Jenis Advertorial yang Sering Dijumpai di Media

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Iklan jenis advertorial adalah bentuk promosi berbayar disukai advertiser. Pasalnya, cara ini terbukti efektif untuk menarik perhatian audiens yang biasanya cuek terhadap promosi.

Penerbitan advertorial sendiri dilakukan melalui redaksi media terkait. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan jasa agensi advertorial seperti Publikasimedia.com

Segala macam jenis advertorial akan kami bantu terbitkan ke media nasional selama sesuai syarat dan ketentuan. Berikut beberapa bentuk umum advertorial yang sering Anda lihat di media massa.

4 Jenis Advertorial untuk Kebutuhan Promosi

Iklan advertorial terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuan dan materi promosinya. Dari sinilah penulis bisa menentukan ide konten yang paling relevan. Apa saja jenis-jenisnya?

1. Advertorial Produk

Ini adalah jenis advertorial yang menawarkan sebuah produk barang kepada khalayak. Misalnya berupa produk elektronik, kendaraan, alat pertanian, dan sebagainya.

Kendati demikian, penulis biasanya tidak menggunakan frasa penjualan yang terbuka. Promosinya lebih halus dan kontennya fokus pada penyampaian informasi. Advertorial produk bisa mengulas spesifikasi, kelebihannya dan lain-lain. 

Contoh Advertorial Produk

jenis advertorial

Promosi produk Eiger di Tokopedia via Tirto.id.

2. Advertorial Jasa

Mirip seperti advertorial produk, tetapi di sini yang ditawarkan kepada khalayak adalah jasa. Contoh produk jasa misalnya seperti layanan internet, transportasi, logistik, dan sebagainya.

Topiknya harus relevan dengan layanan terkait. Tujuannya untuk memperkenalkan jasa dan mengangkat citranya agar mendapat kepercayaan audiens.

Baca Juga: Iklan Advertorial yang Menyajikan Jasa

Contoh Iklan Advertorial Jasa

jenis advertorial

Promosi jasa logistik JX Indonesia via detikfinance.

3. Advertorial Korporat

Selain dengan press release, perusahaan atau korporasi juga menunjukkan eksistensinya di media lewat advertorial. Konten berbayar jenis ini berguna untuk menunjukkan keberadaan perusahaan tersebut. 

Tujuannya adalah meningkatkan brand awareness perusahaan. Maka umumnya advertorial korporat akan menonjolkan sisi positif korporasi, baik dari profilnya atau kegiatan yang mereka lakukan.

Contoh Iklan Advertorial Korporat

Peringatan 21 tahun Unilever Indonesia Foundation via Liputan6.

4. Advertorial Pemerintahan

Sesuai dengan namanya, ini adalah iklan editorial yang berasal dari lembaga pemerintahan. Isinya tentang kegiatan atau suatu hal yang perlu disosialisasikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Berbeda dengan press release yang biasanya singkat, advertorial lebih cocok untuk memberi edukasi. Contohnya saat pemerintah menggencarkan program vaksin, maka perlu ada konten advertorial supaya masyarakat sadar pentingnya vaksin.

Baca Juga: Contoh Press Release Covid-19

Contoh Iklan Advertorial Pemerintah

Perilisan aplikasi oleh Kemenkumham via tirto.id.

Iklan Jenis Advertorial Cocok untuk Semuanya

Berdasarkan studi Nielsen, konten berbayar dengan cerita meningkatkan 77% brand recall

Kesimpulannya, iklan yang membosankan sekalipun kemungkinan besar akan jadi lebih menarik dengan penyajian advertorial. Apapun produknya asalkan dikemas dengan konten yang asyik, pasti menghasilkan kampanye yang sukses. 

Setelah mengetahui apa saja jenis advertorial, kami juga menyarankan Anda mempelajari cara penulisan advertorial yang menjual.

Baca Juga: Penulisan Advertorial

WhatsApp
Facebook
Twitter
Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.