Keuntungan Press Release Backlink untuk Memperkuat SEO

press release backlink

Press release backlink seharusnya bisa jadi senjata rahasia dalam upaya memperkuat SEO website. Sayangnya, sebagian media online tidak mengizinkan PR disertai backlink.

Beberapa memperbolehkan backlink di konten PR tetapi dengan tag nofollow. Seperti Anda tahu, SEO membutuhkan backlink dofollow supaya hasilnya sesuai harapan.

Kalau belum paham apa itu nofollow dan dofollow silakan baca artikel sebelumnya.

Di luar itu, press release backlink sebenarnya adalah cara yang sudah terbukti ampuh. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat terutama untuk SEO website.

Press Release untuk SEO

press-release-backlink

Konten press release sering dianggap tidak terlalu berpengaruh untuk SEO. Namun sebenarnya itu tergantung pada kualitas konten dan tempat terbitnya.

PR yang cuma diterbitkan sebagai pengumuman singkat di website press release gratisan biasanya memang tidak memiliki nilai SEO.

Perlu sentuhan jurnalistik agar tulisan tersebut dapat menjadi konten yang SEO friendly. Anda mungkin juga membutuhkan jasa pembuatan konten release.

Selain itu PR yang baik umumnya diterbitkan di media nasional. Barulah ini bisa dikatakan sebagai sumber backlink berkualitas, bukan kaleng-kaleng.

Kualitas konten tetap nomor satu. Selain layak diberitakan, PR juga harus dibuat lebih clickable untuk kebutuhan backlink.

Keuntungan Press Release Backlink

Kenapa banyak bisnis atau perusahaan ngebet ingin meletakkan backlink di konten press release? Tentunya karena ini adalah tempat yang tepat.

Situs Anda kemungkinan besar akan mendapatkan boost secara masif setelahnya. Apalagi jika konten tersebut berhasil diterbitkan di media nasional.

Banyak keuntungan press release backlink di media nasional yang mana sangat berguna dalam strategi link building SEO.

Salah alasannya karena media nasional punya otoritas tinggi.

press release backlink

Singkatnya, media dengan otoritas tinggi berarti telah mendapat kepercayaan penuh dari pengguna dan mesin pencari.

Faktanya, memang sulit untuk mengalahkan situs yang memiliki otoritas tinggi di hasil pencarian. Pasalnya mesin pencari seperti Google, akan memprioritaskan situs yang lebih terpercaya.

Wajar kalau backlink di media berotoritas tinggi dicap “premium” karena sangat disukai Google dan mesin pencari lainnya.

Dalam hal ini, parameter yang bisa Anda lihat jelas adalah otoritas domain.

Domain Authority (DA) adalah skor untuk memprediksi peringkat situs di mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz. Skor yang digunakan antara 1-100.

Supaya mendapat gambaran lebih jelas, coba lihat contoh kasus berikut ini.

press release backlink

Pada hasil pencarian “harga iphone 13” di Google, situs KompasTekno berada di atas  iprice. Padahal iprice adalah situs yang spesifik membahas harga-harga HP.

Dalam kasus ini otoritas domain berperan besar. Coba lihat perbandingan skor DA kedua situs tersebut.

Jadi wajar saja kalau KompasTekno lebih diprioritaskan oleh mesin pencari.

Alasan itu pula yang akhirnya membuat penerbitan press release backlink di media nasional harganya mahal.

Menerbitkan Press Release Backlink

Media nasional dengan otoritas tinggi biasanya dipegang oleh perusahaan besar. Supaya konten PR Anda bisa masuk ke sana tentu caranya tidak sembarangan.

Sebagai alternatif, perusahaan seringkali menggunakan platform yang mewadahi masyarakat untuk menerbitkan PR tanpa dipungut biaya. 

Anda hanya tinggal mengirimkan naskahnya kepada redaksi. Tetapi terbit atau tidaknya konten PR mutlak di tangan mereka. Kekurangan lainnya adalah tidak boleh ada backlink

Ya, memang tidak sembarang orang punya akses untuk menerbitkan press release backlink di media nasional.

Anda bisa saja menghubungi tim pemasaran melalui kontak yang tercantum di situs terkait. Masalahnya, biaya yang ditawarkan mungkin bisa sampai puluhan juta rupiah, tergantung seberapa tinggi otoritas medianya.

Ditambah lagi, tidak semua situs media nasional mengizinkan tanam backlink. Jadi bagaimana solusinya?

Jasa Release Backlink Media Nasional

Dalam hal ini Anda membutuhkan jasa press release publikasimedia.com. Dijamin artikel PR Anda pasti terbit di media nasional dengan backlink dofollow dan terindeks mesin pencari.

Publikasimedia.com menawarkan 100+ media online besar yang bisa ditanami backlink sekaligus rilis. Tentunya ini dapat menghasilkan backlink natural berkualitas tinggi.

Tidak perlu pikir dua kali untuk memperkuat SEO website Anda dengan cara ini. Segera hubungi tim pemasaran kami untuk memesan press release backlink.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Tinggalkan komentar

3 × 5 =