Apa Itu ChatGPT OpenAI? Fungsi & Cara Menggunakannya

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Apa itu ChatGPT yang membuat Google sampai bereaksi serius? Bagi Anda yang bergelut di industri digital, informasi ini sangat penting!

Rilis awal ChatGPT dari OpenAI pada November 2022 cukup menggemparkan. Banyak pengguna senang, tapi sebagian pihak ternyata juga geregetan.

Pasalnya, teknologi satu ini konon terlalu canggih. Segala macam pertanyaan mampu dijawab dengan gaya bahasa layaknya manusia. Keren, bukan?

Agar dapat memanfaatkan ChatGPT serta tidak takut merasa tersaingi, mari pahami lebih lanjut.

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan:

  • Apa itu ChatGPT?
  • Bagaimana cara kerjanya?
  • Apa fungsinya?
  • Bagaimana menggunakannya?

Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT adalah kecerdasan buatan dalam bentuk chatbot tanya jawab berbasis teknologi GPT-3.5. Bot satu ini mampu berinteraksi layaknya manusia melalui teks.

Tidak seperti chatbot pada umumnya, ChatGPT punya database informasi yang sangat luas. Programnya bisa menjawab pertanyaan, memberi solusi, hingga menanggapi pernyataan.

Cara Kerja ChatGPT

Cara kerja ChatGPT yaitu memprediksi setiap kata selanjutnya berdasarkan data di internet. Selain bersumber dari artikel, forum diskusi juga menjadi acuan untuk mempelajari gaya percakapan manusia.

Baca Juga: Begini Cara Google Mengcrawl Artikel 

Bedanya dengan hasil pencarian Google, ChatGPT langsung memberi jawaban berupa teks terstruktur dalam banyak bahasa.

🤖 ChatGPT seperti seorang asisten yang bertugas menemukan jawaban dari berbagai sumber, lalu merangkumnya untuk Anda.

Salah satu kecerdasan ChatGPT ditunjukkan dengan kemampuan mengingat apa yang dibahas sebelumnya oleh pengguna dalam satu rangkaian chat. Jadi, Anda bisa membicarakannya lagi atau mengoreksi hal tersebut.

Pengembang ChatGPT

Sumber: openai.com

OpenAI adalah perusahaan non profit asal San Francisco di balik pengembangan kecerdasan buatan ChatGPT.

Sebelumnya, mereka juga memperkenalkan DALL·E, sebuah AI untuk menghasilkan gambar dari instruksi teks.

Dalam berbagai proyeknya, OpenAI mendapat dukungan Microsoft. Raksasa teknologi AS itu diklaim menginvestasikan dana sebesar $1 miliar.

Apa Fungsi ChatGPT?

Kami rasa fungsi ChatGPT hampir tidak terbatas. Pasalnya, chatbot ini dapat merespons semua instruksi yang ditulis. Sebagai gambaran, berikut beberapa fungsi ChatGPT beserta contoh jawabannya:

1. Menjawab Pertanyaan Umum

Pertama, apapun yang biasanya Anda tanyakan di Google dapat dengan cepat dijawab oleh ChatGPT. Mari coba mulai dengan pertanyaan: apa itu ChatGPT?

apa itu chatgpt

2. Menjelaskan Hal yang Rumit

Bingung dengan suatu istilah rumit? Minta ChatGPT untuk menyederhanakan penjelasannya.

apa itu chatgpt

3. Menanggapi Pernyataan

Katakanlah Anda punya sebuah pendapat pribadi. ChatGPT bisa memberi tanggapan atas pendapat Anda, yang bahkan ternyata cukup bijak.

4. Menyelesaikan Soal Matematika

Bukan sekadar menjawab, tetapi teknologi kecerdasan buatan ChatGPT juga menjelaskan langkah-langkah penyelesaian sebuah soal matematika. Ini benar-benar seperti guru les pribadi!

apa itu chatgpt

5. Membuat Berbagai Konten

Konten apapun dalam bentuk teks sepertinya pasti bisa dibuat oleh ChatGPT. Sebagai contoh puisi, artikel blog, skrip video, lirik lagu, ebook, cerita pendek, sampai dengan novel.

apa itu chatgpt

6. Menulis Esai

Belakangan banyak pelajar dan mahasiswa yang memanfaatkan ChatGPT sebagai asisten penulisan esai mereka. Alhasil, tugas pun selesai dalam sekejap mata.

7. Menulis Kode Pemrograman

Siapa sangka sebuah chatbot ternyata juga mampu menulis kode pemrograman sekaligus debugging. Anda bahkan bisa membuat sebuah halaman website hanya dengan memberi instruksi yang detail.

Berikut contoh hasil halaman yang dibuat oleh ChatGPT dari instruksi di atas:

8. Menemani Ngobrol

Fungsi lainnya yang paling simpel yaitu sebagai teman ngobrol. Bahas hal apapun dan balas pesan seperti Anda sedang berbicara dengan seseorang di sana.

Delapan fungsi di atas sudah sangat menjelaskan apa itu ChatGPT. Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk berbagai kebutuhan seperti:

  • SEO,
  • copywriting,
  • pemasaran,
  • software enginering
  • pembuatan konten, dll.

Jika Anda menggunakan Chrome browser, coba pasang ekstensi AIPRM for ChatGPT untuk mengoptimalkan fungsi chatbot tersebut.

Apakah ChatGPT Gratis?

Selama masa perkenalan apa itu ChatGPT atau periode free research preview, OpenAI masih membuka semua fitur secara gratis.

Dalam masa preview ini, OpenAI berharap pengguna memberi feedback tentang berbagai macam kesalahan.

Namun, sesuai prediksi banyak orang, pada akhirnya ChatGPT akan jadi layanan berbayar. Hal ini juga sudah dikonfirmasi melalui saluran Discord mereka.

ChatGPT Plus, begitu nama layanan berbayarnya yang bertarif US$20 per bulan dengan benefit antara lain:

  • akses ke ChatGPT termasuk di jam sibuk,
  • waktu respons yang lebih cepat,
  • fitur prioritas dan peningkatan lainnya.

Sam Altman, founder OpenAI, membalas di Twitter saat ditanya apakah ChatGPT gratis selamanya:

Cara Menggunakan ChatGPT

Setelah mengetahui tentang apa itu ChatGPT, Anda mungkin mulai tertarik mencobanya. Jika iya, berikut cara daftar dan menggunakan ChatGPT:

  1. Buka halaman ChatGPT (openai.com).
  2. Bagi pengguna baru, silakan klik “Sign Up”.
  3. Masukkan email → klik “Continue” → buat password → klik “Continue”.
  4. Buka email Anda untuk memverifikasi pendaftaran.
  5. Lengkapi identitas mulai nama hingga nomor HP.
  6. Selesai! Sekarang Anda bisa mulai menggunakan ChatGPT.

Tulis instruksi Anda, lalu tunggu beberapa saat sampai chatbot selesai melengkapi jawabannya.

🕐 Di jam tertentu, respons bot ChatGPT sangat lambat karena banyaknya request. Kadang-kadang pengguna mendapat pembatasan selama beberapa waktu.

Masih kurang jelas? Video di bawah ini akan memandu Anda cara mendaftar ChatGPT OpenAI:

Keterbatasan ChatGPT

Dari pembahasan apa itu ChatGPT, kecerdasan buatan ini sekilas terlihat tanpa celah. Akan tetapi, OpenAI sendiri mengatakan model AI mereka masih punya keterbatasan. Publikasimedia akan coba ringkas menjadi beberapa poin utama, yaitu:

Tidak Akan Menjawab Hal-hal Toxic

Segala macam instruksi yang mengarah ke kata-kata toxic tidak akan mendapat respons sesuai harapan. 

Kualitas Output Tergantung Kejelasan Instruksi

Seberapa detail ChatGPT memberi jawaban tergantung instruksi atau petunjuk Anda sendiri. Jika teksnya terlalu umum, maka jawabannya pun sangat umum.

Misalnya, Anda ingin membuat puisi, maka jangan cuma menulis instruksi “buatkan puisi”. Coba tambahkan detail temanya, emosi, jumlah bait, dan lain sebagainya.

Jawaban Tidak 100% Benar

Saran kami, jangan terlalu mengandalkan ChatGPT karena tidak semua jawabannya akurat.

Kami sempat mencoba beberapa soal matematika yang sudah ada kunci jawabannya. Ternyata, penjelasan serta jawaban ChatGPT tidak sesuai.

Susunan kata yang sangat rapi membuat jawaban tersebut kelihatannya benar, padahal ada kemungkinan salah. Jadi, Anda harus mengeceknya lagi.

Database Informasi Masih Belum Lengkap

Kelemahan ChatGPT adalah mereka baru mengumpulkan data hingga tahun 2021. Hal ini telah terendus Google sehingga mereka akan membuat AI yang menonjolkan informasi segar dan terkini.

Apakah ChatGPT Bisa Menggantikan Google?

Masih sangat sulit membayangkan Google akan tergantikan. Namun, teknologi semacam ChatGPT di masa mendatang punya potensi untuk itu.

Jika nantinya chatbot dapat menggantikan Google, tentu banyak profesi di industri pemasaran digital yang terancam. Hal tersebut memicu ketakutan banyak orang sehingga mereka terkesan “memusuhi” ChatGPT.

Namun, perkiraan kami, teknologi ini kelak tidak sepenuhnya gratis. Untuk menikmati fitur penuh, pengembang pasti memonitasinya dengan biaya berlangganan mahal.

Google sendiri menanggapi kehadiran ChatGPT secara serius. Baru-baru ini mereka mengumumkan segera merilis AI bernama Bard, didukung oleh LaMDA.

Ini adalah fitur campuran antara chatbot tanya jawab dengan hasil penelusuran web. 

Gambarannya bisa Anda lihat di bawah ini:

apa itu chatgpt
Sumber: Blog Google

ChatGPT Teknologi Chatbot Canggih

Apa itu ChatGPT? Jawaban singkatnya, ini adalah chatbot pintar yang manusiawi. Programnya merespons segala instruksi dengan tata bahasa ala manusia.

Selama masih gratis dan belum menggantikan peran pencarian Google, silakan manfaatkan sebaik mungkin. Namun, jangan juga sepenuhnya lepas tangan karena ChatGPT tidak selalu benar.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

Facebook
Twitter
WhatsApp

Promo terbatas, hanya dapat menerbitkan untuk media tertentu.

Rp10.000.000

Terbit di 12 media berikut:

Jika tertarik order, bisa hubungi tim marketing kami