10 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Lengkap

contoh iklan layanan masyarakat

Jika Anda pernah melihat iklan yang tidak ada pesan komersialnya sama sekali, itulah contoh iklan layanan masyarakat (ILM). Biasanya, iklan ini berisi kampanye program pemerintah atau kegiatan sosial yang berguna untuk khalayak ramai. 

Misalnya, selama masa pandemi covid-19, semua media massa dibanjiri iklan pentingnya mencuci tangan dan menjaga jarak. Fungsinya tidak lain supaya masyarakat selalu ingat akan bahayanya covid-19.

Masih banyak lagi contoh iklan layanan masyarakat, tapi sebelum itu kami akan mengulas sedikit tentang definisinya.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Layanan Masyarakat?

Sederhananya, iklan terbagi menjadi dua yaitu komersial dan nonkomersial. Di sini iklan layanan masyarakat tergolong dalam kategori yang kedua.

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyampaikan pesan sosial supaya masyarakat menjadi lebih aware terhadap masalah di sekitarnya.

Ini merupakan kampanye non-profit yang punya kemaslahatan untuk semua orang.

Baca Juga: Contoh Iklan Media Cetak

Bentuk dan Jenis Iklan Layanan Masyarakat

Seperti iklan pada umumnya, iklan layanan masyarakat bisa ditampilkan di media apapun. Bisa hanya berupa teks, gambar atau foto, rekaman suara dan video.

Cara penyampaiannya pun bermacam-macam, misalnya hanya berupa pengumuman, wawancara atau dokumenter, dan narasi.

Supaya punya gambaran lebih jelas, lihat berbagai contoh penerapan ILM di media massa berikut ini.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Kami telah mengumpulkan contoh iklan layanan masyarakat dari berbagai sumber dengan penjelasan dan tujuan penggunaannya.

1. Sosialisasi Protokol Kesehatan

Sumber: dit.promkes.

Pelaksanaan sekolah tatap muka 100% akhirnya kembali diberlakukan meskipun dengan sejumlah pembatasan.

Direktorat Promkes dan PM mensosialisasikan protokol kesehatannya lewat iklan layanan masyarakat di laman Instagram.

2. Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

Sejak sebelum pandemi covid-19 pun sebenarnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun sudah sering dikampanyekan. Tujuannya supaya masyarakat lebih sadar kebersihan diri dan mencegah penyakit.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan banjir hingga mengotori laut. Maksud kampanye ini sesederhana agar masyarakat lebih tertib saat membuang sampah.

4. Mengurangi Penggunaan Plastik

Limbah plastik saat ini sudah isu global. Itulah alasan mengurangi penggunaan plastik gencar dipromosikan di mana-mana. Lewat video iklan layanan masyarakat di atas, harapannya limbah plastik semakin sedikit.

5. Mengajak Hemat Energi

Sumber: Medcom

Biasanya poster atau baliho hemat energi seperti pada foto di atas akan mulai ramai di jalan-jalan saat peringatan hari bumi.

ILM ini ingin menginginkan agar bukan cuma saat hari bumi saja masyarakat hemat energi tetapi setiap hari.

6. Himbauan Membatasi Penggunaan Gadget

Boleh saja pakai gadget tapi batasi diri supaya tidak sampai kebablasan. Jangan sampai telat menyadari itu dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Ajakan Makan Buah

Saking susahnya menganjurkan masyarakat makan buah, Kementerian Kesehatan Indonesia sampai membuat video di atas. Singkat, jelas dan langsung pada poinnya.

8. Waspada Demam Berdarah

contoh iklan layanan masyarakat

Memasuki musim penghujan, biasanya dinas kesehatan gencar menampilkan iklan layanan masyarakat tentang demam berdarah. Slogan “3M (Menutup, Mengubur dan Mendaur Ulang)” akan terlihat di berbagai tempat.

9. Mengajak Menghemat Air

Air adalah sumber kehidupan yang tidak ada harganya. Menghemat air sama dengan menyelamatkan kehidupan. Begitu kurang lebih pesan dari contoh iklan layanan masyarakat ini.

contoh iklan layanan masyarakat

10. Peringatan Bahaya Merokok

Sumber: Solopos

Di radio atau mungkin podcast Anda mungkin juga sering mendengar ILM. Salah satu yang paling sering adalah peringatan bahaya merokok.

Menyampaikan Pesan Sosial dengan Iklan

Di berbagai negara, iklan non komersial berfungsi untuk mengingatkan dan memberi solusi terhadap berbagai masalah sosial. Apalagi saat ini media untuk menjangkau masyarakat semakin beragam.

Setelah melihat contoh iklan layanan masyarakat tadi, apakah menurut Anda cara ini masih efektif untuk menyampaikan pesan sosial? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar