Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp, Verified Badge

Mempunyai tanda centang biru di media sosial rasanya seperti memiliki prestige tersendiri, ya? Bukan hanya membuktikan akun otentik, tapi juga ada kesan “wah” yang menandakan Anda adalah orang penting atau terkenal. Hanya saja apakah cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp sama dengan lainnya?

Jawabannya sama, hanya saja bukti verified di WhatsApp bukan blue tick melainkan green tick atau centang hijau. Siapa saja bisa mendapatkan Whatsapp green tick asalkan akun tersebut benar milik mereka. Namun yang perlu diingat juga, tidak sembarang akun yang bisa mendapatkannya.

WhatsApp punya syarat yang harus Anda  penuhi  agar  “verified” didapat. Sekarang, apa saja syarat yang harus Anda penuhi dan langkah yang diambil agar green tick atau green badge yang setara centang biru diperoleh? Semuanya akan dibahas pada informasi di bawah ini.

1. Harus Akun Bisnis

Cara membuat Whatsapp verified yang pertama adalah pastikan akun Anda adalah akun bisnis. Untuk membuat akun bisnis, Anda bisa melakukan migrasi akun yang sudah pernah Anda buat. Ini langkah-langkahnya :

  1. Unduh WhatsApp Business
  2. Verifikasi nomor ponsel (pakai nomor yang akan Anda pakai)
  3. Restore akun dari backup agar data tersimpan dan tidak hilang
  4. Masukan nama bisnis Anda
  5. Lakukan pengaturan profil

WhatsApp Business memang tersedia di aplikasinya sendiri, namun Anda tetap bisa memiliki dua aplikasi di satu ponsel. Syaratnya, pastikan nomor yang tertera di kedua aplikasi berbeda.

2. Verifikasi Siapa Anda

Langkah selanjutnya yaitu verifikasi, sebenarnya adalah syarat mutlak dari Whatsapp untuk bisa mendapatkan green tick. Verifikasi merupakan langkah supaya Whatsapp  yakin itu Anda dan bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda. Whatsapp verified account akan gagal tanpa tahap ini.

Cara untuk verifikasi siapa Anda tentu saja dengan menambahkan informasi lain yang valid. Salah satu caranya adalah dengan mempunyai website yang berguna ketika ada proses pengecekan bahwa itu benar Anda dan bukan orang lain.

Nomor telepon yang tertera pada website juga harus sama dengan yang Anda daftarkan untuk akun WhatsApp. Apabila berbeda, siap-siap saja centang hijau melayang, sayang sekali bukan?

3. Facebook Business Terverifikasi

How to verify WhatsApp business account green tick? Syarat selanjutnya adalah pastikan bahwa Anda memiliki akun Facebook bisnis yang terverifikasi. Langkah yang sangat penting saat melakukan verifikasi akun bisnis di Facebook adalah website.

Facebook akan mengirim kode verifikasi ke nomor yang terdaftar dan juga email website Anda. Pastikan domain website sesuai dengan akun Facebook Anda dan tidak asal memilih domain yang lebih murah. 

Misalnya saja Facebook Business Anda adalah akun jualan, maka memakai my.id atau org tidak tepat. Anda bisa memakai domain .com yang secara universal di seluruh dunia atau .id yang khusus Indonesia.

4. Mendaftar di Solution Provider

Solution provider adalah penghubung Anda dengan Whatsapp Business API. Selain berfungsi sebagai penghubung, solution provider juga menyediakan tools yang bisa mempermudah pengoperasian Whatsapp Business yang Anda punya.

Tanpa terdaftar di solution provider, Anda tidak bisa mengajukan centang hijau. Whatsapp green tick status tidak akan Anda dapatkan karena saat ini Whatsapp belum membuka jalur pribadi. 

Dalam website resminya, Whatsapp menuliskan bahwa pemberian centang hijau masih terbatas dan tertutup. Masih belum ada form pengajuan langsung seperti halnya saat ingin mendapatkan centang biru di Twitter.

5. Notable atau Populer di Negaranya

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business adalah dengan  memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. 

Perlu Anda ketahui, sampai sekarang Whatsapp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Jadi, jangan heran apabila tahapan verifikasinya cukup panjang.

Untuk masuk dalam kategori populer di negaranya, tentu Anda harus aktif dan mempunyai engagement yang baik. Hal ini cukup sulit dilakukan khususnya untuk usaha yang masih kecil dan belum berkembang. 

Cara yang paling mudah, cepat, dan tepat untuk meningkatkan popularitas, ketertarikan, serta kepercayaan adalah press rilis. Apalagi jika press rilis dilakukan oleh media mainstream yang sudah terkenal dan punya nama. 

Sayangnya, membuat media ternama memuat press rilis mengenai bisnis Anda bukanlah hal yang mudah. Terutama jika bisnis masih baru, belum memiliki nama, dan masih skala kecil.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan jasa Publikasi Media Di sini, Anda akan mendapatkan beragam layanan seputar press release yang bisa Anda pilih. 

Salah satu kelebihan press release yang sangat menguntungkan dari Publikasi Media adalah medianya. Anda bebas menentukan mana media yang sekiranya pas untuk menerbitkan  press release Anda. Untungnya lagi, pihak publikasimedia.com juga memberikan garansi, jadi tidak perlu khawatir.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih jauh layanan press rilis publikasimedia.com, kunjungi saja websitenya. Silahkan klik https://www.publikasimedia.com/jasa-press-release/, untuk mendapatkan tawaran terbaik.

6. Menunggu Verifikasi Selesai

Langkah terakhir how to get green tick on WhatsApp adalah dengan menunggu. Prosesnya tidak bisa instan dan paling tidak membutuhkan waktu dua hari kerja agar bisa tahu hasilnya. 

Misalkan WhatsApp menolak pengajuan Anda, maka itu adalah keputusan final. Tidak ada revisi atau perbaikan kekurangan yang membuat WhatsApp tidak menerima pengajuan Anda. 

Namun, Anda bisa melakukan pengajuan ulang setelah 30 hari dari keputusan penolakan. Cukup lama, ya? Oleh karena itulah, pastikan semua syarat sudah terpenuhi terutama dari sisi notable yang terkadang terlupakan. 

Apabila semua syarat sudah, mendapatkan centang hijau yang setara blue tick di sosial media lain akan lebih mudah. Tentunya Anda ingin apapun usaha yang Anda bangun dipercaya dan memiliki prestige layaknya centang biru bukan?

Demikian cara mendapatkan centang hijau di Whatsapp atau verified green tick lebih tepatnya secara lengkap. Sekali lagi, sebelum mengajukan pastikan Anda memenuhi semua kriterianya karena waktu pendaftaran ulang yang cukup lama. Jangan abaikan poin apapun termasuk popularitas karena itu syarat utamanya.

Tinggalkan komentar

Join Afiliasi Publikasimedia.com

Komisi Hingga Rp5.000.000

Program afiliasi iklan media nasional Indonesia dengan komisi hingga Rp5.000.000, daftar gratis sekarang!