7 Rekomendasi Laptop ASUS VivoBook Terbaik, Mulai 6 Jutaan

rekomendasi laptop asus

Jika Anda bertanya rekomendasi laptop ASUS terbaik untuk kebutuhan sehari-hari, jawabannya adalah VivoBook. Seri laptop ini serbaguna dan harganya masih relatif terjangkau.

Dari sisi spesifikasi memang tidak sebagus ZenBook, namun tetap sangat layak dimiliki sebagai laptop harian. Rentang variannya luas, mulai kategori mid-end hingga premium. Dengan begitu, Anda punya lebih banyak pilihan.[1]

Sebagai referensi, kami akan merekomendasikan:

  • Laptop ASUS untuk pelajar dan mahasiswa.
  • Laptop bisnis terbaik ASUS dari seri VivoBook.
  • Dan masih banyak lagi.

Jadi, laptop ASUS yang bagus tipe apa? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Rekomendasi Laptop ASUS VivoBook Spesifikasi Bagus

Dengan harga kisaran 6 jutaan, di bawah ini beberapa rekomendasi laptop ASUS VivoBook terbaik untuk Anda:

1. ASUS VivoBook 14 M415DA

rekomendasi laptop asus

Spesifikasi:

  • AMD Ryzen 3 3250U
  • 8GB RAM/512GB SSD
  • AMD Radeon VEGA-3
  • 14.0 inch FHD IPS

Bagi Anda yang butuh rekomendasi laptop ASUS 6 jutaan, pilihan terbaik jatuh pada VivoBook 14 M415DA. Dengan harga pasar yang awalnya 7 jutaan, ASUS menyuguhkan laptop dengan prosesor kencang untuk kebutuhan sehari-hari.

Meskipun jeroannya sudah cukup oke, tetapi VivoBook 14 M415DA juga upgradable. Masih tersedia satu slot RAM dan penyimpanan (SATA) untuk membuat performanya semakin mantap.

Cocok untuk laptop kuliah terutama ketika harus mengerjakan tugas dengan aplikasi berat. Secara keseluruhan, laptop keluaran 2021 ini adalah investasi jangka panjang yang patut Anda pertimbangkan. 

Baca Juga: Laptop Bisnis Terbaik

2. ASUS VivoBook A409JA

rekomendasi laptop asus

Spesifikasi: 

  • Intel Core i3-1005G1
  • 8GB/512GB SSD
  • Intel HD Graphics
  • 14.0 inch FHD IPS, Anti-glare

Selanjutnya, kami merekomendasikan laptop dengan prosesor Intel Core i3 generasi kesepuluh, VivoBook A409JA.

Spesifikasi laptop ini nyaris sama dengan M415DA. Perbedaannya cuma pada prosesor dan kartu grafis. Apakah i3-1005G1 lebih baik daripada Ryzen 3?

Dari segi kecepatan memang tidak terlalu unggul. Tentunya ini mengecewakan banyak pengguna. Untungnya, Intel Core i3-1005G1 punya skor benchmark lebih tinggi.[2]

Kelebihan lainnya yaitu dari sisi kualitas layar. A409JA sudah mengusung layar IPS dengan anti-glare sehingga dapat mengurangi pantulan cahaya.

Untuk pelajar, Anda bisa mendapatkan varian lebih murah di kisaran 5 jutaan dengan RAM 4GB dan SSD 256GB.

3. ASUS VivoBook F415EA

Spesifikasi:

  • Intel Core i5-1135G7
  • Intel Iris Xe
  • 8GB/512GB SSD
  • 14 inch FHD 60 Hz IPS

Dengan menambah budget 1 jutaan, Anda mendapatkan tipe VivoBook dengan prosesor lebih tinggi. Ya, di VivoBook F415EA ini Anda mendapatkan Intel Core i5 generasi kesebelas. 

Jadi, selain lancar untuk pemakaian standar, laptop ini sangat bisa menjalankan aplikasi editing seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Premier, dll.

Salah satu yang membuat harganya mahal juga karena terdapat fitur keamanan pemindai sidik jari di sana. Letaknya berada di bagian sudut kanan touchpad.

Menurut kami spesifikasinya sangat memenuhi syarat untuk laptop bisnis yang mumpuni.

4. ASUS VivoBook Ultra 15 K513EA

rekomendasi laptop asus

Spesifikasi:

  • Intel Core i3-1115G4
  • Intel UHD Graphics
  • 15.6-inch FHD OLED
  • 8GB/512GB SSD

Di harga 9 jutaan kecil ada pilihan VivoBook Ultra 15 K513EA. Laptop ini sudah memiliki layar OLED seluas 15.6 inch. ASUS sendiri mengklaim bahwa layar OLED memang akan menjadi tren laptop terbaru mereka di tahun 2022.[3]

Ngomong-ngomong, siapa yang sekiranya cocok pakai laptop dengan layar besar? Kemungkinan karyawan atau mahasiswa.

Alasannya, layar yang luas lebih cocok untuk multitasking. Anda bisa membuka banyak jendela sekaligus guna meningkatkan produktivitas. Gaming dan multimedia pun pasti jadi lebih seru.

Kendati demikian, faktor ini ternyata tidak terlalu memengaruhi beratnya. Justru ukurannya yang besar membuat opsi upgrade Ultra 15 K513EA lebih besar pula.

5. ASUS VivoBook 15 M513UA

rekomendasi laptop asus

Spesifikasi:

  • AMD Ryzen 7 5700U
  • AMD Radeon Graphics
  • 8GB/512GB SSD
  • 15.6 inch FHD OLED

Untuk kategori laptop kerja profesional, ini adalah pilihan terlengkap. Laptop layar OLED yang biasanya mahal kini bisa Anda dapatkan cuma 10 jutaan.

ASUS juga tak tanggung-tanggung dalam pemilihan prosesor. Di laptop VivoBook 15 M5136UA ini mereka menggunakan AMD Ryzen 7 5700U. Wow!

Dengan prosesor ini, rendering di aplikasi Adobe Premiere maupun Blender semakin ngebut.[4]

Dan lagi, seri “U” pada prosesor AMD juga sudah support untuk gaming. Jadi, Anda tidak perlu beli laptop gaming yang mahal-mahal.

Sebagai tesnya, dengan RAM 8GB Anda bisa menjalankan Valorant di 50 FPS. Sementara jika meng-upgrade RAM ke 16GB Anda bisa mendapatkan 90 FPS.

Sumber: YouTube DK ID

6. ASUS VivoBook Flip TP412FA VIPS551

Spesifikasi:

  • Intel Core i5-10210U
  • 8GB/512GB SSD
  • Intel UHD Graphics 620
  • 14 inch FHD Layar sentuh

Rekomendasi laptop ASUS yang keenam, VivoBook Flip TP412FA VIPS551. Ini adalah laptop 2in1 yang bisa juga menjadi tablet. Dengan kata lain sudah support layar sentuh dan engsel fleksibel untuk memutar layar 360°. 

Desainnya ringkas, minimalis dan elegan. Bezel layarnya juga lumayan tipis seperti kebanyakan laptop premium terbaru.

Sayangnya, Anda tidak bisa menambah penyimpanan kedua dengan HDD atau SSD SATA sebab ASUS tidak menyediakan slotnya.

Grafisnya sendiri juga cuma menggunakan Grafis UHD Graphics 620. Karenanya, untuk aktivitas gaming tidak terlalu optimal.

Pertanyaannya, kenapa TP412FA VIPS551 mahal dan banyak dicari? Tampaknya ASUS benar-benar menonjolkan desain premium alih-alih memberikan spesifikasi jeroan yang lebih tinggi.

7. ASUS VivoBook PRO 14 K3400PH

Laptop kerja tetapi didesain layaknya laptop gaming minimalis. Inilah ASUS VivoBook Pro 14 K3400PH.

Laptop bisnis kelas premium ini memang punya spesifikasi mumpuni untuk memproses berbagai pekerjaan berat.

Meski prosesornya masih Core i5 generasi kesebelas, tetapi VivoBook Pro 14 K3400PH sudah mendapat sokongan GPU NVIDIA GTX 16650 4GB. Jadi, soal performa tidak usah diragukan lagi.

Di samping itu, laptop satu ini juga dilengkapi fitur seperti port Thunderbolt 4, tingkat akurasi warna yang tinggi serta sistem pendinginan dual fan.

Secara umum, pelajar maupun pekerja profesional sangat bisa menggunakan laptop ini. Terutama bagi pelaku industri kreatif seperti content creator.

Penutup

ASUS masih menjadi brand laptop nomor satu di Indonesia setelah meraih Top Brand Award tahun 2022.[5] Tidak mengherankan kalau Anda pun juga mencari rekomendasi laptop ASUS untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini, seri VivoBook memang sangat cocok untuk siapa saja dan pekerjaan apapun.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

nine + 20 =