PROMO Terbatas! Nerbitin Berita untuk Branding di Media Nasional Indonesia Hanya 700 Ribu, Cek Disini

10 Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Jasa Press Release Media Nasional

🚀🚀🚀

Garansi terbit 100%, harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Manfaat brand awareness akan terasa seiring makin dikenalnya bisnis Anda. Awareness yang kuat dapat mendorong pencapaian berbagai target lainnya dalam rencana bisnis Anda.

Pasalnya, brand awareness adalah ujung tombak dalam pemasaran. Tak heran keberhasilannya sering memberi efek domino yang sangat menguntungkan.

Sebelumnya Anda telah belajar apa itu brand awareness. Deretan manfaat brand awareness di bawah ini menunjukkan mengapa kurangnya awareness menjadi suatu kerugian besar.

Manfaat Brand Awareness Jangka Panjang

Ada manfaat tak terbatas dengan membangun awareness yang kuat dan mempertahankannya. Berikut adalah 10 manfaat utama brand awareness.

1. Melejitkan Penjualan Produk dan Layanan

Tujuan membangun kesadaran terhadap merek adalah supaya bisnis lebih dikenal. Semakin banyak orang yang tahu, maka peluang menangnya di pasar pun lebih tinggi.

Bisnis yang menguasai pangsa pasar akan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi daripada kompetitor. Dilansir Forbes, mempertahankan awareness secara konsisten dapat melejitkan penjualan produk hingga 23%.

2. Kedekatan Emosional dengan Konsumen

Awareness dapat dianalogikan seperti membangun pertemanan yang akrab.

Dalam pertemanan, semakin lama Anda kenal biasanya akan memiliki kedekatan emosional. Dalam konteks bisnis hal ini memainkan peran besar untuk menumbuhkan rasa percaya.

Ya, konsumen cenderung akan kembali merek yang sudah mereka percaya dan dikenalnya. Menurut Customer Thermometer, 65% orang memiliki hubungan emosional dengan merek tertentu.

3. Konsumen Semakin Loyal

Masih berhubungan dengan manfaat brand awareness sebelumnya. Kedekatan emosional pada akhirnya akan menjadi loyalitas. 

Kelompok konsumen loyal inilah yang akan membuat bisnis Anda tetap hidup dalam kondisi kurang baik sekalipun. 

Contohnya bisnis Anda mengeluarkan varian rasa baru dan ternyata tidak terlalu disukai konsumen. Bagi yang tidak loyal, pengalaman negatif ini membuat mereka tidak akan membeli lagi.

Di sisi lain, konsumen loyal punya toleransi yang lebih tinggi sehingga mereka tetap bersama Anda.

4. Referensi dari Konsumen

Anda mungkin pernah membeli makanan di suatu tempat berkat rekomendasi seorang teman. Ya, inilah manfaat brand awareness yang kuat.

Tanpa diminta sekalipun, konsumen yang punya kedekatan emosional biasanya akan mereferensikan bisnis Anda kepada orang lain.

Penjualan akan meningkat karena keputusan pembelian dari referensi cenderung lebih kuat. Apalagi jika itu berasal dari teman atau sumber yang kredibel.

Di satu sisi referensi dari para konsumen juga akan semakin menguatkan brand awareness. Anda mendapat keuntungan ganda!

5. Top of Mind

Berada di top of mind konsumen adalah level tertinggi awareness. Ini seperti menanamkan sesuatu di benak seseorang. 

Singkatnya, top of mind adalah nama yang muncul pertama ketika konsumen memikirkan sesuatu yang relevan dengan bisnis Anda.

Bukan cuma kategori, tetapi relevansinya bisa berupa bentuk, warna, tekstur, dan lain-lain.

“Sebutkan satu merek mi instan yang paling enak dari Indonesia.”

Jawaban rata-rata orang pasti Indomie, meskipun ada juga yang punya jawaban lain.

Ini adalah keuntungan terbesar brand awareness terutama untuk bisnis berskala besar. Produk Anda akan selalu muncul sebagai pilihan pertama alih-alih alternatif.

6. Meningkatkan Pengenalan Merek

Pengenalan merek termasuk bagian dari strategi brand awareness. Ini adalah upaya membuat merek Anda lebih dikenal secara visual maupun non-visual.

Awareness dapat meningkatkan pengenalan merek melalui rangsangan sensorik. Cukup dengan melihat, mendengar atau merasakan sedikit saja untuk mengenalinya.

Contoh pengenalan visual misalnya dari logo dan bentuk kemasan. Sedangkan pengenalan non-visual misalnya berupa theme song.

Anda pasti sering ketika sedang mendengarkan lagu, tiba-tiba kepikiran dengan suatu produk. Contohnya seperti lagu “Cari Jodoh”-nya Wali yang sudah sangat identik dengan produk “Kuku Bima”.

7. Pengenalan Produk Baru

Benar adanya bahwa manfaat brand awareness seperti efek domino. 

Katakan saja Anda telah sukses membangun awareness untuk sebuah merek. Secara tidak langsung ini seperti golden ticket jika sewaktu-waktu ingin mengeluarkan produk baru. 

Orang lebih aware meski produknya masih baru karena mereka sudah pernah tahu merek itu sebelumnya.

Bisnis-bisnis besar sering menambah produk baru di bawah satu merek, walaupun sama sekali tidak berhubungan.

Contohnya Yamaha, yang dikenal sebagai produsen otomotif. Tahukah Anda kalau mereka juga memproduksi alat musik?

manfaat brand awareness

8. Dampak Digital

Di zaman digital seperti sekarang, brand awareness mengalami evolusi. Kampanye digital di media sosial dan website sekarang lebih digenjot untuk mendorong awareness di internet.

Pasalnya dunia digital seolah sudah menyatu dengan keseharian konsumen di masa sekarang. Membangun awareness secara digital akan memberi dampak signifikan seperti peningkatan traffic dan engagement

Di satu sisi kehadiran bisnis Anda di media digital juga memudahkan konsumen untuk terlibat.

9. Memperoleh Data Konsumen

Di antara semua manfaat brand awareness yang telah disebutkan tadi Anda bisa mengumpulkan data berharga dari para konsumen.

Dari situ bisa diketahui siapa konsumen Anda dan seberapa banyak pembeli potensial. Dengan bantuan berbagai tools analisis, data ini sangat berguna bagi tim pemasaran untuk mengoptimalkan kampanye selanjutnya.

Dengan data ini Anda juga bisa memberi penawaran kepada konsumen yang lebih personal. Studi Accenture menunjukkan 91% konsumen lebih suka jika mereka ditawari produk yang dipersonalisasi.

10. Mendapatkan Karyawan Terbaik

Menguatkan awareness berarti menempatkan bisnis Anda di level tertinggi. Anda pun berpeluang merekrut dan mempertahankan karyawan-karyawan terbaik. 

Tak perlu khawatir menemukan orang yang kompeten karena mereka akan datang sendiri. Itu artinya Anda memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis bersama SDM terbaik.

Ini memang cuma bonus manfaat brand awareness. Jarang yang menjadikan poin ini sebagai tujuan utama membangun awareness, namun keuntungan seperti ini sebaiknya jangan disia-siakan.

Bangun & Pertahankan Brand Awareness

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membangun brand awareness. Hal inilah yang nantinya memegang peranan penting dalam pertumbuhan bisnis.

Hanya saja perlu diingat bahwa pekerjaan ini tidak dilakukan cuma sekali saja. Brand awareness yang kuat menuntut Anda terus melakukannya sepanjang waktu. Salah satu cara untuk membangun dan mempertahankan brand awareness adalah iklan advertorial.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

18 + 10 =