Leader World Clean Up Day Indonesia, Agustina I. Crombach: Foto Mantan Jadi Penyebab Pemanasan Global

Materi Musyawarah Indonesia
Materi yang disampaikan oleh Agustina, bagian ‘Digital Clean Up’

Jakarta – Pemanasan global menjadi masalah besar yang hingga saat ini sedang dihadapi oleh seluruh dunia dan makhluk hidup didalamnya. Pemanasan global ditandai dengan peningkatan suhu bumi yang semakin panas yang dimana kondisi ini dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kehidupan di bumi.

Pemanasan global yang dapat merusak siklus kehidupan manusia disebabkan pula oleh berbagai faktor yang berasal dari aktivitas manusia seperti deforestasi, kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik dan menumpuknya sampah dengan jumlah besar yang berpotensi sebagai sumber gas metana.

Agustina dalam webinar ke 11 yang diadakan Musyawarah Indonesia

Selain sampah, foto mantan yang disimpan pada handphone atau perangkat lain juga turut memperparah pemanasan global. Hal ini disampaikan oleh Leader World Clean Up Day Indonesia, Agustina Iskandar Crombach, dalam  Serial Webinar ke 11 yang digelar MUSYAWARAH INDONESIA bertema “Refleksi Gerak Kerelawanan” Kamis malam (02/12/21) dalam rangkaian Hari Relawan Internasional 5 Desember.

“Tahukan kita bahwa foto-foto yang kita simpan di hp itu adalah penyumbang gas rumah kaca ataupun emisi global yang dapat menyebabkan menigkatnya suhu bumi. Itu salah satu karena aksi kita yang biasanya itu kecil ya. Yaudalah cuma nyimpan foto doang. Bayangkan email-email kita itu juga berkontribusi, game yang kita mainkan di handphone yang kadang-kadang juga engga terpakai tapi kita download, atau aplikasi lainnya, itu semua adalah penyumbang suhu panas bumi. Jadi kepada kita semua, yuk mulai dari sekarang foto-foto mantan yang udah ga perlu dihapus. Lumayan. Jadi kita mengurangi peningkatan suhu bumi,” ujar Agustina I. Crombach.

Dalam webinar yang diadakan sebagai bentuk rasa hormat dan terima kasih kepada para relawan, Agustina I. Crombach juga menyampaikan, “Jangan menunggu momentum, tetapi jadilah relawan setiap hari melaui aksi aksi kecil yang kita lakukan”.

Dengan menjadi relawan, kita dapat turut berperan mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi umat manusia. Bumi yang menjadi tempat berkehidupan harus kita jaga bersama-sama.

Hadir juga dalam Webinar “Refleksi Gerak Kerelawanan” sebagai narasumber Nur Jaman Mochtar, Ketua Forum Pemred 2012-2015 yang membahas tentang Relawan Politik dan Founder Gerakan Sumut Mengajar, Fauziyah Qodryah yang berbicara tentang relawan Pendidikan di Sumatera Utara.

Kontak Media:

  • Nyimas Yaumi Utama
  • Mahasiswa Universitas Paramadina
  • Perwakilan Media MUSYAWARAH INDONESIA
  • yaumiutama@gmail.com
  • 081386658866