PROMO Terbatas! Nerbitin Berita untuk Branding di Media Nasional Indonesia Hanya 700 Ribu, Cek Disini

8 Daftar Habib di Indonesia Terkenal dan Paling Berpengaruh

Jasa Press Release Media Nasional

🚀🚀🚀

Garansi terbit 100%, harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Sebagai umat muslim Anda perlu tahu daftar habib di Indonesia yang paling berpengaruh. Para keturunan Rasulullah ini patut dihormati dan menjadi panutan.

Habib merupakan gelar untuk orang yang memiliki garis keturunan Nabi Muhammad dari Fatimah Az-zahra dan Ali bin Abi Thalib.[1]

Jumlah habib di Indonesia yang terverifikasi sekitar 1,2 juta orang. Meskipun demikian, hanya beberapa nama yang cukup dikenal. 

Setelah membaca artikel ini Anda akan mengetahui:

  • Daftar habib di Indonesia.
  • Latar belakang dan kontribusinya.
  • Dan foto mereka masing–masing.

Langsung saja simak ulasan lengkapnya.

Daftar Habib di Indonesia Yang Menjadi Panutan

Berikut nama nama habib di Indonesia beserta fotonya:

1. Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Habib Luthfi dikenal dengan kelemah lembutannya dalam bersikap dan ketika berdakwah. Tidak heran sosoknya begitu disegani oleh para Muslim.

Saat ini Habib Luthfi tengah mengemban posisi Rais ‘Aam Jatman dan mengetuai Forum Sufi Internasional. Sebelumnya ia juga sempat menjadi anggota Syuriyah PBNU.

Di antara daftar habib di Indonesia, nama Habib Luthfi bahkan masuk dalam Wantimpres 2019-2024.

Tahukah Anda? Habib Luthfi pernah menjadi salah satu tokoh Islam paling berpengaruh di dunia tahun 2019 menurut lembaga riset independen asal Yordania.[2]

2. Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Daftar habib di Indonesia yang kedua adalah Habib Syech Assegaf. Pria asal Surakarta ini terkenal dengan sholawat merdunya.

Sosoknya cukup familier bagi kalangan Muslim remaja berkat pendekatan digital. Secara rutin ia mengunggah konten-konten bermanfaat ke media sosial.

Cara komunikasi itu dipilih supaya pesan-pesan dakwahnya lebih mudah diserap jemaatnya.

Gaya itulah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik mendengarkan ceramah Habib Syech Assegaf bahkan hingga berjam-jam.

Saat ini ia berada di PBNU 2022-2027 sebagai A’wan.

3. Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa

Selanjutnya, Habib Munzir Al-Musawa, pimpinan Majelis Rasulullah yang telah berpulang pada September 2013.

Dakwahnya sampai ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Cara penyampaiannya yang menyentuh membuat Habib Munzir dicintai.

Tidak jarang para tokoh nasional menghadiri acara ceramah Habib Munzir, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono saat menjabat sebagai Presiden RI.

Ia menuntut ilmu di Tarim, Yaman, kemudian kembali ke Indonesia tahun 1998 untuk berdakwah. Dari Cipanas ia pun membuat majelis rutin di Jakarta.

Pada awal 2013 Habib Munzir sempat bertemu Dubes AS. Salah satu poin pentingnya yaitu misi mengajarkan ajaran Islam yang damai dan saling menyayangi.

4. Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf

Wajah habib Taufiq Assegaf cukup populer karena sering muncul di TV dengan program dakwah terutama saat bulan Ramadhan.

Pada akhir 2021, ia juga baru saja ditunjuk sebagai ketua umum Rabithah Alawiyah.

Habib Taufiq Assegaf masuk dalam daftar habib di Indonesia paling berpengaruh. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin pesantren Pesantren Sunniyah Salafiyah Pasuruan. 

Sosoknya sangat karismatik dan menjadi panutan. Sebagian besar pengikutnya memang berasal dari Jawa Timur, yang lainnya juga cukup banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum ini Habib Taufiq Assegaf pernah menjadi penasihat di organisasi NU Provinsi Jawa Timur.

5. Habib Husein Ja’far Al Hadar

Generasi muda mungkin lebih menggemari Habib Ja’far di antara kumpulan nama-nama habib. Wajar saja metode dakwahnya sangat kekinian.

Habib Ja’far memanfaatkan berbagai media online untuk berdakwah. Selain menjadi penulis untuk media nasional ia juga membuat konten di YouTube.

Penyampaiannya ringan dan sering diselingi candaan sehingga lebih mudah ditangkap oleh anak-anak muda. Salah satunya melalui program “Pemuda Tersesat”.

Di konten-kontennya, Habib Ja’far sangat mengedepankan semangat toleransi. Ia melihat Islam sebagai agama yang menghormati nilai-nilai kemanusiaan.

Beberapa kali pula ia tampil bersama pemuka agama lain untuk berdiskusi tentang masalah tersebut.

Habib Ja’far merupakan lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Aqidah dan Filsafat Islam serta magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Banyak orang menuduhnya Syiah karena menuntut ilmu di pesantren YAPI Bangil, Jawa Timur. Terlepas dari itu, seperti kata Buya Syafii, sebaiknya berhenti mengelompokkan umat Islam dengan identitas Sunni dan Syiah.[3]

6. Habib Zein Bin Umar Bin Sumaith

Habib Zein bin Sumaith meninggal dunia pada 10 Agustus 2022 akibat sakit. Sebelumnya Habib Zein masih menjadi anggota PBNU 2022-2027. 

Umat Muslim, khususnya PBNU kehilangan sosok ahli fiqih yang menjadi panutan. Bahkan julukannya adalah Imam Syafi’i kecil.

Salah satu ulama besar Indonesia ini asli Jakarta, lahir pada tahun 1936. Sejak kecil ia berada di lingkungan yang amat religius.

Habib Zein di usia 14 tahun sempat berniat belajar ke Yaman. Akan tetapi lantaran transportasinya mahal, ia pun hanya belajar di madrasah lokal.

Setelah berpindah-pindah dan belajar dengan banyak ulama, ia kemudian menetap di pesantren Ribat Tarim. Dari situlah ia lebih fokus mendalami ilmu agama.

7. Habib Muhammad Rizieq Shihab

Di luar kasus dan kontroversinya, Habib Rizieq tidak bisa lepas dari daftar habib di Indonesia yang punya pengaruh. Buktinya ia punya jutaan pengikut setia.

Ia mengenyam pendidikan agama Islam di berbagai sekolah luar negeri. Perjalanan kariernya pun dimulai dengan menjadi guru SMA di Arab Saudi tahun 1991.

Di Indonesia, ia pernah menjadi sebagai kepala sekolah kemudian mengajar fiqih di sebuah madrasah.

Di dunia organisasi, Habib Rizieq membentuk FPI tepat pada tanggal 17 Agustus 1998. Sejak saat itu pula ia menjadi pemimpin organisasi tersebut hingga sekarang.

Salah satu penghargaan yang diraihnya berasal dari Kesultanan Sulu Darul Islam pada tahun 2009.

8. Habib Sayyid Bahar bin Ali bin Sumaith

daftar habib di indonesia

Habib yang lebih dikenal dengan nama Bahar bin Smith ini adalah pendiri Majelis Pembela Rasulullah. Ia pula yang menjadi pemimpinnya sejak tahun 2007.

Organisasi asal Tangerang itu beranggotakan ratusan orang. Mereka sering melakukan razia di tempat-tempat yang diduga sarang maksiat.

Meski aktif di wilayah Jabodetabek bersama organisasinya, Habib Bahar lahir di Manado, Sulawesi Utara. Saat ini ia telah memiliki empat orang anak.

Ia cukup sering dipercaya berdakwah di acara-acara penting. Menariknya, Habib Bahar selalu mendapat perlindungan FPI meskipun mengaku bukan bagian dari organisasi tersebut.[4]

Tidak mengherankan karena pendiri Pesantren Tajul Alawiyyin Bogor ternyata cukup dekat dengan dengan pimpinan FPI, Habib Rizieq.

Bahkan anak bungsunya yang lahir pada 2018 diberi nama Muhammad Rizieq Ali bin Smith. Katanya terinspirasi dari nama sang guru, Habib Muhammad Rizieq Shihab.

FAQ Daftar Habib di Indonesia

Apa saja Marga Habib di Indonesia?

Secara keseluruhan marga habib berjumlah 114, tetapi yang terbanyak di Indonesia hanya 5 yaitu:
Al-Attas
Al-Haddad
Assegaf
Alaydrus
Al-Habsyi

Apa yang dimaksud dengan Habib?

Secara harfiah habib artinya yang dicintai. Habib merupakan sebutan kehormatan bagi para keturunan Nabi Muhammad.

Marga Habib diberikan kepada siapa?

Tidak semua keturunan Nabi Muhammad SAW menyandang gelar habib. Ini hanya berlaku untuk keturunan yang masih punya nasab dengan Fatimah Az-zahra (anak perempuan Rasulullah).

Penutup

Selain tujuh nama di atas tentu masih banyak daftar habib di Indonesia yang jarang terekspos. Ada pula habib dari Timur Tengah yang sering mampir ke Indonesia seperti Habib Umar bin Hafidz. Terlepas dari apapun itu, tidak ada alasan bagi umat Muslim patut untuk tidak mencintai para keturunan Rasulullah.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

eleven − 5 =