11 Keuntungan Hidup Sederhana dalam Kehidupan Anda

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Definisi sederhana bagi tiap-tiap orang mungkin berbeda. Namun, pada akhirnya semua orang bisa merasakan keuntungan hidup sederhana yang sama.

Kehidupan sederhana secara garis besar adalah gaya hidup yang berfokus pada hal-hal terpenting dan diperlukan. Konsep ini lebih luas dari minimalism.

Di zaman sekarang memang sulit untuk membiasakan hidup sederhana. Apabila Anda mampu melakukannya, maka banyak keuntungan yang bisa didapat.

Pada artikel ini kami akan membahas:

  • Keuntungan hidup sederhana secara umum.
  • Dampak hidup sederhana untuk kesehatan.
  • Manfaat dari sisi finansial.
  • Dan masih banyak lainnya.

Apa saja poin penting dari hidup sederhana? Simak ulasan lengkapnya.

Apa Keuntungan Hidup Sederhana?

Menjadi sederhana itu menyenangkan dan baik untuk Anda. Berikut keuntungan hidup sederhana dari berbagai aspek:

1. Memberi Banyak Waktu untuk Produktif

Hidup sederhana membuat Anda bisa fokus pada keperluan esensial yang penting untuk diselesaikan. Tidak banyak janji untuk kongko atau mengurus hal-hal tidak penting.

Anda pun akan punya lebih banyak waktu luang untuk produktif sesuai bidang yang Anda sukai. Sebagai contoh Anda hobi melukis. Dengan hidup sederhana, setelah pulang kerja Anda punya waktu untuk menyelesaikan lukisan. 

⌚ Waktu dan ruang berkreasi inilah yang amat bermanfaat untuk memulihkan mental dan fisik yang lelah.

2. Meningkatkan Fokus Saat Bekerja

Keuntungan hidup sederhana selanjutnya yaitu meningkatkan fokus. Alasannya, kehidupan sederhana mendorong Anda menggunakan lebih sedikit barang sehingga minim gangguan. 

Misalnya selama ini Anda merasa bekerja sambil mendengarkan musik itu menyenangkan. Faktanya, itu hanya berlaku bagi sebagian orang.

Untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi, musik malah dapat mengalihkan perhatian. Coba hilangkan gangguan tersebut dan rasakan perbedaannya.[1]

👍 Agar Anda bisa produktif Anda butuh fokus, dan agar Anda bisa fokus Anda harus menyingkirkan sebanyak mungkin gangguan.

3. Terbiasa dengan Makanan Sehat

Gaya hidup eksesif membuat makanan Anda kurang terkontrol. Anda pasti lebih sering makan makanan tidak sehat, yang mana sudah lazim bagi orang sibuk. 

Salah satu manfaat hidup sederhana lainnya yaitu membuat Anda terbiasa dengan makanan sehat. Cara paling mudah dengan membawa bekal dari rumah.

Anda bisa mengontrol rasa dan bahan makanannya. Dan lagi tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk makan di luar.

Hidup sederhana membuat Anda punya banyak waktu. Jika punya banyak waktu Anda bisa melakukan mindful eating.[2] Semua punya benang merah.

Baca Juga: Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

4. Mencegah Tingkat Stres Kronis

Bagi pekerja dan pelajar yang hari-harinya dipenuhi deadline, manfaat terbesar hidup sederhana adalah mengurangi stres. Ini benar-benar bermanfaat menghindari kondisi stres kronis.

Stres punya dampak sangat buruk bagi kesehatan, mulai kurang tidur sampai masalah jantung. Kalau hidup sederhana bisa mengatasi semua itu, mengapa tidak melakukannya?

Gaya hidup sederhana menghindarkan Anda dari obsesi yang berlebihan. Tidak ada beban sehingga pikiran pun jadi lebih tenang.

5. Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Philips AS dalam peringatan Hari Tidur Sedunia merilis laporan tentang kualitas tidur. Ternyata ada lebih dari 1 juta orang di dunia mengalami masalah sulit tidur.[3]

Para pakar menyarankan hidup sederhana khususnya lebih bijak dalam penggunaan teknologi. Sebisa mungkin tinggalkan layar gadget 30 menit sebelum tidur.

Kondisi tersebut akan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk aktivitas tidur malam lebih berkualitas. Ini benar-benar akan berpengaruh pada produktivitas dan hubungan.

6. Mempererat Hubungan

Keuntungan hidup sederhana keenam yaitu Anda lebih mengutamakan kualitas dan pengalaman.

Daripada disibukkan dengan kegiatan di luar, orang yang hidup sederhana cenderung memilih menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Dari sinilah hubungan semakin erat dan membentuk banyak kenangan berkualitas. Hal semacam ini tidak bisa Anda dapatkan jika hanya fokus pada harta benda.

Amitai Etzioli dalam jurnalnya mengatakan bahwa lebih sedikit barang berarti lebih sedikit pula waktu untuk mengelolanya.[4] Artinya, tersedia waktu lebih banyak untuk bercengkrama dengan keluarga dan teman.

✅ Kesederhanaan membatasi Anda memiliki sesuatu secara berlebihan yang bisa menciptakan “tembok” dalam hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

7. Memuaskan Diri Secara Realistis

Sederhana adalah tidak merasa cemas ketika mengetahui iPhone terbaru sudah dirilis sementara Anda masih menggunakan versi lama.

Banyak orang banting tulang demi membeli barang yang konon membahagiakan mereka. Apakah itu benar-benar memberi kebahagiaan sejati? Belum tentu.

Justru seringkali hanya menambah tingkat stres dan mungkin jumlah cicilan. Percayalah, siklus ini tidak ada akhirnya. Keinginan Anda akan semakin tidak terkendali.

Keuntungan hidup sederhana dalam konteks ini adalah meningkatkan rasa syukur atas apa yang telah dimiliki. Memuaskan diri secara realistis dan tidak selalu mengejar standar tinggi yang dibuat sendiri.

8. Meresapi Pengalaman Lebih Mendalam

Pernahkah Anda pergi ke pertandingan badminton tetapi hanya fokus merekam dengan HP? Sensasinya jauh berbeda jika Anda menikmati pertandingannya tanpa terhalang layar.

Analogi tersebut sangat cocok untuk menggambarkan seperti apa hidup sederhana. Menjalani hidup sederhana membuat Anda bisa meresapi momen-momen tertentu lebih mendalam.

Kehidupan rasanya jadi semakin berarti. Anda akan merasa sangat bersyukur dan lebih intim dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga: Cara Menjadi Atlet Badminton Profesional

9. Menguasai Apa Itu Decluttering

Decluttering adalah cara merapikan ruangan dengan menyortir barang-barang berserakan supaya terlihat lebih lega.

Ruangan yang rapi mengurangi stres. Jika tidak stres tidur Anda lebih nyenyak dan badan bugar. Decluttering memberi efek positif bertubi-tubi untuk Anda.

Dengan hidup sederhana, keterampilan decluttering Anda pasti semakin terasah. Ini tentang memutuskan barang mana yang penting dan tidak.

Beberapa manfaat decluttering antara lain:

  • Menghemat pengeluaran untuk membeli barang.
  • Mengurangi tingkat stres kronis.
  • Menghemat waktu saat membersihkan ruangan,
  • Lebih mudah mengatur dan mengelola barang.
  • Lebih sedikit gangguan yang bisa memecah fokus.

10. Keuntungan Hidup Sederhana dari Sisi Finansial

Seperti disebutkan tadi bahwa decluttering bisa membuat Anda hemat uang. Jadi, dari sisi finansial keuntungan hidup sederhana jelas nyata adanya.

Hidup sederhana menekan pembelian impulsif karena Anda tidak lagi membeli barang-barang yang sudah dimiliki. Dengan begitu Anda bisa lebih hemat uang.

Bagi pelajar yang ingin menabung, maka terapkanlah gaya hidup sederhana. Pelajari juga panduan Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan.

💸 Hiduplah sesuai kemampuan supaya tidak mengalami tekanan finansial. Berhenti membeli barang hanya untuk mengesankan orang lain.

11. Membantu Menjaga Kelestarian Lingkungan

Gaya hidup sederhana memberi dampak positif yang berkelanjutan di segala aspek kehidupan termasuk lingkungan.

Bayangkan, dengan hanya membeli barang yang dibutuhkan, Anda sudah turut mengurangi jumlah limbah.

Bahkan beberapa orang yang hidup sederhana memilih swasembada. Artinya mereka menanam sendiri dan memanfaat bahan-bahan organik dalam kehidupannya.

Ingat bahwa setiap yang Anda lakukan akan memiliki dampak pada lingkungan. Hidup sederhana setidaknya bisa meminimalkan dampak buruk.

Cara Memulai Hidup Sederhana

Hidup sederhana tidak semata-mata tentang menghemat uang. Ini adalah konsep menyederhanakan aspek kehidupan yang berantakan dalam hidup Anda untuk meningkatkan kualitas hidup.

Jadi, hal yang harus Anda lakukan pertama untuk hidup sederhana yaitu mencari tahu hal apa yang ingin Anda sederhanakan. Mungkin dari segi jadwal sehari-hari atau finansial. 

Penutup

Di antara banyak keuntungan hidup sederhana, semuanya punya benang merah. Pandangan orang tentang sederhana boleh berbeda, tetapi itu akan tersamarkan dengan mendapat keuntungan yang sama. Hidup sederhana membuat Anda semakin bersyukur, tenang dan bahagia.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

twenty + eight =

Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.