Bebas Pengawet, Minum Kopi Kini Lebih Nikmat, Aman, dan Sehat

Publikasimedia – Kopi adalah jenis minuman berkafein yang dipercaya dapat menambah energi dan mengusir rasa kantuk, apalagi jika diminum di pagi hari.

Kopi juga memiliki banyak manfaat lain seperti memperbaiki mood, meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan jantung dan organ hati, mempertahankan berat badan ideal, dan menjaga kesehatan otak.

Meski begitu, kopi tidak selamanya baik bagi kesehatan terutama jika diminum secara berlebihan.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memang dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, tapi justru dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan apabila dikonsumsi berlebihan.

Dengan kata lain, minum kopi dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang lama berisiko mengalami gangguan kecemasan.

Tidak hanya itu, masalah lain yang dapat dialami apabila mengonsumsi kopi secara berlebihan adalah gangguan pencernaan, terutama jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Mengonsumsi kopi setiap hari bisa menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan nyeri ulu hati, diare, sakit maag, dan penyakit asam lambung (GERD).

Asupan kafein yang berlebih juga bisa mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan insomnia.

Ini karena kafein pada kopi adalah zat yang dapat membuat kinerja otak dan saraf lebih aktif.

Banyak penikmat kopi yang menyukai minuman hitam karena rasanya yang nikmat.

Meski demikian, sebaiknya memilih kopi jangan hanya asal enak, tetapi juga yang aman dan sehat seperti kopi Liong Bulan.

Kopi bubuk khas Bogor ini diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet dan dapat bertahan selama tiga bulan sejak tanggal produksi.

Karenanya, kopi ini lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Dikemas dalam sachet berlambang naga dan bulan sabit, kopi legendaris ini telah berusia puluhan tahun sejak pertama kali berdiri pada tahun 1945.

Dengan citarasa dan kualitas yang baik dan tetap terjaga dari tahun ke tahun, usaha kopi ini masih bertahan bahkan semakin sukses.

Bermula dari usaha keluarga, kini Kopi Liong Bulan sudah menjadi perusahaan berskala regional. 

Setiap kemasan sachet kopi ini ditakar untuk satu kali saji lengkap dengan gulanya, jadi tidak perlu repot.

Cukup menyediakan air panas yang benar-benar panas, bukan air dari termos untuk menyeduhnya dan aroma harum pun langsung tercium.

Penikmat kopi Liong Bulan Kiki Wahyudi mengatakan kopi ini sangat aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan asam lambung.

“Selama mengonsumsi kopi ini tidak ada masalah dengan lambung saya, aman-aman saja. Mungkin karena kopi ini tidak pakai pengawet jadi aman diminum,” katanya kepada media, Rabu (26/1/2022).

Pendistribusiannya pun telah menjangkau beberapa daerah di luar Bogor yaitu Depok, Sukabumi, Cianjur, Jakarta Selatan, dan Tangerang Selatan.

Konon, kopi yang sudah berumur tua ini adalah minuman para pejuang kemerdekaan sebelum mereka berangkat ke medan perang untuk melawan penjajah.(*)