Benarkah Public Relation adalah Cara Pemasaran yang Powerful?

Mau Diliput Media Nasional?

Cocok untuk Branding & Promosi

Detik

dan 100 media lainnya...

Garansi terbit , harga terjangkau, dan penerbitan cepat.

Public relation adalah elemen penting dalam strategi pemasaran perusahaan. Alat inilah yang berguna untuk berkomunikasi secara efektif dengan konsumen.

Komunikasi ini diharapkan bisa saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Itulah alasan PR yang baik nantinya dapat menumbuhkan citra positif perusahaan.

Lebih lengkapnya, simak penjelasan apa itu PR dan fungsinya berikut ini.

Pengertian Public Relation

Public relation adalah pengelolaan informasi perusahaan atau individu yang nantinya disebarluaskan kepada publik melalui media. 

Sementara PRSA menjelaskan PR sebagai proses komunikasi strategis dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan audiens.

Keberadaan PR sangat penting bagi perusahaan yang bergantung pada kepercayaan publik kepada mereka. 

Dalam hal ini public relation bisa dipegang oleh tim agensi (eksternal) atau divisi khusus dari perusahaan itu sendiri. 

Profesional di bidang PR alias hubungan masyarakat benar-benar bertanggung jawab atas reputasi positif perusahaan. Termasuk saat klien tengah tersandung masalah yang mengancam kredibilitas mereka.

Macam-macam Sarana Public Relation

Sarana yang digunakan public relation untuk berkomunikasi dengan konsumen sangat beragam, antara lain:

  • membuat siaran pers,
  • mengeluarkan berita,
  • konferensi pers
  • posting media sosial,
  • menggelar acara sosial,
  • menjadi sponsor, dll.

Contohnya, tidak semua atlet olahraga top dunia memegang akun media sosial mereka sendiri. Biasanya ada tim PR yang bertugas untuk melayani interaksi para fans.

Sementara bagi perusahaan, contoh pekerjaan PR adalah mendistribusikan siaran pers kepada media atau mengadakan konferensi pers.

Tugas Utama Public Relation

Tugas utama PR profesional secara umum adalah menyampaikan informasi dari perusahaan kepada publik. Mereka juga harus membangun citra positif. 

Selain itu, divisi hubungan masyarakat juga bertugas menangani beberapa hal berikut:

Mengartikan Opini Publik

Opini publik sangat liar di era internet, baik yang berdampak positif maupun negatif. Bagi perusahaan, akan lebih mudah menangani hal tersebut melalui humas.

Mengevaluasi Cara Komunikasi

Seiring berkembangnya teknologi, cara komunikasi semakin beragam. Misalnya seperti media tradisional yang mulai tergeser oleh media sosial. Tugas tim public relation adalah terus mengevaluasi dan meneliti cara baru yang lebih efektif.

Mengawasi Pembuatan Konten

Meski sudah memiliki pembuat konten, Anda sebaiknya tidak sembarangan mengunggahnya ke internet. Pembuatan konten tetap harus dalam pengawasan PR. Sebab konten juga termasuk cara menjalin komunikasi dengan konsumen.

Manfaat Public Relation untuk Perusahaan

Dari penjelasan barusan, sebenarnya sudah dapat disimpulkan apa saja manfaat public relation untuk perusahaan. Mengutip Rosady Ruslan, ada beberapa manfaat memiliki divisi PR atau humas, yaitu:

  • citra perusahaan tetap positif di mata masyarakat,
  • membangun dan meningkatkan brand awareness,
  • menciptakan hubungan yang baik dengan publik,
  • meningkatkan sinergi antara komunikasi dengan pemasaran.

Public Relation adalah Bagian dari Strategi Pemasaran

Intinya PR harus selalu siap menjadi tameng perusahaan di kondisi apapun. Tujuannya supaya perusahaan tetap memiliki citra yang positif. Hal-hal seperti klarifikasi atau menyampaikan press release adalah tugas utamanya.

Secara keseluruhan, public relation adalah sebuah cara komunikasi yang bersifat persuasif. Jika Anda ingin belajar menjadi seorang PR profesional yang baik, pelajari juga cara membuat press release yang baik dan layak terbit.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

10 − five =

Apakah anda yakin ingin pasang iklan di media nasional? kami ada paket promo 10 juta bisa terbit di 12 media.