Apa Itu Loyalty Program, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Dilansir dari Shopify Blog, ternyata lebih dari 80% konsumen cenderung bertahan dengan merek yang menawarkan loyalty program. Jadi pendeknya, program tersebut terbukti sebagai salah satu strategi yang cukup ampuh untuk membangun kesetiaan pelanggan.

Namun, sebenarnya apa itu loyalty program?

Definisi Loyalty Program  

Menurut Investopedia, loyalty program adalah program yang digelar oleh perusahaan dengan menawarkan hadiah, diskon, atau insentif lainnya sebagai upaya mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru [1].   

Baca juga: Apa Itu Brand Loyalty dan Manfaatnya Terhadap Penjualan

Manfaat Loyalty Program Untuk Bisnis Anda

Loyalty program tak hanya berguna untuk membangun basis pelanggan yang loyal, tetapi juga memberikan data penting bagi bisnis Anda. 

Ini adalah informasi mengenai kebiasaan berbelanja konsumen Anda, termasuk produk serta penawaran yang paling membuat mereka tertarik.

Dengan informasi tersebut Anda lebih mudah merancang strategi yang lebih jitu ketika ingin merilis produk atau penawaran baru. 

Namun selain itu ada manfaat lain yang dapat Anda, para business owner, petik dari program ini. 

Sebagaimana dikutip dari Smart Insights ada 5 alasan mengapa pemilik bisnis perlu mengadakan loyalty program.

Memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan

Program loyalitas menunjukkan bahwa perusahaan Anda menghargai para konsumen yang pernah melakukan transaksi atau bahkan menjadi pelanggan setia. 

Mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian jika merasa mendapatkan keuntungan tambahan dengan uang yang mereka keluarkan. Perasaan inilah yang memotivasi pelanggan untuk melakukan repeat order.

Menariknya, ini tidak hanya sekadar demi mengumpulkan poin, tetapi juga sebagai wujud terima kasih kepada brand yang telah menunjukkan penghargaan kepada mereka. 

Dengan begitu artinya Anda telah sukses menyentuh emosi mereka dan menjadikannya customer yang loyal.

Memberikan bukti bahwa bisnis Anda mengutamakan kepentingan pelanggan

Tahukah Anda jika sebagian besar pelanggan menghendaki manfaat lain ketika melakukan pembelian? Ini misalnya pengalaman berbelanja yang lebih lancar, cepat, lebih personal, dan lebih hemat.

Ya benar, Salah satu alasan customer mengikuti loyalty program adalah karena ingin berhemat. Ini contohnya dengan bonus gratis 1 produk untuk pembelian ke 10, potongan 20% untuk member, dan seterusnya. 

Membuat pelanggan bersedia merekomendasikan produk Anda kepada orang-orang terdekatnya

Secara alami orang akan lebih mempercayai orang yang dekat dengannya, misalnya saudara, teman, atau rekan kerja. Misalnya sahabat Anda merekomendasikan brand sabun favoritnya kepada Anda, bahkan menjelaskan panjang lebar berbagai keunggulan merek tersebut, bukankah Anda jadi tergoda untuk mencoba?

Pelanggan fanatik Anda memang bisa saja melakukan hal ini tanpa sadar saat tengah hangout santai dengan rekan-rekannya. Namun mereka akan semakin bersemangat untuk merekomendasikan produk Anda jika merasa mendapat keuntungan. 

Contohnya bonus saldo, cashback, atau diskon jika berhasil mengajak orang lain menggunakan merek Anda.

Membangun reputasi yang positif  

Di era internet sebagaimana saat ini, sebagian besar konsumen melakukan survei terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian, terutama untuk produk-produk yang mahal. 

Salah satunya dengan membandingkan harga produk di marketplace, atau melihat ulasan konsumen lain.

Seperti yang sudah disinggung, loyalty program berpotensi meningkatkan pengalaman positif customer saat berbelanja. 

Harapannya, yang bersangkutan dengan senang hati akan memberikan review yang juga positif saat memposting produk Anda di media sosialnya. Biasanya ini akan lebih efektif memengaruhi orang untuk melakukan pembelian.

Meningkatkan engagement konsumen

Loyalty program sejatinya ditujukan untuk para pelanggan terbaik Anda. Biasanya jumlahnya adalah sebesar 20%  dari keseluruhan pelanggan Anda. 

Mereka tetap setia menggunakan produk Anda, dengan atau tanpa keberadaan bonus dan diskon, pasalnya mereka sudah fanatik dengan merek Anda.

Program ini hanya membantu meningkatkan engagement mereka. Semakin dalam Anda berhasil membuat mereka menjadi bagian dari brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk mempromosikan merek Anda. 

Bila semuanya berjalan lancar, ini akan sukses mendorong peningkatan penjualan dan menambah basis pelanggan setia yang baru.

Jenis-Jenis Loyalty Program

Berikut adalah jenis-jenis program loyalitas sebagaimana dilansir dari SendPulse.

Subscription-based program

Program ini mengharuskan pelanggan membayar biaya berlangganan untuk mendapatkan benefit yang disediakan perusahaan. 

Contoh loyalty program seperti ini kerap kita temui pada layanan seperti Amazon Prime, Netflix, atau Hulu.

Sayangnya loyalty program ini tak dapat diikuti oleh customer yang tidak punya dana mencukupi untuk berlangganan.

Points program

Sumber

Program yang satu ini adalah yang paling populer di antara semua jenis loyalty program

Cara kerjanya, perusahaan memberikan poin kepada customer untuk setiap pembelian.

Jika poin yang terkumpul sudah mencukupi, mereka selanjutnya dapat melakukan redeem untuk mendapatkan bonus atau membeli produk dengan harga spesial. 

Program tersebut biasanya juga menyertakan kartu untuk mengecek jumlah poin. Ini contohnya MyPoin Indomaret, Smartpoin Smartfren, dan Starbucks Reward.

Cashback program

Sumber

Di sini pelanggan bisa mendapatkan persentase tertentu dari uang yang mereka belanjakan. Ini contohnya cashback yang diberikan oleh bank karena menggunakan kartu debit atau aplikasi untuk membayar berbagai produk dan layanan.

Bank BNI, misalnya, memberikan hadiah uang kembali sebesar Rp200 ribu untuk nasabah BNI Taplus Bisnis yang bertransaksi dengan BNI Internet Banking yang baru mereka aktifkan.

Tier-based program

Ini merupakan program berbentuk keanggotaan dimana customer mendapatkan keuntungan sesuai level membershipnya. 

Sephora adalah salah satu bisnis yang menerapkan metode ini. Jadi seorang pelanggan akan mendapatkan 1 poin dari setiap dollar yang dibelanjakannya.

Setelah berhasil mendapatkan sejumlah poin tertentu, tingkat keanggotaan mereka akan naik dan berhak atas benefit yang lebih besar. Ini misalnya diskon yang lebih besar atau akses untuk produk-produk eksklusif.

Anda berminat untuk menerapkan loyalty program bagi bisnis Anda? Simak video berikut untuk mendapatkan referensinya.

Penutup

Tujuan utama program loyalitas dari sudut pandang pebisnis adalah menjaga kesetiaan pelanggan untuk tetap setia menggunakan merek miliknya. 

Jika Anda memutuskan untuk meluncurkan loyalty program, hal terpenting adalah pilihlah strategi yang tepat dengan sistem yang benar-benar memberikan value bagi pelanggan dengan merek Anda.

Semoga menginspirasi dan jangan lupa membagikannya pada media sosial Anda.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

6 + 1 =

Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.