Perbedaan Press Release dengan News Release (Berita)

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Kami menerima banyak pesanan konten release untuk media online. Akan tetapi, ternyata beberapa klien masih belum memahami perbedaan press release dengan news release (berita).

Sekilas, keduanya memang mirip karena sama-sama menerapkan penulisan jurnalistik dan memiliki nilai pemberitaan. Bedanya baru akan terlihat setelah Anda mencermati lebih jauh isi beritanya.

Berikut perbedaan press release dengan news release serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Apa Perbedaan Press Release dengan News Release?

Ada banyak cara untuk merilis informasi atau pengumuman ke publik. Jika belum tahu mau menggunakan yang mana, penjelasan di bawah ini dapat memberi Anda gambaran.

Pengertian Press Release

perbedaan press release dengan news release

Siaran pers adalah pernyataan tertulis dari public relation (PR) perusahaan tentang suatu kegiatan atau acara. Contohnya seperti peluncuran produk, pembukaan cabang baru, perubahan signifikan dalam organisasi, dll. 

Pernyataan ini kemudian disalurkan ke jurnalis atau redaksi media. Tujuannya agar release tersebut bisa dipublikasikan di outlet media terkait. Akan tetapi pada akhirnya tidak semua release diterima dan bisa terbit di media. 

Banyak naskah siaran pers berakhir di folder arsip redaksi karena tidak menarik dan kurang newsworthy.

Solusinya Anda bisa menerbitkan press release di situs web milik sendiri seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar. Bisa juga melalui jalur publikasi jasa press release. Tentu saja berbayar, tetapi ada jaminan artikel Anda pasti terbit. 

Lantas, apa bedanya dengan rilis berita?

Pengertian News Release (Berita)

perbedaan press release dengan news release

News release diartikan sebagai informasi terkait suatu peristiwa yang baru atau sedang terjadi secara umum. Topiknya lebih luas, bisa mencakup apapun yang relevan dengan audiens dengan penyampaian yang objektif.

Saat dikirim ke redaksi, naskah siaran pers harus sudah siap publish. Sementara news release (berita) ditulis sendiri oleh wartawan atau redaksi. 

Merekalah yang berinisiatif membahas peristiwanya. Penulis harus melakukan riset, mengecek fakta di lapangan, wawancara narasumber, dan lain-lain.

Perbedaannya memang agak samar karena bentuknya sama-sama berita. Namun dari segi isinya, Anda bisa melihat bahwa siaran pers adalah alat pemasaran, sedangkan news release bukan.

Siaran Pers vs Berita

IndikatorPress ReleaseNews Release (Berita)
Penulis/PembuatDivisi public relation (PR)/humas perusahaan.Jurnalis, redaksi media, freelancer.
SumberInformasi internal perusahaan.Peristiwa terkini, opini publik, dll.
TujuanMenampilkan citra positif perusahaan atau menampik berita negatif.Memberitahukan masyarakat tentang hal yang terjadi secara objektif.

Perbedaan Pendapat

Dalam konteks public relation, istilah press release dan news release sebenarnya sama saja, yang terjemahannya adalah “siaran pers”. 

Namun saat ini istilah news release lebih sering digunakan daripada press release.

Di sisi lain, ada yang mengartikan news release sebagai artikel berita sehingga pengertiannya jelas berbeda dengan siaran pers.

Gunakan Secara Tepat

Kesimpulannya, ketika Anda tahu perusahaan memiliki suatu hal yang newsworthy, siaran pers adalah pilihan yang tepat. Pelajari lebih lanjut bagaimana cara membuat press release.

Perbedaan press release dan news release (berita) paling mencolok adalah tujuannya. Artikel berita bukanlah untuk pemasaran, melainkan berfokus pada informasi tentang peristiwa yang terjadi.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

4 + nineteen =

Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.