Mengenal Sosok Bunga Chintya Prameswary, Pebisnis Sukses dan Pemilik Pabrik Skincare yang Tembus Pasar Internasional

Nama Bunga Chintya Prameswary semakin terkenal berkat kesuksesannya dalam menjalankan bisnis skincare hingga merambah ke pasar internasional.

Bunga menjabat sebagai Co-Founder dan CEO dari PT Bunga Amerta Kosmetindo, sebuah perusahaan jasa maklon profesional yang berdiri sejak tahun 2020 dan berpusat di Bekasi.

Dalam perjalanannya, perusahaan ini awalnya didirikan dengan tujuan membantu para wirausaha muda dan UMKM agar dapat mewujudkan brand skincare mereka secara legal dengan anggaran yang terbatas.

Bunga berhasil menciptakan kesuksesan melalui usahanya, membangun reputasi yang kuat di industri skincare, dan berhasil membawa perusahaannya meraih keberhasilan di pasar internasional.

“Berdirinya Bunga Amerta Kosmetindo berawal hanya ingin membantu para UMKM di masa pandemi yang ingin membangun usaha skincare dengan modal minim dan perizinan jelas,” ungkap Bunga.

“Pada saat itu saya melihat peluang di tahun 2020 saat masa-masa Covid banyak sekali wanita tertarik dengan skincare, sehingga saya memilih bisnis skincare.” Sambungnya.

Ketika ditanya bagaimana awal mula PT Bunga Amerta Kosmetindo bisa tembus pasar internasional, Bunga menjelaskan “Berawal dari PT Bunga Amerta Kosmetindo selalu menghadiri acara Cosmobeaute di Korea sejak tahun 2021, sehingga akhirnya memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan di Korea.”

Selain di Korea, PT Bunga Amerta Kosmetindo juga telah menjalin kerja sama di beberapa negara lain, termasuk Malaysia, Jepang, dan Thailand. Menurut Bunga, produk tinted sunscreen dan handbody lotion merupakan produk yang paling diminati di pasar internasional.

Meskipun demikian, Bunga mengakui bahwa masih seringkali menghadapi kendala biaya bea cukai yang cukup tinggi ketika mengirim produknya ke berbagai negara.

Walaupun hal ini menjadi tantangan tersendiri, namun Bunga tidak menyerah dan terus berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya. 

Kendala biaya bea cukai tidak menghentikan semangatnya dalam menjalankan bisnis dan terus mengembangkan produk-produk berkualitas yang diminati di pasar internasional.

“Masih banyak pencapaian dan harapan kedepannya seperti menjadikan PT Bunga Amerta Kosmetindo pabrik skincare nomor 1 di Indonesia dan dapat tembus ke seluruh mancanegara.” Ungkap Bunga.

Disamping itu, melansir dari akun Instagram @bungachintyaprameswary, PT Bunga Amerta Kosmetindo diketahui juga aktif berpartisipasi dalam pameran dan acara internasional.

Baru-baru ini, perusahaan ini mengambil bagian dalam In-Cosmetic di Korea Selatan pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2023, serta turut serta dalam acara Cosmobeaute di Jakarta pada 12 – 14 Oktober 2023.

(Bunga Chintya Prameswary ketika menghadiri ajang In-Cosmetic di COEX Convention Center, Gangnam, Korea Selatan pada 12 hingga 14 Juli 2023)
(Bunga Chintya Prameswary ketika menghadiri ajang In-Cosmetic di COEX Convention Center, Gangnam, Korea Selatan pada 12 hingga 14 Juli 2023)

Keikutsertaan dalam pameran-pameran internasional tersebut menunjukkan komitmen PT Bunga Amerta Kosmetindo untuk terus memperluas jangkauan bisnisnya secara global.

Dengan mengikuti event-event ini, Bunga dapat memperluas jejaring, memperkenalkan produk-produknya kepada pasar yang lebih luas, serta terus berinovasi dalam industri kosmetik.

Kedua acara tersebut, baik In-Cosmetic di Korea Selatan maupun Cosmobeaute di Jakarta, terbukti menjadi magnet bagi ratusan perusahaan skincare dan para pelaku industri kecantikan dari berbagai negara di dunia.

Kehadiran ratusan perusahaan tersebut mencerminkan pentingnya dan daya tarik acara-acara tersebut sebagai platform global bagi para pemain dalam industri kecantikan.

“In-Cosmetic hanya dihadiri oleh pebisnis skincare dan PT Bunga Amerta Kosmetindo berkesempatan menghadiri itu,” kata Bunga.

Keberhasilan PT Bunga Amerta Kosmetindo dalam merambah ke pasar internasional merupakan hasil dari komitmen yang kuat Bunga Chintya Prameswary dalam menjalankan bisnisnya.

Bunga secara konsisten menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) setara internasional mulai dari tahap produksi hingga pengemasan. Fokus utama Bunga adalah pada kualitas produk dan legalitas, termasuk standar BPOM dan label Halal, yang diterapkan untuk setiap klien.

Pendekatan ini memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa produk dari PT Bunga Amerta Kosmetindo tidak hanya memenuhi standar internasional, tetapi juga mematuhi regulasi dan standar keamanan lokal. 

Tidak mengherankan bahwa melalui dedikasinya ini, Bunga Chintya Prameswary mampu membawa PT Bunga Amerta Kosmetindo meraih keberhasilan di pasar internasional.