Apa Itu Brand Experience dan Bagaimana Itu Meningkatkan Bisnis Anda?

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Apa itu brand experience (BX) atau pengalaman merek? Dan mengapa bisnis Anda perlu memilikinya? Segala pertanyaan tentang itu akan terjawab di artikel ini.

Ini merupakan salah satu alat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Pasalnya, pengalaman konsumen terhadap merek sangat berpengaruh terhadap respons mereka ke depannya.

Dari sini, bisnis Anda berpeluang mendapatkan lebih banyak penjualan dan menggaet konsumen yang loyal. Mengingat pentingnya brand experience, pertama-tama mari pahami dulu definisinya.

Apa Itu Brand Experience?

Pengalaman merek adalah tentang apa yang dirasakan konsumen saat dia berinteraksi dengan suatu merek. Penilaian ini bersifat subjektif, tergantung pengalaman dari masing-masing individu.

Pengalaman yang dimaksud mencakup semua hal baik itu secara online maupun offline. Dimulai dari kesadaran merek hingga ketika konsumen melakukan interaksi yang kompleks.

BX yang positif akan menjadi pembeda suatu merek sehingga membuatnya lebih memorable bagi konsumen. Begitu pula sebaliknya, pengalaman yang buruk tentunya juga dapat meruntuhkan reputasi merek.

Apa Bedanya dengan User Experience?

Pengalaman merek adalah tentang apa yang dirasakan konsumen sebelum, setelah dan saat dia berinteraksi dengan suatu merek. Penilaian ini bersifat subjektif, tergantung pengalaman dari masing-masing individu.

Pengalaman pengguna biasanya lebih spesifik. Contohnya respons cepat dari customer service atau proses pembayaran instan. Tetapi secara keseluruhan, pada akhirnya UX akan memengaruhi BX.

Diagram di bawah ini akan menjelaskan bagaimana brand experience adalah konsep yang lebih luas mencakup hampir semuanya.

Mengapa Brand Experience Penting?

Memahami apa itu brand experience adalah langkah awal dalam proses pengembangan bisnis Anda. Tujuan utamanya adalah memberi pengalaman positif kepada konsumen.

Mengutip Journal of Business Research 66 (2013), pengalaman positif menciptakan kepuasan yang akhirnya membangun hubungan emosional dengan merek.

Pengalaman merek yang efektif memungkinkan bisnis Anda mendapat beberapa keuntungan berikut.

1. Menguatkan Brand Awareness

Semakin merek Anda memberi pengalaman yang berkesan, konsumen tidak akan ragu membagikannya kepada orang lain. Yang Anda perlu lakukan adalah konsisten memberi pengalaman terbaik. 

Konsistensi pengalaman besar kemungkinan membuat konsumen lebih mudah mengenali merek Anda. 

2. Membuat Merek Lebih Berharga

Pengalaman positif yang konsisten juga membuat sebuah merek lebih berharga di mata konsumen. Dengan begitu, ekuitas merek pun akan meningkat.

Ada banyak keuntungan ekuitas merek positif, salah satunya konsumen bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi.

3. Mendapatkan Konsumen Loyal

Selanjutnya, brand experience yang tak terlupakan sangat efektif untuk menciptakan pembelian ulang. Bukan karena harga, tetapi pengalaman positif akan membangun kepercayaan terhadap merek dan loyalitas merek.

4. Meningkatkan Penjualan

Segala rencana pemasaran ujung-ujungnya pasti bertujuan meningkatkan penjualan. Inilah dampak yang paling diharapkan dari pengalaman merek.

Hasil akhir dari kesadaran merek, ekuitas merek tinggi dan loyalitas adalah keuntungan bisnis.

Ciptakan Pengalaman Terbaik untuk Konsumen

Anda pasti kesal jika pesan di toko online tetapi barangnya tidak kunjung dikirim dan pelayanannya kurang ramah. Alih-alih jadi pelanggan tetap, mungkin selanjutnya lebih baik mencari toko lain.

Itulah pentingnya menciptakan pengalaman merek terbaik untuk konsumen. Selain mencegah mereka beralih ke kompetitor, pengalaman terbaik juga dapat mendatangkan prospek lainnya. Semua itu bisa Anda mulai dengan memahami apa itu brand experience.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

7 − 4 =

Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.