Rekomendasi Laptop untuk Pelajar SMA RAM 4GB Harga 2-4 Juta

rekomendasi laptop untuk pelajar

Memilih laptop untuk kebutuhan anak SMA itu harus seperti apa? Sederhananya, tidak perlu spesifikasi tinggi. Yang penting bisa untuk Microsoft Office, browsing dan hiburan. Seperti beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar SMA di bawah ini.

Meskipun Anda tahu belakangan harga laptop semakin mahal, namun bukan berarti tidak ada pilihan yang murah.[1] Jika Anda ragu membeli laptop bekas, maka kami sarankan memilih salah satu dari rekomendasi ini.

Produk yang akan kami bahas meliputi:

  • Laptop untuk pelajar harga 2 jutaan.
  • Rekomendasi Chromebook harga murah.
  • Bundling laptop bonus Office orisinal.
  • Dan masih banyak lagi. 

Salah satu poin di atas mungkin ada yang masuk dalam wishlist Anda. Untuk itu langsung saja simak ulasan lebih lengkapnya.

Rekomendasi Laptop yang Bagus untuk Pelajar SMA

Dengan budget di bawah Rp5 juta bisa dapat laptop apa? Beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar berikut ini layak dipertimbangkan:

1. ASUS X441M

rekomendasi laptop untuk pelajar

Spesifikasi: 

  • Intel N4000
  • 4GB DDR4/1TB HDD
  • 14 Inch

Banyak yang menyebut seri ASUS X441 sebagai laptop sejuta umat. Pasalnya, selain memang murah, komponen penggantinya juga mudah ditemukan.

Tipe yang kami rekomendasikan adalah X441M. Dengan harga cuma Rp3,8 juta, apakah bagus untuk pelajar SMA? Kami akan bahas singkat saja.

Dari sisi prosesor X441M menggunakan Intel N4000. Prosesor ini didesain khusus untuk laptop dan mini PC, kira-kira setara Core i3 generasi ketujuh.[2]

Bahkan ASUS juga sudah menggunakan RAM DDR4. Jadi, dari performanya jelas lebih kencang daripada laptop DDR3.

Sayangnya, penyimpanan bawaan masih HDD. Jika ingin lebih optimal, kami menyarankan mengganti HDD dengan SSD.

Secara keseluruhan sangat cocok untuk pelajar SMA.

Baca Juga: Laptop Bisnis Terbaik

2. HP Chromebook 11 G8

rekomendasi laptop untuk pelajar

Spesifikasi: 

  • Intel Celeron N4020
  • 4GB/32GB + EMMC EKST
  • 11.6 inch HD

Rekomendasi laptop untuk pelajar SMA selanjutnya, HP Chromebook 11 G8.

Jangan melihat Chromebook dari spesifikasinya yang pas-pasan, sebab ini sudah cukup untuk memberikan performa terbaiknya.

Kami memilih HP 11 G8 karena harganya miring. Lebih dari itu sebenarnya spesifikasi Chromebook identik satu sama lain.

Misalnya, rata-rata Chromebook menggunakan prosesor Intel Celeron N4020. Faktanya, ini adalah prosesor Chromebook terbaik saat ini.[3]

Di satu sisi HP 11 G8 juga memiliki beberapa fitur keunggulan, antara lain bodinya yang sudah military grade dan keyboard tahan air.

Dengan tampilan yang ringkas (cuma 11 inch) dan spesifikasi minimalis, HP 11 G8 dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelajar.

3. Axioo Slimbook 11G

rekomendasi laptop untuk pelajar

Spesifikasi:

  • Intel Celeron N4020
  • 4GB DDR4/128GB SSD
  • 11.6 inch HD IPS

Sudah pakai SSD dan harganya di rentang 3 jutaan kecil. Menurut kami Axioo Slimbook 11G worth it sebagai laptop edukasi.

Lagi-lagi, Intel Celeron N4020 tidak bisa diremehkan. Buktinya prosesor tersebut bisa membuat Slimbook 11G ini punya performa yang bagus.

Di samping kecepatannya terdongkrak oleh SSD, RAM-nya pun ternyata sudah DDR4. 

Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa menjalankan aplikasi-aplikasi esensial maupun multitasking dengan nyaman dan lancar.

Ditambah daya baterainya juga mampu bertahan antara 4-5 jam.[4]

4. HP 14s-dq0508TU

Spesifikasi:

  • Intel Celeron N4120
  • 4GB DDR4/256GB SSD
  • Intel UHD Graphics 600
  • 14 inch HD

Laptop untuk pelajar yang keempat berasal dari HP lagi. Setelah tadi Chromebook, kali ini laptop murah dengan tipe 14s-dq0508TU.

Laptop ini memiliki desain tipis dan ringan karena HP ingin menonjolkan portabilitasnya. Tidak akan berat di bawa ke mana-mana dan daya tahan baterainya cukup awet.

Selain itu, tampilannya memang terkesan mewah dan elegan. Plus dilengkapi backlit keyboard. Siapa sangka laptop harga 4 jutaan bisa semenarik ini.

Kabar baiknya lagi, HP 14s-dq0508TU juga upgradable untuk RAM-nya. Sedangkan untuk penyimpanan harus mengganti SSD M2 NVMe bawaannya.

Terakhir, ada bonus berupa Microsoft Office Home Student 2019 asli.

5. Zyrex Sky 232 Mini (64) II

Spesifikasi:

  • Intel Celeron N4020
  • 4GB DDR4/256GB SSD + 64GB eMMC
  • 11.6 inch FHD IPS

Kembali ke laptop 2 jutaan, kami merekomendasikan salah satu produk andalan Zyrex untuk kebutuhan sekolah, yaitu Sky 232 Mini (64) II.

Berhubung Zyrex adalah produsen Indonesia, jadi wajar kalau harga laptop ini sangat terjangkau.[5]

Untuk performanya sangat basic, tetapi pasti dapat mengakomodasi semua kebutuhan sekolah Anda. Bisa juga untuk belajar desain dengan Photoshop atau CorelDRAW. 

Hal yang unik dari Sky 232 Mini (64) II adalah terdapat built in 64GB eMMC untuk menampung sistem. Namun itu cuma tambahan karena penyimpanan utamanya sudah menggunakan SSD M.2 NVMe 256GB.

Beberapa kekurangannya mungkin dari sisi RAM yang tidak upgradable dan resolusi webcam-nya cuma 0.3MP.

Penutup

Dari daftar rekomendasi laptop untuk pelajar di atas, apakah ada sudah sreg? Jika fokusnya pada harga, kami rasa seharusnya ada yang cocok. Pasalnya, di pasaran lebih banyak laptop belajar yang harganya gila-gilaan.

Paling tidak rekomendasi kami dapat menjadi patokan Anda ketika mencari laptop untuk pelajar. Semoga bermanfaat!

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

one × 4 =