Pantau Kendaraan dan Pengemudi dalam Satu Aplikasi Teknologi Pengelola Armada

Publikasimedia.com – Teknologi yang terus berkembang dan canggih semakin memudahkan aktivitas masyarakat di zaman modern ini. Salah satunya dalam hal melacak pengiriman logistik atau barang ke suatu tempat meskipun dengan jarak yang jauh. 

Kondisi pandemi seperti saat ini telah mengubah gaya belanja masyarakat yang cenderung dilakukan secara online. Sekarang, berbelanja tidak perlu lagi repot-repot untuk pergi ke pasar karena bisa dilakukan dari rumah. Sebab itu, keberadaan pasar online kini mengalami perkembangan yang pesat. Ini terlihat dari banyaknya perusahaan ecommerce yang hadir di Indonesia.

Perkembangan pasar online yang begitu signifikan juga berdampak pada sektor usaha jasa pengiriman logistik yang juga semakin diminati masyarakat. Ini karena kecenderungan konsumen membelanjakan kebutuhan material dalam jumlah besar dari rumah sehingga membutuhkan layanan armada logistik yang andal, mudah terpantau, dan aman.

Kini ada banyak pilihan untuk penyedia jasa logistik yang tumbuh dan berkembang di Tanah Air. Namun jangan sampai salah memilih jasa manajemen armada. Pilihlah jasa manajemen armada yang berkualitas dan terjamin serta dapat memberikan keamanan terhadap logistik atau barang yang dibawa.

Beberapa jasa manajemen armada ada dioperasikan dengan sistematis dan ada pula yang sudah menggunakan sistem digitalisasi.

Salah satu perusahaan manajemen armada yang memiliki berbagai fitur canggih sebagai penunjang dalam memantau dan menjaga keamanan logistik adalah TransTRACK.ID. 

Telah banyak pelanggan di Indonesia yang mempercayakan pengiriman barangnya melalui perusahaan ini. Mulai dari pelanggan perorangan, usaha kecil, mikro, dan menengah, sampai dengan pelanggan korporasi terkemuka. 

Pengawasan armada yang bisa dipantau secara real time (waktu nyata) dengan dukungan teknologi kamera dan GPS Tracker yang dimiliki jasa armada ini mampu mengawasi kendaraan, pengemudi, dan muatan secara real time. 

Selain fitur andalannya tersebut, berikut beberapa fitur lain yang dimiliki TransTRACK.ID yang akan membuat proses pengiriman logistik mudah dilacak dan aman sampai ke tujuan.

1. Door Sensor

Fungsi dari fitur door sensor adalah memantau dan mengawasi muatan pada kendaraan secara real time seperti memberikan informasi saat pintu kargo dibuka atau ditutup.

2. Driver Behavior

Sikap pengemudi dalam  berkendara juga menentukan kualitas sebuah jasa armada logistik karena menentukan keselamatan, efisiensi bahan bakar dan produktivitas. Untuk itu, diperlukan fitur driver behaviour ini berfungsi untuk memantau sikap pengemudi atau sopir yang sedang berkendara. 

3. Immobilizer Mobil

Ini juga salah satu fitur penting untuk sebuah jasa armada karena bisa mencegah mobil dari kemalingan. Immobilizer disebut juga dengan sistem anti maling dengan cara kerja yang mencegah mesin kendaraan hidup karena kunci yang tidak sesuai meski kunci tersebut memiliki pola yang sama.

4. Voice Monitoring

Tidak hanya sikap pengemudi, kondisi dalam kabin kemudi juga perlu diawasi. Fitur voice monitoringlah yang akan melakukan tugas ini.

5. Driver ID

Fitur ini berfungsi untuk memantau dan memastikan bahwa pengemudi kendaraan adalah orang yang memang berwenang atau ditugaskan oleh perusahaan. Dengan fitur ini hanya sopir yang ditugaskan yang bisa membawa kendaraan.

6. Camera/Dashcam

Camera/dashcam merupakan kamera real time yang bisa memantau kondisi di dalam kabin mobil. Fitur ini secara terintegrasi bisa memantau kondisi di luar kendaraan. Ini penting untuk menjamin keamanan pengendara serta barang yang dibawa selama perjalanan.

Tidak hanya itu, terdapat juga sensor suhu yang dapat memantau suhu kargo yang sangat penting dalam bisnis logistik, terutama untuk pengiriman paket F&B dan juga obat-obatan, termasuk vaksin.

Ini penting untuk memastikan makanan atau obat-obatan di dalam kargo tidak rusak akibat suhu yang terlalu panas atau sebaliknya terlalu dingin.

fitur-fitur canggih ini tentu akan sangat membantu konsumen dalam menjalankan bisnisnya khususnya pebisnis yang bergantung pada transportasi. Fitur-fitur ini juga bisa menekan angka terkait dengan biaya staf, akomodasi, dan biaya operasional lainnya. 

Karenanya operasi armada yang terjamin dan berkualitas lengkap dengan fitur pelacakan real time (waktu nyata) adalah sebuah keunikan dan keuntungan yang dimiliki TransTRACK.ID.

Untuk informasi dan fitur selengkapnya tentang perusahaan penyedia layanan pengelolaan armada ini dapat diakses dengan mengunjungi website resmi perusahaan transtrack.id atau akun Instagram resmi di @transtrack.i.(*)