11 Ide Jualan Online Shop yang Laris dan Menguntungkan

ide jualan online shop

Tahukah Anda bahwa 88,1% netizen Indonesia berbelanja melalui platform e-commerce?[1] Oleh karenanya, jika mencari ide jualan online shop yang laris Anda harus mengecek data dari e-commerce.

Dari sekian banyak barang, terdapat beberapa kategori produk yang paling paling banyak diminati konsumen. Dari sinilah Anda bisa menentukan barang apa yang kira-kira pasti laku dijual di toko online.

Setelah membaca artikel ini Anda akan mengetahui:

  • Ide jualan online shop yang laris .
  • Contoh barang tiap-tiap kategori.
  • Tips memilih barang untuk jualan online.

Selera pasar akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, tetapi Anda bisa mengatasinya jika tahu apa saja kategori terlaris.

Contoh Ide Jualan Online Shop Terlaris

Berdasarkan laporan e-commerce behavior 2022, berikut ide jualan online shop yang laris dan menguntungkan:

1. Fashion dan Aksesori

ide jualan online shop

Tingkat kompetisi jualan pakaian memang sangat tinggi. Di Tokopedia dan Shopee saja ada ribuan toko yang menjual produk di kategori fashion.

Di satu sisi fashion dan aksesori tidak pernah sepi peminatnya. Jadi, kategori ini tetap berpeluang menjadi ide jualan online shop yang laris asalkan melakukan riset terlebih dahulu.

Sebagai contoh, proporsi jumlah transaksi kategori fashion perempuan lebih besar daripada laki-laki. Artinya, Anda bisa mengerucutkan pilihan hanya ke barang-barang fashion dan aksesori perempuan.

Menurut data terbaru, produk fashion perempuan terlaris adalah pakaian dalam, atasan, piyama, dan legging. Sedangkan untuk aksesori: kacamata, tas, scarf, dan topi.

📈 Peluang Usaha Thrift Shop yang booming membuat transaksi fashion di toko online semakin meningkat.

2. Kesehatan dan Kecantikan

Ide jualan online shop yang kedua yaitu produk kesehatan dan kecantikan. Keduanya memang berbeda, tetapi saling berhubungan.

Produk kecantikan yang juga menawarkan manfaat untuk kesehatan kulit disebut produk hybrid. Itulah barang yang tengah laku keras di pasaran.

Tren ini tidak lain dipengaruhi oleh kultur K-Beauty. Intinya, selain membuat kulit glowing produk kecantikan ini juga menyehatkan kulit.

Beberapa contoh ide jualan terlaris di kategori ini antara lain serum cushion, serum concealer, tinted sunscreen, dan lain-lain. Perlengkapan kebersihan, multivitamin dan suplemen diet juga sangat laris.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

3. Peralatan Rumah Tangga

Konten media sosial tentang peralatan rumah tangga sering menjadi pemicu ketertarikan untuk membeli. Anda pasti sering melihatnya terutama di TikTok dan Instagram.

Itulah alasan para pemain Shopee Affiliate biasanya memilih ide jualan online shop ini karena mudah terjual. 

Bukan hanya berdasar fungsi, tetapi orang-orang biasanya membeli peralatan rumah tangga karena unik.

Contoh alat rumah tangga fungsional misalnya pel sekali tarik langsung kering. Ada pula peralatan rumah tangga unik seperti dispenser pasta gigi.

Ide jualan online yang laris yang bisa dipertimbangkan di kategori ini yaitu wadah dan penyimpanan serta perlengkapan dapur.

4. Makanan

Mau tahu ide jualan online modal kecil? Salah satu yang paling mudah dan murah yaitu jualan makanan.

Namun, bedakan antara jual makanan di toko online dan layanan pesan antar seperti GrabFood dan GoFood. 

Makanan yang cocok dijual di layanan pesan antar contohnya Usaha Angkringan Sederhana

Sementara itu makanan di toko online biasanya lebih tahan lama. Dari kriteria tersebut bisa ditebak kalau produk yang paling laris adalah camilan. 

Sebagai alternatifnya Anda juga bisa menjual makanan beku, dessert box, keripik pedas, atau makanan yang sedang viral.

💡 Jika ingin menjual makanan di online shop pilihannya ada dua: menjadi reseller atau membuat brand sendiri.

5. Mainan dan Hobi

ide jualan online shop

Produk mainan rata-rata terjual sebanyak 400.000 item per bulan di marketplace Tokopedia. Ini membuktikan peluang cuan di kategori ini memang sangat legit.

Akan tetapi berhubung tren mainan sangat cepat berubah, Anda harus terus mengikuti perkembangan mainan-mainan yang sedang viral.

Saat ini barang mainan dan hobi yang pasti laku antara lain mainan remote control, model kit, action figure, puzzle, boneka, dan aksesori airsoft gun.

⚠️ Dua hal penting yang perlu Anda perhatikan saat menjual produk mainan dan hobi adalah foto, nama dan deskripsi produk.

6. Gadget dan Aksesori

Berdasarkan jumlah transaksinya, gadget dan aksesori menempati posisi keenam daftar ide jualan online shop terlaris. Di sisi lain, kategori ini ternyata memiliki nilai transaksi tertinggi dibandingkan yang lainnya.

Smartphone menyumbang nilai transaksi terbesar karena harganya mahal, tetapi aksesori gadget terjual lebih banyak di kategori ini. 

Jika ingin menjual gadget dan aksesori, tiga kata kunci pencarian merek teratas yaitu Samsung, Oppo dan iPhone. Sedangkan untuk aksesori barang paling dicari: screen protector, kabel data, gantungan, charger, softcase, OTG, dan holder.

Cari tahu bagaimana cara memulai Usaha Modal 500 Ribu dengan jualan aksesori HP.

7. Otomotif

Jika Anda punya bengkel yang juga menjual spare part dan aksesori otomotif, coba buat toko online di marketplace. Kategori barang ini cukup ramai diminati, bahkan lebih dicari daripada aksesori komputer.

Kenapa orang-orang tertarik membeli produk otomotif secara online? Beberapa alasan teratas menurut survei karena mereka mendapat diskon, opsi pembayaran COD dan cicilan.[2]

Ide jualan online shop terlaris di kategori otomotif: spare part mobil dan motor, aksesori interior, produk perawatan kendaraan, ban, dan velg.

8. Perlengkapan Anak dan Bayi

Perlengkapan anak dan bayi menyumbang 3,7% dari keseluruhan transaksi di toko online

Persentasenya menurun dari 4,4% di tahun 2020. Saat pandemi permintaan produk anak dan bayi memang sempat membludak tetapi kian menurun. 

Meskipun menurun, tetapi produk ini tetap masuk kategori ide jualan online yang laku setiap hari. Alasannya, ini bukanlah produk musiman.

Produk fashion anak, tas sekolah, popok, dan perlengkapan bayi mendominasi kategori anak dan bayi.

Khususnya jika Anda menjual produk bayi, pastikan produk tersebut aman, bersertifikat FDA Approved dan bebas bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: Ide Bisnis Online untuk Karyawan

9. Elektronik

ide jualan online shop

Penjualan kategori elektronik mengalami peningkatan selama 12 bulan terakhir. Tak dapat dimungkiri, tren smart home tampaknya cukup berpengaruh.

Di Tokopedia misalnya, Bardi Official Store mendominasi pasar smart home meliputi lampu, IP camera, dan stop kontak. Beberapa perusahaan besar seperti Philips juga meraup untung besar di kategori elektronik.

Meskipun kompetitif, tetapi prospek menjual produk elektronik di toko online masih sangat bagus. Anda tinggal memilih niche yang lebih spesifik dan membangun brand sebaik mungkin.

Ide jualan online shop barang elektronik yang laris manis di marketplace: lampu, speaker, printer, CCTV, elektronik kantor, dan vaporizer.

10. Komputer dan Aksesori

Mengapa kategori komputer, laptop dan aksesori berada di bawah? Nilai transaksinya memang tinggi, tetapi permintaannya tergolong biasa-biasa saja.

Seperti Anda tahu, kelangkaan chip membuat harga laptop sedang melambung belakangan. Hal itu membuat konsumen berpikir dua kali saat ingin membeli laptop baru.

Untungnya di balik penurunan transaksi laptop dan PC, penjualan aksesori dan komponennya masih tinggi. 

Kategori komputer dan aksesori terlaris yaitu router, media penyimpanan (SSD/HDD), software, dan komponen PC/laptop.

11. Produk Digital

Pulsa dan voucher lebih sering dibeli daripada barang apapun di marketplace. Jadi, potensi jualan produk digital sama sekali tidak bisa dikesampingkan.

Di Shopee misalnya, produk gaming rata-rata mencatatkan 1,3 juta transaksi per bulan. Diamond Mobile Legends menjadi yang terlaris di kategori ini.

Dan lagi saat ini produk digital semakin bervariasi dan dibutuhkan. Contohnya Anda bisa menjual voucher platform streaming, lisensi, template, membership, dan sebagainya.

Apa kelebihan menjual produk digital? Biayanya rendah, margin cuan besar, bisa diotomatisasi, dan fleksibel.

Kami bahkan merekomendasikan produk digital sebagai salah satu Bisnis 10 Bisnis Pelajar Modal 10K.

Jika tertarik menjual produk digital di marketplace, pilih platform Shopee atau Blibli. Pilihan lain Anda juga bisa membuat website toko online sendiri untuk menjualnya.

Video Rekomendasi Produk Terlaris di Marketplace

Tips Memilih Barang untuk Jualan Online Shop

Menentukan ide jualan online shop tidaklah mudah. Anda harus mempertimbangkan banyak hal supaya jualannya laris manis. Berikut tiga tips memilih barang untuk jualan online:

1. Product market fit

Pastikan produk yang Anda jual adalah solusi atas masalah yang dihadapi konsumen sehingga mereka mencarinya.

Contohnya selama pandemi banyak orang mencari masker, hand sanitizer dan perangkat elektronik pendukung WFH.

Contoh terbaru lainnya ketika Kominfo memblokir situs luar negeri yang tidak mendaftar PSE, banyak penjual yang menawarkan berlangganan VPN.

2. Large market size

Tips kedua, jika tujuan Anda ingin produknya laris manis berarti Anda harus memilih barang yang volume pencariannya tinggi.

Anda bisa mengeceknya dari tren terbaru atau barang kebutuhan yang pencariannya konsisten dari waktu ke waktu. Intinya, jangan sekadar ikut-ikutan.

Contoh produk yang mengikuti tren misalnya bisnis Ikan Hias Paling Laris. Dulu sempat laris ikan louhan, cupang, channa, dll. Tren terus berubah seiring waktu.

Sedangkan produk yang selalu ramai misalnya produk elektronik dan alat rumah tangga.

3. High customer retention

Ketiga, cari ide jualan online shop yang kemungkinan pembelian ulangnya besar. Tujuannya supaya perputaran uang juga cepat.

Sebagai contoh Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Yang paling cocok tentu saja jualan makanan. Pilihan lain misalnya produk kecantikan.

Profit tiap-tiap transaksinya mungkin kecil, tetapi Anda bisa memutar uang lebih cepat.

FAQ Ide Jualan Online Shop

Jualan online apa yang paling laku saat ini?

Berdasarkan popularitasnya kategori produk paling laku saat ini adalah fashion dan aksesori. Sementara itu produk elektronik penjualannya juga sedang meningkat pesat belakangan ini.

Bisnis online apa yang cocok untuk pemula?

Ide Bisnis Online untuk pemula yang minim risiko contohnya produk digital, peralatan rumah tangga, aksesori gadget, dan fashion. Jika tidak punya modal Anda bisa memulainya dengan model bisnis dropshipping atau affiliate marketing.

Jualan apa yang sedang viral?

Tren makanan viral: gyudon, roti bakar boba, nugget ayam sayur, corn dog.
Tren mainan viral: pesawat gabus elektrik, pop it rainbow, kaktus joget, pistol permen lolipop.

Penutup

Kesimpulannya, ide jualan online shop memang tidak terbatas. Anda bisa menjual produk apapun dan dengan berbagai cara. Hanya saja, sebaiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu sebelum mulai berjualan.

Daftar 10 kategori di atas adalah hasil laporan yang kami kumpulkan dari beberapa sumber terpercaya. Anda bisa menjadikannya acuan dan memilih barang terlaris berdasarkan kategorinya untuk mulai jualan online shop.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

11 + 13 =