memasuki era digital.

Influencer adalah individu yang punya kemampuan memengaruhi orang lain. Secara khusus targetnya adalah pengikut mereka di media sosial. Itulah kenapa kredibilitas influencer sangat bergantung pada persona dan kontennya.

KOL bukan sekadar memengaruhi dan tidak harus punya banyak pengikut. Tetapi key opinion leader adalah adalah ahli yang opininya dapat dipertanggungjawabkan berkat pencapaian dan pengetahuan.

Contoh KOLContoh Influencer
DokterSelebritas
PenelitiBlogger
PolitisiVlogger
AkademisiSelebgram

Singkatnya, setiap KOL pasti bisa menjadi influencer, tetapi influencer belum tentu setara dengan key opinion leader

Mengapa Key Opinion Leader Penting?

Generasi milenial 115% lebih mudah terpengaruh dengan informasi dari mulut ke mulut daripada iklan tradisional. Opini KOL adalah valid sehingga audiens biasanya tidak ragu untuk menyebarkannya dari mulut ke mulut.

Talktriggers.com

Hubspot menyebutkan tiga alasan utama mengapa KOL sangat penting dalam strategi pemasaran.

1. Menargetkan Audiens yang Tepat

Pengikut KOL umumnya kelompok yang homogen, jadi Anda akan mendapatkan audiens spesifik dan sesuai ceruk pasar bisnis. Contohnya Anda punya produk sepatu olahraga, maka KOL yang tepat adalah dari kalangan atlet profesional.

2. Meningkatkan Jangkauan Merek

Selain mendapatkan audiens tertarget, Anda juga akan mendapat engagement berkualitas. Maksudnya, mereka melakukan interaksi karena benar-benar tertarik. Inilah keuntungan KOL daripada menggunakan kampanye iklan biasa.

3. Menghasilkan Penjualan Lebih Tinggi

Jangkauan merek meningkat, maka semakin banyak orang yang mengenal merek Anda. Kesadaran merek yang lebih kuat dari sebelumnya membuat produk Anda akan berada di top-of-mind. Pada akhirnya, penjualan juga pasti akan meningkat.

Temukan KOL untuk Bisnis Anda

Sekarang Anda tahu key opinion leader adalah strategi jitu dalam pemasaran. Untuk mendapatkan KOL yang tepat, silakan riset terlebih dahulu di berbagai platform.

Setelah menemukan sosoknya, sebarkan informasi tersebut kepada khalayak. Salah satunya bisa dengan menerbitkan press release di media nasional. 

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

17 + 11 =