Apakah Brand Awareness Menjamin Penjualan Produk?

apakah brand awareness menjamin penjualan produk

Apakah brand awareness menjamin penjualan produk? Ini adalah pertanyaan yang sering keluar dari para skeptis. Menganggap kesadaran merek bukanlah sesuatu yang terlalu berarti adalah salah besar.

Faktanya, hal ini berpengaruh cukup signifikan dalam penjualan produk atau layanan Anda. Namun tentu hasil tersebut tidak didapat dengan satu jentikan jari.

Terkadang orang terlalu bernafsu untuk merasakan manfaat kesadaran merek secara instan. Tanpa disadari, hal itu justru akhirnya tidak akan memberi apa-apa pada brand.

Jadi jika ada yang bertanya, apakah brand awareness menjamin penjualan produk? Maka jawabannya sudah pasti, “Ya”

Seseorang tidak akan membeli sebuah produk apabila mereka tidak mengetahui keberadaannya. Dalam hal ini kesadaran merek berperan penting. Begitu orang mengetahui merek Anda, penjualan pasti semakin meningkat.

Ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan hal itu.

Brand Awareness Meningkatkan Penjualan Produk

Pandangan skeptis sebagian orang berasal dari anggapan bahwa kesadaran merek penuh ketidakpastian. Mungkin karena mengukur kesuksesan kesadaran merek memang tidak mudah.

Kendati demikian, hal ini tetaplah penting. Bahkan kesadaran merek disebut-sebut sebagai tujuan utama pemasaran.

Beberapa poin ini akan menjawab pertanyaan apakah brand awareness menjamin penjualan produk atau layanan.

Menumbuhkan Kepercayaan

Kepercayaan terhadap suatu merek adalah segalanya bagi konsumen. Hal ini dapat memicu pembelian berulang karena mereka telah memiliki ikatan.

Orang akan mulai menjadikan produk Anda sebagai pilihan pertama, bukan sebatas alternatif. Di sinilah perlunya membentuk brand awareness.

Menumbuhkan Asosiasi

Anda tidak tahu apa definisi “press release”, lantas apa yang biasanya dilakukan? Ya, mencari tahu tentang itu di Google.

Kenapa harus Google? Bukankah ada Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya?

Ini karena Google telah diasosiasikan sebagai mesin pencari oleh kebanyakan pengguna internet.

Bahkan terkadang Anda mungkin lupa bahwa Google sebuah brand. Padahal yang dimaksud sebenarnya adalah mesin pencari.

Itulah yang dapat dihasilkan oleh brand awareness sehingga menjamin peningkatan penjualan. 

Membangun Ekuitas Merek

Singkatnya, ekuitas merek adalah nilai plus yang terbentuk berdasarkan pengalaman konsumen. Jika hasilnya positif, artinya ekuitas merek Anda positif dan sebaliknya.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari ekuitas merek positif misalnya bisa mematok harga lebih tinggi dari merek lain.

Yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan pengalaman positif konsumen. Hasil akhirnya bisa ditebak, penjualan dan pendapatan semakin meningkat.

Kesimpulan

Brand awareness benar-benar berpengaruh terhadap penjualan produk. Terkadang upaya ini mungkin terlihat seperti buang-buang waktu. Namun ketika itu berhasil, dampaknya sangat luar biasa. 

Sekarang Anda sudah mendapat jawaban yang lengkap tentang apakah brand awareness menjamin penjualan produk. Kuncinya adalah kesabaran dan strategi yang tepat karena Anda harus memilih pendekatan jangka panjang.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar