USAHID Gelar Penobatan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan Tahun 2022

Universitas Sahid Jakarta menyelenggarakan penobatan Duta Mahasiswa “Anti Kekerasan” pada Jumat, 24 Juni 2022 yangdiselenggarakan secara offline di kampus. Dimana acara ini juga sebagai bentuk perayaan ulang tahun DKI JAKARTA yang ke495 tahun. Acara ini bertujuan sebagai langkah maju untuk menghentikan laju kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Indonesia. Kegiatan ini turut menghadirkan Ketua P2TP2A, Rektor dan Wakil Rektor USAHID, Ketua POSSAPA USAHIDdanbeberapa stakeholder lainnya. Acara ini juga didukung oleh para dekan, dosen dan mahasiswa/i USAHID Jakarta. Seperti temayang dibawa, acara ini berisi pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan yang terdiri dari 9 (sembilan) finalis.

Di Indonesia, kekerasan berbasis gender dan kekerasan seksual masih terjadi baik di lingkungan sekitar maupun kampus. Realita yang sulit diterima dan terlalu lama diabaikan ini, adalah akar dari penderitaan yang terjadi sejak lama danberkontribusi dalam melestarikan tindakan seksisme, serta memandang sebelah mata kekerasan yang terjadi di masyarakat kita. Oleh karena itu, USAHID bekerja sama dengan DPPAPP untuk turut mensosialisasikan kampanye anti kekerasan, salahsatunya dengan mengadakan pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan ini.

Setelah melewati berbagai proses pemilihan, mulai dari berkas, unjuk bakat, sampai ke tahap speech di depan publik, terdapat 2 finalis yang terpilih menjadi Duta Mahasiswa Anti Kekerasan USAHID Tahun 2022. Dengan adanya pemilihan duta anti
kekerasan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kepedulian edukasi bagi seluruh wanita terpelajar dalammenurunkan kasus kekerasan seksual di ranah privat dan komunitas, khusunya di sekitar Universitas Sahid (USahid).

“…kekerasan pada wanita berada dimana-mana, lingkungan rumah, rumah tangga, maupun di sekitar kampus. Dengan adanyaPOSSAPA usahid diharapkan dapat menjadi wadah mahasiswa yang melaporkan kekerasan yang terjadi di lingkungan kampus.”

Pos Sahabat Perempuan dan Anak (possapa) adalah suatu wadah yang dibuat untuk melaporkan tindak kekerasan terhadapperempuan dan anak yang mulai bekerjasama dengan universitas Sahid (USAHID) pada tahun 2021. Dengan demikian, denganadanya POSSAPA dan terpilihnya Duta Mahasiswa USAHID Tahun 2022 diharapkan dapat menambah pengetahuan kitasemua mengenai kekerasan gender, sehingga dapat mengenali dan mencegah kekerasan itu terjadi baik di lingkungan kampus maupun lingkungan sekitar.

Contact Person Sri Prapti Nursanti, M.Si.
(Head of Public Relation USAHID)
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, Jakarta Selatan Tlp. (021) 8312815
(Email : humas@usahid.ac.id)